Pertukaran Pelajar antara STTKD dengan UNICAM (University College of Aviation Malaysia)

Pertukaran pelajar merupakan salah satu program yang sangat diidamkan oleh banyak mahasiswa di seluruh dunia. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengalami kebudayaan serta sistem pendidikan di negara lain.

Namun, untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Artikel ini akan membahas mengenai pertukaran pelajar beserta persyaratan yang dibutuhkan.

Pertukaran pelajar adalah program pertukaran antar negara yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengalami kebudayaan serta sistem pendidikan di negara lain. Program ini dilakukan melalui kerjasama antara lembaga pendidikan di negara asal dan negara tujuan. Tujuan dari program pertukaran pelajar ini adalah untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman siswa atau mahasiswa serta memperkuat hubungan antar negara.

Untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar, mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain:

  1. Persyaratan Akademik mahasiswa harus memiliki prestasi akademik yang baik dan memenuhi persyaratan akademik yang ditentukan oleh lembaga pendidikan di negara tujuan. Persyaratan akademik ini biasanya terkait dengan nilai rata-rata dan Scan Sertifikat pelatihan/Workshop/Seminar.
  2. Persyaratan Bahasa mahasiswa harus memiliki kemampuan bahasa yang memadai untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar. Kemampuan bahasa yang dimaksud adalah kemampuan bahasa asing yang digunakan di negara tujuan seperti Scan Sertifikat Bahasa Inggris (Toefl, Toeic, Duolingo, English Score).
  3. Persyaratan Kesehatan mahasiswa harus dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan kesehatan yang ditentukan oleh lembaga pendidikan di negara tujuan.
  4. Persyaratan Administratif mahasiswa harus memenuhi persyaratan administratif yang ditentukan oleh lembaga pendidikan di negara tujuan.

Setelah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, mahasiswa dapat mengajukan diri untuk mengikuti program pertukaran pelajar melalui lembaga pendidikan di negara asal. Proses seleksi biasanya dilakukan oleh lembaga pendidikan di negara asal dan di negara tujuan.

Dalam menjalani program pertukaran pelajar, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dengan yang biasa mereka alami di negara asal. Mereka akan belajar dalam bahasa yang berbeda, mengenal kebudayaan baru, serta berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Pengalaman ini diharapkan dapat membuka wawasan dan memperkuat hubungan antar negara.

Baca Juga: 5 mitos Kuliah Penerbangan, nomor 1 masih ada yang percaya?