Tips Persiapan Kuliah ala Kampus Penerbangan

Persiapan Kuliah ala kampus penerbangan

Persiapan Kuliah ala kampus penerbangan

Liburan semester memang momen yang paling menyenangkan buat para pencari Ilmu. Apalagi buat teman-teman yang berasal dari luar kota. Berasa melepas home sick yang lama tertahan karena kesibukan kuliah. Sekarang libur sudah selesai nih, siap-siap masuk semester baru. Apa saja sih yang #sobatdirgantara perlu siapkan? Yuk cek tips persiapan kuliah ala kampus penerbangan.

Buat Target Capaian Semester Ini

Tips pertama ala kampus penerbangan adalah buat target yang akan dicapai semester ini. Target itu harus diungkapkan dengan kata-kata yang “tangible”, yaitu kata kerja yang bisa diukur dengan jelas. Contoh target yang tidak tangible adalah “Saya ingin menjadi lebih baik“, “Ingin hidup lebih disiplin“. Menjadi lebih baik itu tidak ada ukuranya, menjadi lebih baik dari siapa? Kapan? Bagaimana? Tuh kan, tidak jelas.

Nah, sekarang coba menjadi lebih baik dipecah-pecah menjadi hal-hal yang lebih terlihat dan terukur. Misalnya, karena kuliah di kampus Penerbangan, #sobatdirgantara ingin menjadi pribadi yang lebih disiplin. Disiplin bisa di break down menjadi, bangun jam 4 pagi, tidak masuk kuliah tanpa alasan maksimal 3 kali, tidur sebelum pkl 11 malam, dan lain sebagainya.

Dalam bidang kuliah penerbangan, #sobatdirgantara juga bisa memecah matakuliah yang sulit, menjadi tujuan yang lebih kecil. Misalnya, semester ini ingin “membaca 1 bab buku Groundhandling per-minggu“. Buat sekecil mungkin tujuan yang ingin dicapai agar realistis, dan bisa dilaksanakan.

Nah, intinya buat tujuanmu sesederhana mungkin sehingga terlihat konyol apabila #sobatdirgantara gagal melakukannya. Seperti, kok cemen banget sih begitu saja tidak bisa.

Tetapkan skala prioritas

Semua orang di dunia ini memperoleh jatah waktu yang sama setiap harinya. Tidak peduli #sobatdirgantara kuliah penerbangan, kuliah pramugari, atau kuliah jurusan lainnya. Jangankan anak kuliah, Bapak Presiden juga memiliki jatah waktu yang sama dengan kita, sehari 24 jam. Tidak bisa meminta perpanjangan dan tidak bisa meminta pengurangan.

Untuk itu, perlu dibagi dengan bijak ya. Seberapa banyak waktu untuk kuliah, ekstra kulikuler, sosial, keluarga dan diri sendiri. Setiap kategori bisa #sobatdirgantara berikan tujuan seperti langkah pada tips nomor 1.

Tidak perlu waktu #sobatdirgantara dimikro manajemen seperti jam ini harus ini dan itu, tidak. Namun harus memprioritaskan aktifitas. Boleh menggunakan rumus ini,
1. penting dan mendesak,
2. kurang penting tetapi mendesak,
3. penting namun kurang mendesak,
4. kurang penting dan kurang mendesak.

Jika tidak penting tidak perlu dipikirkan ya. Kan tidak penting. Untuk apa diprioritaskan.

Mencoba tantangan Baru

Sutan Syahrir pernah berkata, “hidup yang tidak dipertaruhkan, tidak layak untuk dimenangkan”. Banyak tantangan yang bisa diambil selama kuliah penerbangan. Mengikuti program kreativitas mahasiswa, mengikuti program-program kemendikbud (IISMA, Pertukaran pelajar, kampus mengajar, wirausaha merdeka, bangkit) dan mengikuti kegiatan bermanfaat lainnya. Kegiatan ini penting untuk menambah relasi, menambah wawasan, dan mencari circle pertemanan yang positif.

Demikian tips memulai perkuliahan ala kampus penerbangan.