Jurusan Manajemen Transportasi

Banyak Peluang Kerja, Cek Jurusan Manajemen Transportasi

Memilih jurusan itu perlu paham dengan prospeknya, ini adalah hal yang semestinya dipahami oleh setiap lulusan SMA/SMK sederajat yang baru lulus.

Tidak hanya soal minat dan kesukaan, tetapi jika kamu ingin bisa gampang mencari kerja maka pastikan sudah ada gambaran profesi seperti apa yang nantinya akan dijalani.

Bicara mengenai prospek, apakah kalian sudah tahu ada sebuah prodi perkuliahan yang disebut sebagai manajemen transportasi? Jurusan ini mungkin tidak sepopuler pramugari atau teknik kedirgantaraan.

Namun, ada sesuatu yang cukup unik dengan jurusan yang satu ini. Untuk mengetahui hal tersebut, mari kita simak bersama-sama sebenarnya jurusan manajemen transportasi itu apa?

Jurusan D3 Manajemen Transportasi Banyak Dibutuhkan Tapi Sepi Peminat

Manajemen transportasi adalah sebuah jurusan yang mempelajari berbagai hal mengenai perencanaan, perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem transportasi meliputi darat, laut, dan udara.

Sudah bisa dipahami kenapa prospek jurusan ini dianggap serba bisa? Ya, kamu akan mempelajari tiga manajemen transportasi di lingkup yang berbeda.

Prodi yang satu ini bisa dikatakan sangat fleksibel, kamu bisa menjadi tenaga kerja di stasiun kereta, armada kapal laut, hingga pesawat udara. Tentunya konsentrasinya tetap di bagian manajemen.

Transportasi adalah sarana yang akan terus dibutuhkan oleh manusia. Jurusan kuliah di bidang ini tanpa disadari mempunyai peluang yang cukup tinggi. Kamu bisa lebih berpotensi lolos saat mendaftar kerja di perusahaan tour dan travel, staff logistik, freight forwarder, dan masih banyak lagi.

Apa Saja yang Dipelajari Saat Mengambil Kuliah Manajemen Transportasi?

STTKD sebagai salah satu universitas yang ada jurusan manajemen transportasi, mempunyai kurikulum tersendiri mengenai apa saja yang nantinya akan dipelajari oleh taruna dan taruni baru.

prodi manajemen transportasi terbaik

Tidak hanya manajemen transportasi udara, tetapi juga ada konsentrasi logistik yang bisa diterapkan di darat dan laut.

Adapun untuk lamanya waktu belajar yaitu 3 tahun (6 semester) dengan jumlah keseluruhan SKS. Berikut ini ringkasan materi kuliah yang akan kalian pelajari menyesuaikan dengan konsentrasi bidangnya.

1. Airport Operational (Kegiatan Operasional Bandara)

  • Bisnis internasional
  • Bahasa Inggris
  • Ground Handling
  • Aviation Security and Dangerous Goods (Sistem keamanan penerbagan dan barang berbahaya)
  • Manajemen Bandar Udara

2. Pramugari-Pramugara

  • Document in Flight (dokumen penerbangan)
  • Bahasa inggris khusus untuk sistem penerbangan
  • Keselamatan penerbangan
  • Poise and Grace
  • In Flight Announcement

3. Logistik

  • Manajemen Mutu
  • Ekspor dan Impor
  • Manajemen Barang Berbahaya
  • Manajemen Distribusi
  • Manajemen Fleet
  • Logistik dan Peralatan Industri

Masih banyak materi lainnya yang bisa kamu pelajari dengan memilih prodi manajemen transportasi. Rasanya 3 tahun akan terkesan sangat cepat, ilmu yang diberikan juga tidak melulu soal teori di ruang kampus.

Namun, para taruna dan taruni juga akan melakukan sejumlah praktik langsung.

Misalnya, untuk penanganan dangerous goods sebaiknya seperti apa, langkah pencegahan yang dilakukan, dan lain sebagainya. Penjelasan lebih lengkap mengenai daftar materi kuliah prodi ini bisa cek di halaman kurikulum manajemen transportasi lengkap disitu dicantumkan jumlah SKS dan penjelasan mengenai konsentrasi jurusan favoritmu.

Fasilitas Kampus STTKD

Memilih STTKD sebagai sekolah penerbangan akan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan lokasi kampus lainnya. Terutama untuk konsentrasi logistik cargo udara, pramugari, dan operasional bandara.

Mengapa demikian? Karena di STTKD fasilitasnya lengkap, bukan sekadar gedung sekolah, melainkan tersedia juga pesawat tipe boeing 737-200, helikopter BO-105M, Cessna 402, Cessna 150.

fasilitas sekolah sttkd lengkap

Bagaimana, mantap bukan? Kami ingin memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk para taruna dan taruni manajemen transportasi.

Jadi tidak perlu ragu STTKD menyediakan semua fasilitas penunjang untuk mempersiapkan masa depanmu supaya lebih cerah.

Kalau ada fasilitas seperti ini belajar sistem manajemen logistik dan praktik operasional di bandara juga menjadi lebih mudah. Kalau masih kurang puas, nanti di semester lanjut kamu akan melakukan PKL.

Pengalaman paling ditunggu-tunggu, kebetulan STTKD juga bekerjasama dengan berbagai maskapai pesawat di Indonesia, lho.

Beberapa diantaranya seperti Batik Air, Garuda Indonesia Group, Lion Air, Susi Air, dan masih banyak lagi.

Informasi Biaya Kuliah Jurusan D3 Manajemen Transportasi Terbaru

Biaya yang kamu perlukan untuk bergabung dengan akademi manajemen transportasi di STTKD yaitu sebagai berikut:

  • Biaya Pendaftaran: Rp250.000,-
  • Biaya Pengembangan: Rp20.000.000,-
  • Biaya kuliah SPP per semester: Rp8.000.000,-

Ada hal lain yang ingin kamu tanyakan? Tidak perlu ragu apalagi sampai malu, silahkan konsultasi dan tanya-tanya dulu bersama admin kami melalui Whatsapp yang tersedia ya.

Ingin langsung mempelajari tentang ilmu pramugari cukup 1 tahun? Silahkan cek dulu informasi jurusan D1 Pramugari. Terbang meraih sukses bersama STTKD, lakukan pendaftaran sebelum tanggal 31 Mei 2023 dan dapatkan potongan biaya hingga 5 juta!