Sekolah Staff Bandara

Sekolah Staff Bandara Berkualitas Banyak Alumni Sukses

Punya cita-cita suatu hari nanti ingin kerja di bandar udara? Sebaiknya pertimbangkan dulu untuk menempuh pendidikan di sekolah staff bandara. Dengan demikian, ilmu yang kalian pelajari lebih relevan dengan prospek karir yang akan kalian raih. Namun, sebelum memaparkan lebih jauh lagi ada baiknya kita simak dulu definisi dari staff bandara.

Staff Bandara Itu Apa?

Staff bandara merupakan profesi dalam dunia penerbangan yang berkaitan dengan pemberian pelayanan kepada seluruh penumpang maupun operasional dari bandara itu sendiri. Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penumpang, maskapai penerbangan membutuhkan bantuan dari staff penerbangan untuk melakukan tugas-tugas berikut:

  • Memenuhi kebutuhan ticketing dan reservasi untuk penumpang
  • Mengarahkan penumpang serta memberikan informasi yang mereka butuhkan
  • Membantu pada saat tahap check-in atau ketika ada kendala
  • Membantu untuk menerbitkan boarding pass dan pengecekan dokumen
  • Mengangkut barang bawaan penumpang dan melakukan pengecekan sesuai regulasi penerbangan
  • Melakukan pengecekan visa dan paspor
  • Mendukung sistem operasional penerbangan

Untuk mendapatkan keterampilan seperti di atas, maka langkah terbaik untuk memulainya adalah dengan bersekolah di perguruan tinggi dan memilih prodi yang sesuai.

Meskipun ada banyak kampus staff bandara di luar sana. Pastikan untuk tetap mengutamakan kualitas, akreditasi, serta peluang untuk bisa memperoleh lisensi dari Kementerian Perhubungan.

Persaingan kerja di bidang ini sangatlah ketat, jika tidak membekali diri dengan program lisensi maka akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan impian menjadi staff di bandar udara.

Tidak perlu khawatir, ada sekolah staff penerbangan yang memenuhi kriteria tersebut. Kampus yang satu ini mempunyai fasilitas lengkap untuk menunjang kegiatan praktik, serta rekam jejak alumni yang cukup bagus sudah banyak yang lulus dan diterima kerja sesuai dengan harapan.

Namun tentunya hal tersebut berimbang, antara kualitas pendidikan yang bagus dan juga tekad yang kuat. Jika kamu berminat untuk mengejar profesi staff bandara, maka tidak ada salahnya untuk cek dulu penjelasan lebih lengkapnya di bawah

Sekolah Staff Bandara di Jogja Membuka Pendaftaran Baru

STTKD membuka pendaftaran baru untuk taruna-taruni tahun ajaran 2023/2024. Tersedia beberapa program studi yang berkaitan erat dengan profesi staff bandara yang sedang kalian cari.

sekolah staff penerbangan di bandara

Beberapa di antaranya seperti staff ground handling, staff AVSEC, ticketing reservation, dan masih banyak lagi. Adapun untuk jurusan yang berkaitan dengan profesi ini antara lain:

  • D1 Ground Handling (lama belajar 1 tahun)
  • D3 Manajamen Transportasi (lama belajar 4 tahun)
  • D4 Manajemen Transportasi Udara (lama belajar 4 tahun)

Ketiga jurusan staff penerbangan di atas tersedia di kampus STTKD. Syarat masuknya juga cukup mudah, bisa melalui jalur raport dan seleksi dengan mengikuti tes.

Lulusan SMA IPS/IPA dan SMK sederajat  semua jurusan bisa mempunyai peluang yang sama untuk sukses di prodi ini. Jadi tidak perlu berkecil hati jika tidak bisa menjadi pramugari atau mekanik pesawat. Bisa jadi potensi kamu ada di bagian staff dan manajemen penerbangan.

Rekam Jejak Alumni Staff Penerbangan STTKD

Apa benar di STTKD banyak alumni yang sudah diterima kerja? Ya, sudah banyak taruna-taruni yang lulus baik angkatan lama maupun baru mereka berhasil menggapai impian untuk bekerja di bandara dan bidang serupa.

Berikut ini kami berikan beberapa rekam jejak alumni beserta program studi yang sebelumnya mereka ambil saat menempuh pendidikan di STTKD.

alumni sukses STTKD

 

Masih banyak lagi alumni yang lulus dan berhasil diterima kerja di bandara. Ini membuktikan bahwa kualitas pendidikan memang berpengaruh terhadap peluang masa mendatang.

Alasannya cukup sederhana, jika fasilitas belajar lengkap, tenaga pendidik kompeten di bidangnya tentu belajar juga menjadi lebih terarah. Oh iya, tidak perlu mempermasalahkan kampus negeri atau swasta.

Keduanya sama-sama bagus, kuncinya murni ada di kualitas dan seberapa serius kalian dalam mempelajari materi-materi yang ada di kampus dan menerapkannya secara nyata.

Berminat Mendaftar di Sekolah Staff Bandara, Apa Saja Persiapannya?

Pertama, pastikan dulu kalian sudah punya program studi untuk dipilih. STTKD menyediakan informasi lengkap mengenai masing-masing program studi tersebut. Kalian bisa baca-baca infonya dulu, follow ig resmi sttkd.ptb di sana kami juga sering share keseharian masing-masing jurusan, lho.

Dengan memperbanyak referensi tentunya lebih mudah untuk menentukan pilihan prodi sesuai bakat dan minat.

Jika sudah punya prodi untuk dipilih, maka pertimbangkan jalur masuk yang dipilih. Khusus untuk pendaftaran mulai dari 1 November 2022 – 31 Mei ada jalur bebas tes alias pakai nilai rapor.

Merasa yakin nilai raport-mu bagus? Coba saja dulu ajukan pendaftarannya siapa tahu bisa keterima lewat jalur ini. Alternatif kedua bisa mengambil jalur tes, detail lengkapnya bisa tanyakan ke admin ya.

Itu dia penjelasan mengenai sekolah staff bandara, semoga bisa bermanfaat. Tetap semangat, sukses terus buat kalian sobat dirgantara!