Jurusan teknik penerbangan

4 Jurusan Teknik Penerbangan untuk Anak IPA/SMK Teknik

Info jurusan teknik penerbangan – Baru lulus dari SMA IPA/SMK Teknik tahun ini? Pasti masih ada beberapa di antara kalian yang kebingungan menentukan jurusan. Memilih jurusan di perguruan tinggi memang tidak mudah, kuncinya paham dulu dengan dengan potensi dan kemampuan diri.

Jika kalian berfokus ingin kerja di bandara dan menjadi teknisi yang ahli atau mungkin tim konseptor pesawat terbang di industri dirgantara, maka jurusan teknik penerbangan adalah pilihan prodi yang tepat.

Jurusan ini tidak ada di kampus-kampus umum, beberapa dari kalian mungkin perlu bersekolah di luar kota untuk menemukan sekolah penerbangan yang berkualitas.

Namun, ternyata jurusan teknik penerbangan sekalipun ternyata pilihannya ada lebih dari satu. Setiap jurusan punya konsentrasi yang berbeda, sehingga jangan sampai salah.

4 Rekomendasi Jurusan Teknik Penerbangan untuk Anak IPA/SMK Teknik

Tidak tahu harus mulai darimana? Kami akan rangkum pembahasannya khusus untuk kalian. Silahkan pahami betul-betul setiap jurusan teknik yang ada di sekolah penerbangan, sesuaikan dengan minat dan kemampuan.

Prodi teknik penerbangan

Jurusan yang akan kami rekomendasikan mempunyai jenjang berbeda ada yang S1 ada juga yang  D3. Ingat, kesuksesan tidak terletak di gelarnya tapi keseriusan kalian dalam belajar serta menerapkan ilmu-ilmu tersebut secara nyata di lingkungan industri.

1. S1 Teknik Dirgantara

Teknik dirgantara adalah program studi yang akan mempersiapkan kalian menjadi konseptor atau perancang pesawat, pengembangan teknologi di dalamnya, serta berbagai hal teknis mengenai sistem pesawat terbang.

Kamu juga akan mempelajari mengenai perancangan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) alias pesawat tanpa awak untuk kebutuhan riset dan pengetahuan.

Perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik dirgantara adalah PT DI (Dirgantara Indonesia), GMF-Aero Asia, dan sebagainya. Banyak yang mengatakan bahwa jurusan teknik dirgantara jika ditekuni dengan baik bisa membawa kalian menuju masa depan yang lebih baik.

Apa buktinya? Tentu saja soal masalah prospek kerja dan gajinya yang katanya mencapai puluhan juta rupiah. Terlepas dari hal itu, jurusan teknik penerbangan yang satu ini hanya tersedia untuk lulusan SMA IPA/SMK Teknik saja.

Pastikan juga kalian konsisten menyukai pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Ketiganya akan menjadi kunci untuk memahami setiap materi teknis di prodi dirgantara.

Pelajari lebih lengkap: S1 Teknik Dirgantara

2. S1 Teknik Elektro

Teknik elektro atau teknik listrik awalnya terkesan biasa saja, bahkan jurusan ini banyak tersedia di kampus-kampus lain di luar sana. Jangan menyimpulkan terlalu cepat, karena jurusan teknik elektro yang dimaksud jauh lebih spesifik lagi membahas soal kelistrikan dan berbagai teknologi yang ada di dalam pesawat.

Keunggulan utama dari jurusan ini adalah prospek kerja yang fleksibel, selain dibekali dengan keterampilan dan ilmu di bidang teknik pesawat. Kalian juga akan mendapatkan materi seputar kelistrikan industrial.

Ada banyak perusahaan manufaktur yang membutuhkan lulusan teknik elektro, siap-siap bersaing dan terus asah skillmu supaya bisa mengungguli yang lain.

3. S1 Rekayasa Mesin

Selanjutnya, ada jurusan rekayasa mesin yang masih berkaitan dengan prodi sebelumnya. Lebih spesifik di jurusan ini kalian akan mendalami mesin-mesin pesawat termasuk komponen utama yang ada di dalamnya.

Tujuannya agar bisa melakukan analisis terhadap kerusakan serta melakukan perbaikan atau perawatan sesuai dengan kebutuhan pesawat.

Lebih kurang gambarannya kalian akan sering bongkar-bongkar mesin, hanya saja pekerjaan ini dilakukan dengan tim mengingat ukuran mesin pesawat yang cukup besar.

4. D3 Aeronautika

Jurusan Aeronautika bisa jadi salah satu prodi paling asing yang pernah kalian dengar. Secara sederhana Aeronautika merupakan jurusan yang berfokus di bagian teknik penerbangan, perawatan pesawat baik komersial maupun non-komersial. Bidang yang akan difokuskan pada prodi aeronautika adalah airframe dan power plan.

Sedikit yang tahu keahlian dari lulusan aeronautika sangat dibutuhkan di dalam dan luar negeri. Mereka yang mampu memahami bidang teknis pesawat serta mengantongi lisensi resmi aircraft maintenance  punya peluang besar untuk direkrut pada perusahaan penerbangan sebagai ahli teknik mekanikal bandar udara.

Baca juga: Universitas Aeronautika Pilihan Tepat untuk Belajar Tentang Pesawat

Siapa yang Cocok Masuk Jurusan Teknik Penerbangan?

Keempat jurusan di atas pada dasarnya nyaris sama, mendalami bidang teknis yang berkaitan dengan pesawat terbang. Bagaimana cara mengetahui cocok atau tidaknya jurusan teknik penerbangan untukmu?

Jawabannya simpel, coba perhatikan pernyataan berikut cek apakah jurusan di atas sesuai atau tidak dengan minat kalian.

  1. Bersungguh-sungguh ingin mempelajari perkembangan teknologi kedirgantaraan
  2. Menyukai mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia
  3. Berkeinginan kuat kerja di bandara atau di industri dirgantara
  4. Senang berpikir kritis dan semua hal yang berkaitan dengan logika, hitung-hitungan

Jadi bagaimana apakah jurusan teknik penerbangan ini cocok untuk kalian? Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk rekan-rekan yang baru lulus dari SMA IPA/SMK Teknik.

Kebetulan sekali di STTKD membuka keempat prodi teknik penerbangan yaitu, teknik dirgantara, teknik elektro, rekayasa mesin, dan aeronautika. Kamu bisa melakukan registrasi dengan jalur seleksi nilai rapor dan test, info lebih lengkap silahkan hubungi admin ya.