Mengenang Serangan 1 Maret 2023

 

Masih Ingat dengan kata-kata “Jas Merah” ? yak betul sekali, “Jangan sekali-kali Melupakan Sejarah”.
Sebagai Generasi Pemuda Indonesia tentunya harus selalu ingat setiap tanggal 1 Maret, kita selalu diingatkan dengan peristiwa Serangan para Pejuang kita kepada Militer Belanda di Yogyakarta
Serangan umum 1 Maret 1949 membawa arti penting bagi posisi Indonesia di mata Internasional.
Serangan ini bertujuan untuk membuktikan kepada Dunia Internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih ada dan cukup kuat, dengan harapan dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB.

Tiga alasan penting yang dikemukakan Panglima Divisi III, Kol. Bambang Sugeng untuk memilih Yogyakarta sebagai sasaran utama adalah:
1. Yogyakarta adalah Ibu kota Republik Indonesia saat itu, sehingga bila dapat direbut walau hanya untuk beberapa jam, akan berpengaruh besar terhadap perjuangan Indonesia melawan Belanda.
2. Keberadaan banyak wartawan asing di Hotel Merdeka Yogyakarta, serta masih adanya anggota delegasi UNCI, serta pengamat militer dari PBB.
3. Langsung di bawah wilayah Divisi III/GM III sehingga tidak perlu persetujuan Panglima/GM lain dan semua pasukan memahami dan menguasai situasi/daerah operasi.

Dan hebatnya lagi Pejuang kita melakukan Serangan Umum yang terjadi pada 1 Maret 1949 mampu mengusir tentara Belanda dari Yogyakarta dalam waktu enam jam.