S1 Teknik Listrik

Luar Biasa Ini Keunggulan Program Studi S1 Teknik Listrik

Perkembangan teknologi di bidang kelistrikan sangatlah pesat. Hampir semua sektor di kategori industri 4.0 membutuhkan teknik listrik baik dari segi mekanisme maupun perancangannya. Sebagai salah satu disiplin ilmu terpenting, teknik listrik mempengaruhi perkembangan ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu komputer, teknik mesin, dan sebagainya.

Setiap universitas mempunyai fokus berbeda untuk pembelajaran teknik listrik. Ada yang lebih mengarah ke listrik arus kuat, teknik elektronika pesawat udara, listrik industri dan masih banyak lagi.

Di semester-semester awal materi yang nantinya kalian pelajari bisa dibilang umum. Baru setelah memasuki semester 5-6 ke atas sudah ada konsentrasi berbeda sesuai kampusnya.

Penting untuk mengetahui hal ini, agar tidak salah pilih konsentrasi pembelajaran teknik kelistrikan yang berpengaruh terhadap prospek karir kalian kedepannya.

Mengapa Memilih Program Studi Teknik Listrik?

Jurusan teknik listrik menjadi salah satu program studi favorit yang banyak dicari oleh perusahaan dari berbagai sektor. Peluang bisa kerja setelah lulus kuliah menjadi semakin tinggi, terlebih lagi jika kalian sudah punya keterampilan di bidang tersebut.

Jurusan teknik listrik

Berikut ini keunggulan program studi teknik listrik:

1. Keahliannya Banyak Dibutuhkan

Kita bicara soal keahlian di dunia nyata, teknik listrik ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak perlu bicara soal posisi tinggi sebagai ahli kelistrikan industri, contoh sederhananya adalah kelistrikan sederhana bisa membuat kalian menjadi tenaga service berbagai barang elektronik.

Bagi kalian yang tidak ingin terikat dengan pabrik, keahlian teknik elektro ini cukup ideal untuk membangun usaha sendiri.

2. Jurusan Favorit dan Banyak Peminatnya

Teknik elektro juga menjadi salah satu program studi yang peminatnya cukup tinggi di Indonesia. Dengan asumsi, prodi yang banyak peminatnya mempunyai prospek kerja bagus maka teknik listrik ini layak masuk list jurusan yang patut dipertimbangkan tahun ini.

3. Gaji yang Relatif Tinggi dan Jenjang Karir yang Bagus

Jujur saja semua orang pasti ingin mendapatkan profesi dengan gaji yang besar. Ini sudah menjadi rahasia umum, namun hal ini hanya bisa diperoleh jika kalian mempunyai ilmu serta mendedikasikan diri untuk menjadi tenaga ahli di suatu perusahaan.

Jadi, tidak hanya berhenti di pekerja industri yang dikontrak saja melainkan terus ada peluang untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi. Sampai akhirnya menjadi pekerja tetap di perusahaan tersebut.

Sebagai catatan, ini bukanlah jalan instan. Persiapkan diri kalian untuk bersaing dengan ahli teknik listrik lainnya.

Tercatat dari berbagai sumber, pendapatan yang diperoleh oleh ahli kelistrikan industri mulai dari Rp3.000.000 sampai dengan Rp10.000.000 per bulan, bisa lebih tinggi menyesuaikan dengan tingkat kesulitan pekerjaan serta posisi kalian.

Kualifikasi Lulusan S1 Teknik Listrik

Selanjutnya, kalian perlu menargetkan kualifikasi. Jadi, jangan asal kuliah semuanya harus terencana. Minimal punya target lulus dari S1 Teknik Elektro kalian harus mempunyai skill tertentu (misal : keahlian kompleks di bidang arus listrik kuat).

Terkadang satu keahlian yang terfokus lebih baik dibandingkan banyak keahlian tapi hanya dasar-dasar saja.

Berikut beberapa kualifikasi teknik listrik yang sebaiknya sudah kalian pikirkan untuk bekal bersaing di pencarian kerja untuk masa depan:

  • mengkomunikasikan tentang konsep-konsep dasar elektronika digital dengan berbagai frekuensi
  • Menerapkan metode, keterampilan, dan piranti teknik modern yang diperlukan untuk praktik
  • Merencanakan, menyelesaikan, serta mengevaluasi tugas di dalam batasan-batasan yang ada secara sistematis
  • Mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penelitian teknik
  • Menerapkan pengetahuan matematika, teknologi informasi, dan ilmu pengetahuan sains dalam bidang elektro

Kualifikasi yang kompleks membuat kalian lebih siap untuk mempersiapkan kalian untuk menjadi tenaga ahli. Tidak pernah ada jalan pintas untuk menguasai keahlian teknik listrik, semuanya diawali dengan komitmen dan keseriusan yang tinggi dalam mendalami setiap materi yang ada serta menerapkannya.

Program Studi S1 Teknik Listrik Aviasi di STTKD

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) membuka program teknik elektro. Kampus ini berfokus pada teknik elektronika pesawat udara atau istilahnya aviation electronics.

Meskipun demikian, kalian tetap mendapatkan pembekalan dari segi elektronika industri. Untuk mempersiapkan diri, jika karena alasan tertentu kalian belum berhasil menembus prospek ahli teknik listrik pesawat masih memungkinkan untuk mengambil karir di elektronika industri.

Namun, tidak ada yang mustahil. Kuncinya ada pada diri kalian, belajar dengan bersungguh-sungguh, ikuti pelatihan, serta lakukan praktik lebih sering untuk mengasah keterampilan.

Baca juga: 4 Jurusan Teknik Penerbangan untuk Anak IPA dan SMK Teknik

Ada peluang yang terbuka lebar untuk menjadi seorang teknik mekanikal bandar udara atau tenaga teknik kelistrikan lainnya di bidang penerbangan. Pendaftaran prodi ini terbuka untuk SMA IPA/SMK Teknik, untuk informasi seputar biaya kuliah dan info registrasi lainnya bisa langsung mengunjungi halaman pendaftaran STTKD.