Teknik elektro

Ini Materi Kuliah Pendidikan Teknik Elektro Kedirgantaraan

Tahukah kalian bahwa pendidikan teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang paling banyak dicari oleh perusahaan? Namun perlu diakui materi yang harus dipelajari memang sama sekali tidak mudah.

Dibutuhkan ketelitian dan ketekunan yang baik untuk menyelesaikan berbagai masalah mengenai elektronika. Tantangan menjadi semakin kompleks untuk bidang teknik elektro kedirgantaraan.

Karena bukan hanya mesin pabrik, tetapi juga kalian akan mempelajari kelistrikan yang berkaitan dengan pesawat terbang. Seperti yang kita ketahui kendaraan transportasi ini mempunyai mekanisme yang sangat kompleks.

Tidak perlu cemas, asalkan bidang ini memang sesuai dengan minat dan bakatmu tentu materi pendidikan teknik elektro bisa diselesaikan dengan lancar seperti pelajaran pada umumnya.

Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan sedikit gambaran apa saja hal yang nantinya kalian pelajari saat memilih jurusan S1 Teknik Elektro dilanjutkan dengan memahami perbedaan antara bidang prodi ini dengan teknik elektro umum.

Mata Kuliah Teknik Elektro Kedirgantaraan

Harus diakui jurusan teknik elektro ini sebenarnya tidak kalah keren dengan jurusan bergengsi lainnya di bidang penerbangan. Hanya saja karena memang bekerja di bengkel MRO jadi tidak terlalu banyak terekspos seperti profesi lainnya.

Lantas bagaimana dengan materi pendidikan teknik elektro sendiri, apakah sesulit yang dibayangkan? Berikut sekilas gambarannya.

1. Listrik Pesawat Terbang

Sudah pasti pertama kalian akan mempelajari sistem kelistrikan dari pesawat terbang baik itu pesawat pribadi, helikopter, maupun pesawat komersial seperti tipe boeing.

Secara teknis terdapat beberapa sumber daya berbeda pada sistem listrik pesawat, bagian tersebut meliputi: unit daya tambahan (APU), daya eksternal, ram turbin, dan mesin generator.

Semua komponen tersebut di atas akan dibongkar lebih detail lagi per bagiannya. Sebagai calon teknisi pesawat terbang, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu mekanisme kerja dari mesin tersebut. Dilanjutkan dengan menganalisis kerusakan dan mempelajari teknis perbaikannya.

Bagian yang paling menarik adalah setiap tipe pesawat mempunyai sistem kelistrikan yang berbeda-beda. Kalian tidak akan bosan karena ada beberapa sistem elektronika pesawat yang perlu dikuasai.

2. Pengolahan Sinyal Elektronika

Pengolahan sinyal elektronika secara teknis merupakan teknik listrik yang mempelajari serta mengembangkan metode, analisis, dan interpretasi sinyal.

Materi ini akan membuat kalian lebih memahami bahwa pengolahan sinyal dapat dibedakan  menurut representasi, dimensi, dan aspek lainnya. Adapun menurut representasinya sinyal terdiri dari dua jenis yakni analog dan digital.

Selain itu, jika dilihat dari sudut pandang dimensi maka sinyal bisa dibedakan menjadi dua suara dan gambar. Detailnya dapat kalian pelajari lebih lengkap saat memilih jurusan teknik elektro.

3. VLSI (Very Large-Scale Integration)

Semakin tinggi tingkatan semesternya maka mata kuliah yang diterima akan terdengar lebih asing di telinga. Contohnya ini, VLSI adalah adalah teknologi yang menggabungkan ratusan hingga ribuan transistor atau device ke sebuah chip.

Mata kuliah kompleks ini biasanya akan muncul pada semester 6 bagian konsentrasi instrumentasi penerbangan. Bagian yang dipelajari adalah cara kerjanya, fungsi, dan pengaplikasiannya dalam dunia industri.

4. Elektronika Industri

Mata kuliah ini menjadi ilmu yang penting bagi kalian yang ingin menjadi bagian dari tenaga teknik di manufaktur perindustrian termasuk sistem otomasi.

Jadi, pendidikan teknik elektro kedirgantaraan ini tidak hanya mempersiapkan kalian untuk bekerja di bandara saja, tetapi juga bisa menjadi bekal untuk mendaftar di perusahaan manufaktur umum.

Beberapa materi pendidikan teknik elektro lainnya, antara lain sebagai berikut:

  • Elektronika analog
  • Teknologi IC
  • Perancangan sistem digital
  • Satelit dan radar
  • Saluran transmisi
  • Teknik kontrol adaptif
  • Kontrol proses manufakturing
  • Perancangan berbasis FPGA
  • Dan sebagainya

Bedanya Teknik Elektro di Kampus Penerbangan dan  Universitas Umum

Perbedaan yang paling terlihat antara teknik elektro dirgantara dan umum yaitu terletak pada bagian materi kelistrikan pesawat. Di universitas umum biasanya materi kuliah ini hanya dijelaskan secara umum tidak sampai praktik.

Namun, khusus untuk sekolah penerbangan justru materi inilah yang lebih ditekankan. Praktik lebih detail karena fasilitas mesin dan alat-alatnya sudah tersedia.

Dengan begitu sangat disarankan bagi kalian yang punya ambisi untuk bekerja di bandar udara untuk lebih memprioritaskan masuk kampus penerbangan, supaya materi kuliah yang nantinya dipelajari bisa lebih mendalam.

sekolah penerbangan teknik elektro

Salah satu kampus sekolah penerbangan terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan teknik elektro di bidang kedirgantaraan adalah STTKD.

Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini mempunyai fasilitas yang lengkap untuk mendukung praktik belajar kalian selama mendalami ilmu elektronika pesawat. Selain itu, tenaga pengajarnya juga kompeten dan profesional. Lakukan pendaftaran jurusan teknik elektro dan persiapkan masa depan kalian mulai dari sekarang.