Meningkatkan Pengetahuan Taruna Taruni Melalui PKL

Para Peserta Didik D3 MT Melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten.

PKL dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dan diharapkan akan menerapkan ilmu yang diperoleh, sekaligus dapat dipraktekkan oleh peserta PKL pada dunia kerja. PKL dapat dilakukan oleh siswa, mahasiswa dan tenaga kerja baru.

PKL diimplementasi secara sistematis dengan cara mensinkronisasikan antara program pendidikan di universitas dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja. Untuk mencapai tingkat keahlian tertentu itulah, dilaksanakannya PKL yang dalam bahasa kemahasiswaannya biasa disebut magang. (Dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Pelatihan_kerja_lapangan)

Pembekalan PKL Periode Reguler di Ruang Kuliah Umum

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan keterampilan, Program Studi (Prodi) D3 Manajemen Transportasi (MT) mengadakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Para hari Kamis, 22 Desember 2022, Prodi berkolaborasi dengan Unit PKL telah memberikan pembekalan bagi peserta didik dan akan dilaksanakan pada periode reguler yang dimulai pada bulan Februari hingga bulan April 2023. Pembekalan diisi dengan materi kedirgantaraan dan teknis pelaksanaan PKL yang disampaikan oleh Ahcmad Muzakir, S.Tr.Tra selaku perwakilan dari Unit PKL dan Anita Nur Masyi’ah, S.Pd., M.Pd. selaku perwakilan Prodi D3 MT. Pembekalan ini diikuti oleh 112 taruna taruni angkatan 2020 bertempat di ruang kuliah umum kampus.

Taruna D3 MT melakukan Praktik Pengawasan Pengisian Bahan Bakar di Unit AMC

Pada kesempatan tersebut, Bp. Muzakir menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta didik mendapatkan pengalaman dan wawasan berkarir sesuai bidang ilmu mereka, hal ini juga bermanfaat melatih beradaptasi dengan lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bekerja. Mengingat pentingnya kegiatan ini dan berkaitan dengan banyak pihak perusahaan rekanan STTKD, mereka diingatkan untuk selalu menjaga sikap dan perilaku. Anita mengutarakan bahwa PKL bukan hanya sarana bagi taruna taruni untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka dapat di bangku perkuliahan ke dalam lingkungan kerja, tapi juga bermanfaat bagi mereka untuk belajar bagaimana cara bersikap dan bekerjasama dengan rekan kerja.

Taruna D3 MT bersama Staf PT Angkasa Pura Logistic Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak

Sebelumnya Prodi D3 MT telah memberangkatkan 96 orang taruna taruni untuk melaksanakan PKL periode natal dan tahun baru (Nataru). Kegiatan dimulai pada awal Desember 2022 dan akan berakhir pada akhir Januari 2023. PKL merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan prodi D3 MT menjadi 2 periode yakni Nataru dan Reguler. PKL dilaksanakan di hampir seluruh Perusahaan Pengelola Bandara di Indonesia. Durasi setiap periode berkisar antara satu hingga dua bulan menyesuaikan permintaan dari perusahaan rekanan. Dalam lain kesempatan, perusahaan yang berketempatan PKL merekrut peserta PKL untuk melanjutkan bekerja di perusahaan mereka setelah menyelesaikan studi tentunya. Hal ini tentu menjadi manfaat positif kegiatan PKL di STTKD yang tidak hanya memperkenalkan peserta didik kepada dunia kerja namun sekaligus menjadi ajang pemantauan dan rekrutmen perusahaan terhadap calon pegawainya.

Diharapkan nanti bagi para senior dapat memberikan panutan kepada para yunior untuk mengikuti jejak karirnya. (ys)

Sumber : Program Studi D3 Manajemen Transportasi.