Mengenal Laboratorium Proses Produksi STTKD

Apa itu Lab Proses Produksi?

Laboratorium Proses Produksi STTKD melayani kegiatan praktikum sesuai mata kuliah Program Studi terkait, seperti program studi D3 Aeronautika, S1 Teknik Dirgantara dan S1 Rekayasa Mesin.

Beberapa mata kuliah yang yang ditunjung oleh Laboratorium Proses Produksi antara lain Praktikum Proses Produksi, Praktikum Material Pesawat Terbang, Praktikum Komposit dan Praktikum AMTO 147.

Pada Laboratorium Proses Produksi para Taruna mempelajari dan memahami alur membuat alat sederhana atau specimen dengan pengerjaan mesin perkakas konvensional dan modern (CNC).

Selama praktikum kegiatan dilaksanakan dengan standar aturan (SOP) yang telah ditentukan dan setiap taruna wajib mengikuti tata tertib kampus dan laboratorium untuk dapat mengikuti kegiatan praktikum terkait.

Dalam melaksanakan praktikum seperti Praktikum Proses Produksi, para taruna menerapkan dan memahami pembacaan gambar Teknik dan alat ukur guna mendapatkan hasil akhir yang presisi dengan toleransi minimum.

Sebagai contoh dalam pengerjaan praktikum Proses Produksi taruna membuat specimen engsel dengan pengerjaan material pejal yang dibentuk permukaan sesuai diameter gambar teknik menggunakan mesin bubut dan membuat tuas persegi menggunakan mesin Milling & Drilling.

Pada tahap perakitan engsel menggunakan proses pengelasan dengan las listrik dan dilakukan finishing dengan pengamplasan.

Proses praktikum memberi kemampuan dan pemahaman rekayasa pada taruna serta pemahaman cara kerja dan pemanfaatan mesin perkakas konvensional dalam dunia kerja.

Mesin-mesin yang terdapat dalam laboratorium Proses Produksi
1. Mesin Bubut

Mesin Bubut

2. Mesin Scrub

Mesin Scrub

3. Mesin Drill & Mill

Mesin Milling & Drilling

4. Mesin Bor

Mesin Bor

5. Mesin Gerinda

Mesin Gerinda

6. Mesin Las Listrik

Mesin Las Listrik

7. Mesin Roll

Mesin Roll

8. Mesin Bending

Mesin Bending

9. Mesin CNC

Mesin CNC

Laboratorium Proses Produksi selain mendukung praktikum juga mendukung penelitian dosen dan taruna serta mendukung kegitan MBKM termasuk kegiatan pengabdian masyarakat.

Dalam kegiatan penelitian baik dosen maupun taruna menggunakan fasilitas Laboratorium untuk membuat specimen serta berbagai part dan perakitan seperti part Drone / UAV, dengan memanfaatkan berbagai alat konvensional dan mesin CNC dalam proses pembuatannya.

Laboratorium Proses Produksi sendiri terbagi dalam 4 bagian yang terdiri dari:
1. Ruang Kerja Bangku

Ruang Kerja Bangku

2. Ruang Riveting

Ruang Rivetting

3. Ruang Painting

Ruang Pengecatan

4. Ruang CNC.

Ruang Pengecatan

Di dalam pekerjaan yang dilakukan tidak luput penggunaan alat pengaman seperti sarung tangan dan kacamata pengaman(ys)

Sumber : Lab. Proses Produksi

Share link : https://sttkd.ac.id/berita/mengenal-laboratorium-proses-produksi-sttkd