Universitas Aeronautika

Universitas Aeronautika Pilihan Tepat Untuk Belajar Tentang Pesawat!

Ada banyak jurusan yang bisa dipilih saat masuk ke universitas penerbangan. Para lulusan baru bahkan bisa menemukan jurusan yang tidak ada di kampus umum. Salah satunya adalah prodi D3 Aeronautika yang sepertinya masih cukup asing di telinga.

Perkembangan dunia industri kedirgantaraan di semakin pesat, sedikit demi sedikit peluang kerja di bidang yang baru mulai terbuka. Tidak harus mengikuti teman, masa depan setiap orang itu ditentukan atas tekad dan kemauan diri sendiri.

Teknik aeronautika mempunyai cakupan bidang yang begitu luas, mulai dari mendalami teknis pesawat komersial seperti boeing 737, helikopter, hingga pesawat pribadi contohnya Cessna.

Namun, sayangnya universitas yang ada jurusan aeronautika masih bisa dibilang terbatas. Dalam satu provinsi bisa jadi hanya satu atau dua saja sekolah yang menyediakan prodi ini.

Alasannya karena fasilitas yang perlu disiapkan oleh pihak kampus membutuhkan biaya yang tidak sedikit, ketersediaan tempat yang luas juga seringkali menjadi kendala tersendiri bagi beberapa sekolah untuk menyediakan jurusan yang cukup spesial ini.

Mengenal Lebih Jauh, Apa Itu Aeronautika?

Secara umum teknik aeronautika adalah jurusan yang membuat seseorang yang mampu memahami teknis kedirgantaraan, perancangan pesawat hingga wahana antariksa lainnya.

Dalam penerapannya, sebagian besar pendidikan aeronautika lebih mempelajari ilmu teknik pesawat terbang. Hal yang perlu dipahami, setiap universitas aeronautika mempunyai konsentrasi keilmuan yang berbeda menyesuaikan dengan kurikulum yang ada.

universitas kampus prodi d3 aeronautika jogja

Sebagai catatan, teknik aeronautika tidak membahas mengenai perancangan roket atau wahana luar angkasa.  Ada jurusan lain yang membahas mengenai hal tersebut, yakni astronautika.

Istilahnya memang mirip-mirip, jadi harus teliti jangan sampai kalian memilih jurusan tapi tidak tahu detail apa saja yang dipelajari.

Dalam istilah bidang keilmuan teknis dari aeronautika meliputi transportasi yang digunakan di dalam atmosfer bumi, sedangkan astronautika lebih ke wahana terbang yang berada di luarnya.

Ini Mata Kuliah yang Dipelajari  Di Teknik Aeronautika

Apabila kamu tertarik untuk melakukan pendaftaran di universitas aeronautika, maka pastikan dulu untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang akan didapatkan.

Kami berikan sekilas gambaran, apabila kamu termasuk lulusan IPA/SMK Teknik maka pastikan untuk siap mempelajari matematika dan fisika tingkat lanjut.

Kedua pelajaran dasar tersebut harus benar-benar dikuasai, tetapi jika kamu cenderung anti dengan materi tersebut sepertinya teknik aeronautika bukanlah jurusan yang tepat.

Berikut ringkasan mengenai materi yang akan dipelajari di prodi aeronautika:

  • Kepemimpinan
  • Fisika teknik
  • Gambar teknik
  • Matematika teknik
  • Kimia teknik
  • Proses produksi
  • Aircraft tooling
  • Mekanika teknik
  • Elektronika dasar
  • Pengetahuan pesawat terbang
  • Aerodinamika
  • Material pesawat dan perangkat keras
  • Manajemen perawatan pesawat
  • Struktur dan sistem pesawat

Itu baru sebagian kecil materi yang akan kalian pelajari, secara keseluruhan ada 6 semester (termasuk tugas akhir dan PKL). Jurusan aeronautika terdiri dari 117 SKS dengan pembagian 60 teori dan 57 praktik.

Kemampuanmu bukan di hitung-hitungan?

Tenang saja, masih ada harapan. Silahkan cek daftar sekolah penerbangan untuk IPS lengkap sudah kami bahas apa saja prodi yang bisa diambil untuk kalian yang kurang hobi menghitung.

Memilih Jurusan Teknik Aeronautika, Ini Keunggulannya!

Dari sekian banyaknya jurusan di kampus teknik penerbangan, aeronautika merupakan bidang teknis yang menawarkan keunggulan dari sisi prospek kerja dan gaji yang didapatkan.

universitas jurusan teknik aeronautika

Prodi D3 aeronautika ini bisa dikatakan bukan jurusan biasa yang dapat dipilih oleh semua peserta. Tidak mengherankan jika ada beberapa keunggulan yang hanya ada di jurusan ini.

  • Persaingannya tidak begitu banyak, kompetensi lulusan aeronautika banyak dicari perusahaan maskapai pesawat untuk menjadi tenaga teknis maintenance ataupun perancangan pesawat
  • Gaji yang ditawarkan nilainya cukup fantastis, biaya pendidikan yang dibayarkan sebanding dengan prospek di masa mendatang
  • Ada kesempatan untuk menjadi tenaga kerja profesional di luar negeri
  • Membuat kamu lebih mahir di bidang matematika teknik, fisika, dan teknis perancangan pesawat

Universitas Teknik Aeronautika Terbaik Di Jogja

Berminat untuk mempelajari bidang studi ini? Kamu bisa melakukan pendaftaran langsung di STTKD (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan). Salah satu universitas yang membuka jurusan D3 aeronautika, nantinya kamu akan memperoleh gelar A.md atau Ahli Madya.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui situs ptb.sttkd.ac.id, kamu bisa membuat akun lalu mengisi informasi yang sudah tercantum pada resmi tersebut.

Selain itu, lulusan baru juga bisa melakukan pendaftaran langsung di kampus dengan sistem 1 hari selesai (one day service). Lokasi alamatnya kami cantumkan di bawah:

Alamat kampus STTKD: Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Berapa biaya pendidikan jurusan D3 teknik aeronautika?

Untuk biaya kuliahnya mulai dari Rp10.000.000 dihitung per semester. Adapun untuk rincian biaya lainnya bisa langsung menghubungi admin pendaftaran.

Kami akan memberikan semua informasi yang kamu butuhkan mengenai biaya hingga fasilitas apa saja yang nantinya akan diperoleh. Selain teknik aeronautika, tersedia juga jurusan S1 teknik dirgantara dan berbagai prodi teknik penerbangan lainnya. Pastikan kamu memilih jurusan sesuai dengan minat ya!