Proses Pembekalan Peserta Magang S1 TD

Pembekalan Magang di Program Studi S-1 Teknik Dirgantara STTKD Yogyakarta

Magang merupakan salah satu program Kampus Merdeka dan merupakan aktivitas para taruna taruni di luar kampus untuk pengembangan diri dan mambah pengalaman di dunia kerja (khususnya industri) selama 4 bulan. Manfaat yang diperoleh adalah peningkatan softskill dan hardskill sebagai bekal untuk berkarir di dunia kerja.

Pengetahuan yang akan didapatkan taruna pada saat magang, yaitu hardskill ( keterampilan analisis, penyelesaian masalah, kemampuan beriinovasi) dan softskill (teknik komunikasi, keterampilan bekerjasama, etika profesi). Keuntungan bagi mitra magang adalah mendapatkan talenta yang telah teruji pada saat magang, hal ini meningkatkan efisiensi proses rekrutmen pegawai dan memperluas koneksi. Magang yang ditawarkan program Kampus Merdeka juga memberikan pembaharuan informasi dalam rangka menambah topik pembelajaran di Program Studi serta memperluas relasi antara taruna, kampus, dan mitra magang.

Program Studi S1 Teknik Dirgantara STTKD Yogyakarta terkenal sebagai salah satu fasilitator yang mengemban tugas mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik dan berkualitas untuk menghadapi era modern yang sejalan dengan kegiatan pembangunan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Konsentrasi pelajaran yang ditawarkan adalah Aircraft Maintenace (perawatan pesawat terbang) dan Desain Pesawat Tanpa Awak (UAV). Mitra magang Program Studi S1 Teknik Dirgantara STTKD adalah dengan berbagai instansi dan industri penerbangan yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan Saat Magang Pemeriksaan Kondisi Pesawat

Kegiatan Saat Magang Pemberian Materi Sebelum Memulai Perbaikan

Kegiatan Saat Magang Memperbaiki Mesin Pesawat

Program studi S1 Teknik Dirgantara di semester 6 setiap tahun ajaran menjadwalkan magang dilaksanakan pada Semester Genap di maskapai maupun perusahaan penerbangan.

Dosen harus melaksanakan pembekalan magang untuk mempersiapkan skill taruna taruni yang dibutuhkan pada saat magang. Pembekalan magang biasanya dilaksanakan selama 2 hari. Pembekalan diarahkan langsung oleh Kakak Senior Teknik Dirgantara. Pembekalan ini dilakukan bertujuan agar :

  1. Dapat membedakan,mengenal serta mengerti jenis-jenis tools ( alat ) yang digunakan dalam dunia penerbangan. (lihat animasi foto di bawah)
  2. Mempelajari bagaimana cara menggunakan fasilitas dari toolstore dan fasilitas yang ada didalam pesawat.
  3. Mendapatkan informasi peraturan, kewajiban, dan etika saat melaksanakan magang dengan perusahaan mitra.

Menyimak Pengarahan Magang di Hall RKU

Adapun beberapa materi yang diberikan diantaranya adalah pengenalan pesawat tipe fix wing dan rotary wing (Boeing 737-200, Helikopter BO-105M, Cessna 402, Cessna 150), pengenalan jenis-jenis tools, dan pemasangan wire.

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama adalah mempelajari tentang tools, dokumen AMM dan IPC Boeing 737-500, mempelajari engine systems. Berikut dokumentasi pada saat melaksanakan pembelajaran pada hari pertama :

Perkenalan Mesin Pesawat Boeing 727-200

Pemberian Materi Cessna 150

Mengenal Pesawat Cessna 402

Mengenal Helikopter BO-105M

Hari kedua mempelajari tentang pengenalan pesawat fix wing dan rotary wing (Boeing 737-200, Helicopter BO-105M, Cessna 402, Cessna 150), materi dasar penerbangan (regulasi, basic engine, dokumen dalam penerbangan, human factor, keselamatan kerja, airframe, blade), tools atau alat-alat preparasi yang digunakan, dan pemasangan wire. Kemudian mempelajari alat yang biasa digunakan dalam dunia penerbangan beserta cara kerjanya. Berikut beberapa dokumentasi tools yang berada di Tool Store :

Macam Tools di Workshop STTKD

Materi pembekalan selanjutnya adalah safety wiring pada pesawat terbang, dengan tujuan mengurangi getaran dan mencegah terlepasnya bolt dari suatu komponen saat terbang (take-off, en-route, dan landing).

Kegiatan pembekalan magang melibatkan seluruh taruna taruni Program Studi S1-Teknik Dirgantara semester 6, beberapa Senior Teknik Dirgantara (TD) dan seorang instruktur dari STTKD sendiri. Kegiatan ini memiliki beberapa manfaat diantaranya :

  1. Dapat mempraktekkan teori yang didapatkan saat di lapangan.
  2. Mendapatkan pengalaman kerja saat di lapangan.
  3. Memecahkan masalah dan menganalisa masalah yang terjadi saat di lapangan.
  4. Mengasah keterampilan yang dimiliki oleh seluruh peserta magang saat di lapangan.

Dengan demikian.kegiatan pembekalan ini diharapkan agar para Taruna Taruni menguasai materi tentang fasilitas dari toolstore dan pesawat sebelum dilaksakannya PKL. (ys)

Sumber : Program Studi S1 Teknik Dirgantara

Share link : https://sttkd.ac.id/berita/proses-pembekalan-peserta-magang-s1-td/