Pendidikan Teknik Dirgantara

Materi Pendidikan Teknik Dirgantara yang Perlu Kalian Tahu!

Pendidikan teknik dirgantara belajar apa saja? Bagi kalian yang tahun ini ada rencana untuk masuk ke jurusan kedirgantaraan wajib paham dulu mengenai apa saja mata kuliah yang nantinya akan diajarkan di prodi yang satu ini.

Kedengarannya terkesan sepele, tetapi ini cukup penting. Jika sudah mengetahui sejumlah materinya, maka kalian bisa membaca secara sekilas mengenai cakupan pembelajaran seputar mata kuliah tersebut.

Ya, tentu ini akan sangat menguntungkan. Sesekali kita ubah kebiasaan main media sosial terlalu lama. Lalu, menggantinya dengan membaca atau menonton konten edukatif sesuai dengan materi pelajaran kampus.

Namun karena jumlah materi pendidikan teknik dirgantara ada banyak, kami akan sebutkan beberapa diantaranya saja sebagai permulaan.

Pendidikan Teknik Dirgantara, Apakah Harus Bisa Matematika?

Ya, itu adalah modal dasarnya. singkatnya ada 3 pilar keilmuan di bidang pendidikan teknik dirgantara yaitu matematika, fisika, dan kimia. Sebelum kami lanjutkan pembahasannya pastikan kalian mempunyai pemahaman mendasar dari ketiga bidang tersebut atau minimal mau mempelajarinya dengan sungguh-sungguh.

Sebagai catatan, materi inti pendidikan kedirgantaraan bisa diketahui setelah memasuki semester 3. Sebelum itu, rata-rata masih membahas materi umum seperti dasar-dasar matematika, fisika, dan kimia tetapi dilihat dari sudut teknik.

Setelah memasuki tingkatan semester yang lebih lanjut, kalian akan menjumpai materi-materi seperti ini.

1. Dinamika Terbang

Dinamika terbang adalah materi pendidikan teknik dirgantara yang membahas respons gerak atau sikap pesawat terhadap suatu sistem koordinat yang berpusat di titik berat pesawat.

Sebelum bisa mempelajari materi di atas, kalian perlu menyelesaikan mata kuliah kinematika, dinamika, dan astrodinamika.

Ketiganya berperan sebagai pemahaman dasar sebelum mengarah ke pembahasan yang lebih spesifik berkaitan dengan materi penerbangan.

Dinamika dalam hal ini mempunyai arti sikap pesawat terhadap gangguan dari luar. Contohnya seperti ketika terjadi turbulensi udara salah satu insiden yang mencekam membuat panik semua orang.

Seluruh penumpang pesawat pasti panik ketika hal ini terjadi. Ya, dalam materi dinamika terbang kalian akan mempelajari lebih jauh mengenai persoalan teknis tersebut.

Prodi pendidikan teknik dirgantara

2. Propulsi Pesawat Terbang

Propulsi bisa diartikan sebagai sistem penggerak pada pesawat udara. Dalam bidang keilmuan propulsi pesawat, udara berperan sebagai fluida kerja yang selanjutnya diakselerasikan oleh komponen penggerak. Setelah itu, percepatan tersebut menghasilkan gaya pada dorong.

Apa yang terjadi jika daya dorong pada pesawat tidak maksimal? Akibatnya fatal, pesawat tidak bisa terbangdengan stabil, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Oleh sebabnya, dalam pendidikan teknik dirgantara para taruna-taruni akan diajarkan mengenai bagaimana sistem propulsi pesawat udara yang baik supaya pengetahuan tersebut dapat diterapkan ketika menjadi tenaga teknik di bidang penerbangan.

Syarat yang dibutuhkan untuk mempelajari materi ini adalah menguasai keilmuan dasar termodinamika.

Baca juga: Praktik Kerja Lapangan ala Kampus Dirgantara, Cek Keseruannya!

3. Material dan Manufaktur Pesawat Terbang

Sesuai dengan namanya, pada mata kuliah ini kalian akan mempelajari lebih jauh mengenai apa saja material yang digunakan dalam pembuatan pesawat terbang.

Akan ada banyak ilmu baru yang dipelajari, contohnya untuk pemilihan material pesawat terbang ternyata menggunakan bahan yang berbeda-beda di setiap bagian pesawat.

Untuk bagian sayap kanan dan kiri umumnya menggunakan bahan aluminium alloy dengan standar tipe tertentu seperti 7178-T651. Bahan ini sudah dicampur dengan komposisi tembaga, magnesium, seng, atau mangan sehingga dari segi kualitas kalian tidak bisa menyamakannya dengan aluminium biasa.

Setelah mengetahui material yang digunakan untuk membuat pesawat, taruna juga akan memahami proses manufaktur pesawat terbang lengkap dengan praktikumnya.

Materi pendidikan teknik dirgantara yang terkesan rumit bisa menjadi menyenangkan untuk dipelajari. Tentunya dengan metode pembelajaran yang tepat.

4. Sistem Avionik

Avionik/Avionic merupakan kepanjangan dari Aviation Electronic rangkaian peralatan elektronik yang digunakan dalam sistem pesawat terbang. Di dalam prodi teknik dirgantara kalian akan mengetahui fungs-fungsi dari perangkat avionik sistem navigasi, komunikasi, instrumen dan kendali.

Avionic tergolong sebagai sistem elekronika digital yang mampu memberikan efisiensi dan keamanan lebih baik dibandingkan sistem mekanis.

Tidak hanya belajar teori di ruang kelas, beberapa sekolah penerbangan yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap memungkinkan kalian untuk melihat langsung seperti apa cara kerja dan pengoperasian sistem avionik.

Daftar Materi Pendidikan Teknik Dirgantara

Selain keempat materi di atas, beberapa keilmuan lainnya yang nantinya akan kalian pelajari jika bergabung dengan kampus teknik dirgantara yaitu:

  • Mesin Pesawat Terbang
  • Listrik Pesawat Terbang
  • Desain Unnmaned System
  • Termodinamika
  • Gambar Teknik
  • Mekanika Fluida
  • Kinematika dan Dinamika
  • Astrodinamika
  • Regulasi Keselamatan Penerbangan Sipul
  • Prestasi Terbang
  • Teknik Digital
  • Mikrokontroler
  • Aerodigital
  • Dan masih banyak lagi

Ingin mengetahui penjelasan lebih lengkap mengenai materi-materi di atas? Kalian bisa mendaftar jurusan teknik dirgantara di STTKD. Pilih program S1 dan kuasai bidang keilmuan seputar teknik penerbangan.

Kamu punya kesempatan yang sama untuk sukses, bergabunglah dengan STTKD untuk persiapkan masa depan menjadi lebih baik.