pendidikan taruna pramugara

Begini 5 Tips Memilih Sekolah Penerbangan yang Berkualitas!

Memilih sekolah penerbangan yang berkualitas itu penting. Jangan sampai kamu tertipu dengan sekolah penerbangan yang asal cari yang murah, kualitasnya meragukan.

Panduan ini kami sediakan untuk kalian yang baru lulus SMA, SMK, dan MA. Lebih baik mempersiapkan daripada tidak sama sekali, sebagai anak muda kamu perlu mengetahui kriteria kualitas kampus yang bagus.

Kenapa harus repot-repot mengecek hal ini? Berikut ini beberapa alasannya:

  • Kampus menentukan kenyamanan kalian dalam belajar
  • Akreditasi sekolah bisa menjadi penentu kualitas kompetensimu
  • Lebih mudah menentukan prospek setelah lulus kuliah
  • Terhindar dari kasus penipuan yang tidak diinginkan

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Sekolah Penerbangan

Menentukannya tidaklah sulit, kami sudah menyiapkan apa saja yang perlu dicek saat memilih sekolah kedirgantaraan supaya tidak salah pilih.

memilih sekolah penerbangan berkualitas

1. Fasilitas dan Tenaga Pengajar

Sekolah penerbangan yang berkualitas sudah pasti didukung dengan fasilitas belajar yang lengkap. Ada laboratorium praktik, perpustakan, lab.komputer, ruang kelas yang nyaman, bengkel pesawat, tempat ibadah, lapangan olahraga dan sebagainya.

Selain itu, bagian yang terpenting adalah fasilitas berupa pesawat itu sendiri. Contohnya tipe pesawat komersial boeing yang bisa digunakan untuk praktik langsung untuk jurusan pramugari, melatih skill komunikasi dan penanganan penumpang.

Kemudian, transportasi udara lainnya seperti helikopter juga sebaiknya tersedia. Ini akan membuat penguasaan ilmu teknik di bidang kedirgantaraan menjadi lebih lengkap.

Selain fasilitas, cek juga bagian tenaga pengajar atau dosen di sekolah penerbangan yang telah dipilih. Tentunya mereka harus mempunyai kompetensi di bidang yang sesuai.

Tenaga pengajar menjadi salah satu faktor utama yang akan menentukan kualitas pendidikan sistem belajar yang diterapkan dalam suatu universitas penerbangan. Dosen yang profesional mampu menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan profesional. Membuat kalian lebih semangat lagi untuk mendalami bidang keilmuan yang sudah diambil.

2. Akreditasi

Akreditasi sekolah sepertinya sudah cukup akrab di telinga kita. Bagian ini juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Kampus dengan akreditasi A (Unggul) dan B (Baik Sekali) bisa dikatakan mempunyai potensi mutu pendidikan dan kualitas yang bagus untuk menunjang pembelajaran.

Selain itu, akreditasi juga bisa dilihat menurut prodi atau masing-masing jurusan. Terkadang ada pilihan jurusan dengan akreditasi C, jangan langsung beranggapan bahwa kualitasnya kurang bagus. Karena bisa saja jurusan tersebut masih tergolong baru.

Namun, apabila ternyata program studi tersebut sudah lama, tetapi akreditasinya masih sama maka ini patut dipertanyakan.

3. Rekam Jejak Alumni

Memilih sekolah penerbangan dengan alumni yang sudah banyak yang sukses bisa menjadi hal lainnya yang bisa kalian pertimbangkan.

Informasi mengenai data taruna-taruni yang sudah lulus biasanya sudah dijadikan arsip, sehingga bisa dengan mudah diakses oleh para calon pendaftar untuk melihat siapa saja yang sudah lulus dari sekolah dirgantara tersebut dan sekarang bekerja dimana.

Semakin banyak alumni yang berhasil, tentunya lebih baik. Kualitas pendidikan di sekolah tersebut mempunyai mutu yang baik, disiplin, tidak hanya melatih akademik tetapi juga mampu meciptakan SDM yang berkarakter dan bermoral.

4. Transparansi Biaya Kuliah dan Memberikan Keringanan

Sekolah penerbangan yang jujur sudah pasti memberikan informasi biaya pendidikan secara transparan di awal, tidak ada yang ditutupi.

Penjelasannya juga lengkap rinci, biaya yang dibayarkan oleh orang tua nantinya mencakup apa saja termasuk seragam, biaya praktikum, atau keperluan lainnya.

Selain itu, kampus yang berkualitas juga mampu memberikan keringanan biaya. Tentunya tanpa mengurangi kualitas pendidikan yang didapatkan calon pendaftar baru bisa mendapatkan kemudahan untuk mencicil biaya dan mendapatkan potongan biaya pendidikan.

Kamu bisa mengecek informasi lengkap melalui brosur dari universitas penerbangan tersebut atau menanyakannya langsung kepada admin pendaftaran.

5. Kerja Sama Dengan Lembaga Lain

Sekolah penerbangan yang bagus itu pasti mempunyai kerja sama yang baik dengan perusahaan maskapai penerbangan.

Dengan demikian, mereka mampu menyediakan kesempatan PKL secara nyata untuk para taruna dan taruni. Hal ini juga merupakan bentuk pemberian kesempatan yang sangat baik, bukan tidak mungkin mereka yang kinerjanya bagus bisa diterima menjadi karyawan sebelum wisuda.

Adanya kerja sama antara kampus penerbangan dengan berbagai perusahaan dan lembaga juga mempermudah untuk penyaluran kerja, sehingga masa depanmu bisa menjadi lebih cerah di kemudian hari.

Kesimpulan

Baik, bisa disimpulkan memilih sekolah penerbangan yang berkualitas itu harus teliti. Perhatikan semua aspek mulai dari ketersediaan fasilitas, tenaga pendidik, akreditasi, rekam jejak alumni, transparansi biaya, dan kerja sama dengan lembaga lainnya.

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan jawaban untuk kalian yang sedang bimbang memilih sekolah penerbangan agar tidak asal pilih.

Untuk kamu yang tidak mau pusing dan ingin langsung mendapatkan kualitas pendidikan sekolah kedirgantaraan unggul dengan fasilitas lengkap. Solusinya bisa memilih STTKD, salah satu sekolah penerbangan terbaik di Jogja.

Ada sarana prasarana memadai seperti pesawat Boeing 737-200, Cessna, hingga helikopter. Kampus STTKD mendapatkan akreditasi B (Baik Sekali) dari BAN-PT.

Buruan lakukan pendaftaran atau konsultasi dulu sama admin melalui kontak yang tersedia untuk mengetahui fasilitas hingga informasi lebih lengkap seputar STTKD!