Materi pendidikan pramugari

Materi Pendidikan Pramugari Seru dan Menegangkan

Sebagai salah satu jurusan yang cukup banyak diminati, pendidikan pramugari rupanya mempelajari berbagai hal menarik yang mungkin tidak ada di jurusan kuliah lainnya.

Beberapa materi yang akan kalian pelajari antara lain seperti, table manner, jungle survival, wet drill, dan sebagainya. Wah, materinya pakai istilah bahasa inggris semua apakah mata kuliahnya serumit yang dibayangkan?

Daripada gagal paham, lebih baik simak dulu pembahasan ini sampai selesai kami akan jelaskan satu per satu beberapa pelajaran yang cukup unik dijamin materinya tidak membosankan.

5 Materi Kuliah Pendidikan Pramugari yang Wajib Kamu Tahu

Dari sekian banyaknya materi yang akan kalian pelajari saat bersekolah di kampus penerbangan, berikut ini kami berikan sedikit bocoran mengenai beberapa pelajaran yang mungkin akan menjadi mata kuliah favorit kalian.

table manner pendidikan pramugari

1. Table Manner

Pertama ada table manner yang merupakan tata cara makan yang mengatur mengenai etika cara duduk, penggunaan alat makan, dan sikap selama menyantap hidangan.

Menarik bukan? Ternyata makan juga ada aturannya, tujuan utama table manner yaitu untuk memastikan pramugari bisa memposisikan diri dengan baik saat berada di jamuan resmi.

Materi kuliah table manner umumnya terdapat pada jurusan pramugari dan ground handling, baik laki-laki maupun perempuan perlu menguasai skill ini jika berkepentingan.

Sejumlah aturan table manner:

  • Berpakaian sopan dan rapi
  • Potong makanan menjadi dua apabila terlalu besar untuk dimakan
  • Memahami penggunaan alat seperti sendok, garpu, pisau
  • Menggunakan serbet
  • Jangan tiup makanan yang panas
  • Dilarang mengecap atau bersuara saat mengunyah makanan
  • Ucapan terima kasih setelah selesai makan kepada pramusaji atau orang yang mengadakan jamuan

2. Jungle dan Sea Survival

Jungle dan sea survival adalah materi praktik bertahan hidup di hutan maupun laut. Pada awalnya mungkin kalian tidak percaya ada pelajaran semacam ini di dalam prodi pramugari, terkesan terlalu ekstrim.

Perlu diketahui bagi pembaca, menjadi pramugari atau pramugara tidak bisa modal cantik atau ganteng saja melainkan harus disiplin serta fisik dan mentalnya tangguh.

Tujuan dari materi jungle dan sea survival adalah untuk mempersiapkan pramugari agar bisa bertahan hidup dan menyelamatkan para penumpang yang berada dalam situasi darurat.

Aturan jungle dan sea survival:

  • Menguasai cara CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) tindakan penyelamatan nyawa seseorang yang mengalami henti jantung
  • Memahami penggunaan tanda SAR agar dapat diketahui lewat udara
  • Pembuatan tenda
  • Memasak dengan peralatan seadanya
  • Mengutamakan keselamatan penumpang

3. Wet Drill

Pernahkah kalian melihat pesawat mendarat darurat di tengah laut? Nah, dalam kondisi sulit seperti ini maka pramugari perlu bertindak sigap menyelamatkan penumpang dengan menggunakan pelampung.

Materi inilah yang dinamakan sebagai wet drill, merupakan upaya penyelamatan ketika pesawat perlu mendarat darurat di laut atau perairan. Simulasi wet drill pramugari tidak dilakukan di laut, melainkan di kolam renang.

Tujuannya untuk membiasakan para cabin crew agar tidak kaget ketika terjadi kondisi darurat seperti ini.

Singkatnya menjadi pramugari memang minimal bisa renang, ini adalah dasarnya. Jika kalian mau jadi pramugari tapi belum bisa renang, sebaiknya mulai berlatih dari sekarang.

4. Evacuation and Safety

Situasi yang menegangkan seperti kebakaran yang terjadi pada sisi pesawat tentunya mengharuskan cabin crew untuk melakukan evakuasi penyelamatan penumpang.

Hal semacam ini ternyata sudah termasuk bagian dari materi kuliah jurusan pramugari. Kalian harus paham penggunaan alat-alat keselamatan dan evakuasi, melawan rasa takut adalah hal yang wajib.

Keselamatan puluhan orang mungkin saja ada di tangan kalian, ini sudah menjadi tanggung jawab flight attendant agar lebih mengutamakan keselamatan orang lain daripada diri sendiri.

5. Poise and Grace

Tidak selalunya berisi hal yang menegangkan, jangan lupa pramugari juga harus tampil anggun selama menjalankan tugas pokoknya sebagai pemandu pesawat.

Poise and grace sendiri adalah materi kuliah pramugari yang di dalamnya mengajarkan kepada setiap peserta didik untuk mengetahui cara merias diri dengan baik dan berjalan dengan anggun memperhatikan setiap langkahnya.

Semua yang berkaitan dengan penampilan akan dipelajari di materi pendidikan pramugari yang satu ini. Di antara semua materi yang ada, bukan tidak mungkin ini akan menjadi mata kuliah favorit banyak perempuan, termasuk kalian yang sedang membaca artikel ini.

Adapun beberapa materi lainnya yang akan dipelajari di jurusan pramugari yaitu:

  • Cabin practice
  • Aviation knowledge
  • In flight announcement
  • Dangerous goods
  • First aid and baby care
  • Languages for aviation (English, Mandarin, Arabic)
  • Passenger and baggage handling

Bagaimana apakah minat masuk sekolah pramugari? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran kampus penerbangan silahkan hubungi admin STTKD. Lakukan registrasi tanpa tes dengan nilai raport di gelombang pertama!