Adakan Pelatihan Kepemimpinan, STTKD Persiapan Hadapi tantangan Masa Depan

STTKD (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaran) menggelar pelatihan kepemimpinan sebagai upaya menghadapi tantangan perguruan tinggi ke depan dan mempersiapkan regenerasi kepemimpinan yang lebih baik. Pelatihan ini diadakan di Ruang Kuliah Umum STTKD dan diikuti oleh para Kepala Unit Kerja di STTKD.

Pentingnya Kepemimpinan dalam Perguruan Tinggi

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua STTKD Ibu Vidyana Mandrawaty, S.E., M.M., menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelatihan ini diadakan sebagai respons terhadap dinamika yang terjadi di dunia pendidikan tinggi. Menurutnya, perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi dan perkembangan masyarakat untuk tetap relevan dan berkualitas. Selain itu, STTKD perlu menyiapkan regenarasi kepemimpinan untuk STTKD di masa mendatang.

Saat ini, kita menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam bidang pendidikan tinggi. STTKD harus mampu bersaing untuk kedepannya. Untuk itu, regenerasi kepemimpinan di STTKD perlu disiapkan dari sekarang,” ujarnya.

Self Leadership dan Super Leadership

Pelatihan kepemimpinan ini mencakup dua topik utama, yaitu Self-leadership dan Super Leadership. Ibu Ike Agustina, M.Psi, Selaku pembicara menyampaikan bahwa Self leadership (kepemimpinan diri) adalah kemampuan individu untuk mengelola dan memimpin diri sendiri menuju tujuan yang diinginkan dengan efektif dan efisien. Hal ini mencakup kemampuan untuk mengenali dan memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengambil keputusan yang tepat, dan mengambil tanggung jawab atas tindakan dan hasil yang dicapai.

Kalau kita sendiri tidak mengerti apa yang sedang kita lakukan, bagaimana kita akan memotivasi dan mengarahkan bawahan untuk mencapai tujuan organisasi?“, pungkasnya.

Super leadership merupakan kemampuan pemimpin untuk mengembangkan visi yang jauh ke depan, memotivasi dan menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu kepemimpinan ini berkaitan dengan integritas dan kebijaksanaan. Pemimpin yang berfokus pada super leadership memiliki pemahaman yang mendalam tentang masalah dan tantangan yang dihadapi oleh orang-orang atau organisasi yang dipimpinnya, dan mereka memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan yang tepat dan inovatif untuk mengatasinya.

Antusiasme Peserta

Peserta pelatihan terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Salah satu peserta, Bapak Raden Fatchul Hilal, M.M., selaku Kepala Unit PII STTKD menyampaikan “Pelatihan Kepemimpinan sangat bermanfaat untuk pemimpin unit Kerja secara khusus, dan bagi anggota Unit Kerja secara umum. Pelatihan ini juga memiliki dampak yang positif untuk tujuan lembaga .karena kami dapat memahami peran sebagai pemimpin di dalam tim sehingga tim dapat mencapai target kerja.”

Hal senada juga disampaikan oleh peserta lain, yaitu Ibu Septiyani Putri Astutik Kepala SPM Institusi, M.Si. Beliau manyampaikan bahwa “Adanya Pelatihan leadership ini dapat memberikan inspirasi bagi kami untuk menjadi seorang leader dan semua itu diawali dengan self leadership, adanya pelatihan ini memberikan gambaran bagi seorang pemimpin untuk bisa mempimpin diri sendiri, timnya dan organisasinya“.

Baca Juga : Istilah Penerbangan yang Bisa Menambah Pengetahuan!