teknik listrik bandara

Teknik Listrik Bandara Info Seputar Jurusan dan Prospeknya

Teknik listrik bandara dapat kita artikan sebagai program studi teknik elektro di bidang penerbangan dan bandar udara. Secara spesifik jurusan ini mempelajari tentang sistem kelistrikan yang terdapat di bandara mulai dari penerangan, kapasitas daya, dan mekanisme-mekanisme canggih lainnya.

Kelancaran sistem kelistrikan bandara mempunyai pengaruh yang besar untuk memastikan berjalannya operasional penerbangan.

Kendala teknis elektro bisa memberikan masalah yang besar mulai dari keterlambatan atau delay flight, bahkan bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Sistem listrik bandar udara menjadi inti yang bisa menggerakan bagian-bagian penting seperti navigasi, sistem maintenance, komunikasi, dan sebagainya.

Oleh karena itu, dibutuhkan ahli di bidang teknik listrik bandara yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi agar tidak terjadi hal yang buruk.

Kenapa Memilih Program Studi Teknik Listrik Bandara?

Jurusan ini dinilai sebagai ilmu yang cukup menarik, pasalnya keahlian sistem kelistrikan yang kalian miliki akan digunakan secara fokus untuk satu lingkup area kerja yaitu bandara.

Selain itu, bicara soal prospek juga cukup menjanjikan. Keahlian untuk melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap sistem kelistrikan bandara menjadi kemampuan yang banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

Tentu jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang suka merancang dan merakit alat-alat elektronik. Sejumlah alat kelistrikan khusus yang nantinya akan kalian pelajari antara lain: CCR, TCR, ACOS, Runway Edge Light, Rotating Beacon, dan masih banyak lagi.

Ini membuktikan keahlian teknik listrik tidak hanya sebatas pada industri pabrik semata, melainkan punya peran besar juga untuk area khusus seperti bandar udara.

Bahkan ada istilahnya sendiri, di luar negeri ilmu kelistrikan bandara disebut sebagai airport electrical engineer.

Jadi, kalau kalian bertanya apa yang membuat jurusan teknik listrik bandara terkesan menarik antara lain karena:

  • Prospek pekerjaan profesional dengan gaji yang tinggi
  • Keahlian yang terus dibutuhkan di masa mendatang
  • Tidak terlalu banyak saingan
  • Keahlian yang terfokus dan spesifik

Di Indonesia sudah banyak sekolah tinggi dan kampus yang membuka jurusan untuk prodi Teknik Listrik Bandara (TLB), jadi semestinya kalian tidak perlu ragu jika memang berminat untuk masuk ke prodi ini.

Prospek dan Perkiraan Gaji Teknisi Listrik Bandara

Setelah lulus dari jurusan teknik listrik/elektro bandar udara, kalian mempunyai peluang untuk mendaftar kerja di perusahaan penerbangan di Indonesia seperti BUMN dan BUMS.

Beberapa di antaranya yaitu Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Dirjen Perhubungan Udara, dan perusahaan-perusahaan lainnya. Jenjang karir bagus untuk jangka panjang, terlebih lagi jika sudah diangkat sebagai pegawai.

Berbicara soal gaji, kami tidak menemukan informasi sepesifik dan akurat mengenai besaran gaji seorang teknisi listrik di bandara. Namun menurut salah satu sumber, estimasi perkiraan gaji teknisi listrik bisa mencapai Rp 8 juta per bulannya.

Di atas rata-rata UMR berbagai kota besar di Indonesia, tidak mengherankan jika jurusan ini tergolong bagus dan layak untuk dipertimbangkan untuk masa mendatang.

Bicara soal pendapatan, sebenarnya kalian tidak perlu mengkhawatirkan soal ini. Fokus saja pada peningkatan kemampuan dan skill, tanpa perlu diragukan semakin kalian mahir di bidang tertentu dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan konsisten maka pendapatan akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Bagian yang perlu diingat kembali, tanggung jawab seorang teknisi bandar udara itu besar. Tidak hanya memastikan semuanya berfungsi dengan baik, tetapi juga kalian akan ditunjuk untuk menjamin keselamatan dari aspek kelistrikan bandara.

Jurusan Teknik Listrik Bandar Udara di Indonesia

Merasa ini jurusan yang tepat untukmu? Kebetulan sekali ada sekolah tinggi di Jogja yang membuka program studi ini. STTKD membuka peluang untuk pendaftaran taruna/taruni baru untuk prodi S1 teknik elektro atau kelistrikan bandar udara.

Program studi ini telah terakreditasi serta mempunyai fasilitas belajar yang lengkap. Sejumlah fasilitas tersebut antara lain:

  • Laboratorium produksi
  • Laboratorium robotik
  • Laboratorium komputer
  • Tool store
  • Laboratorium hidrolik
  • Engine store
  • Dan lain sebagainya

Kalian dijamin betah untuk menimba ilmu di STTKD karena lingkungannya juga nyaman dan terjaga dengan baik. Tersedia asrama untuk laki-laki dan perempuan bagi kalian yang lokasi rumahnya jauh lebih baik pilih asrama agar lebih mudah tidak bolak-balik.

Baca juga: Luar Biasa Ini Keunggulan Program Studi S1 Teknik Listrik

Dipandu oleh dosen dan tenaga pengajar yang kompeen di bidangnya, kalian bisa mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat yang nantinya bisa berguna di dunia kerja.

Pendaftaran terbatas, jangan sampai melewatkan kesempatan yang bagus ini. Lakukan registrasi melalui admin, tidak perlu khawatir kami dengan senang hati akan membantu proses pendaftarannya dari awal sampai selesai.

Yuk, lanjutkan studimu dengan memilih jurusan teknik listrik bandara, raih cita-cita menjadi teknisi profesional yang ahli bersama STTKD.