Penarikan PPL UIN SUKA Tahun 2022

Penarikan PPL UIN SUKA Tahun 2022 di Perpustakaan STTKD

Pustakawan bertugas membantu orang menemukan buku, majalah, dan informasi lain. Pada tahun 2000-an, pustakawan juga mulai membantu orang menemukan informasi menggunakan komputer, basis data elektronik, dan peralatan pencarian di internet.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan: pustakawan ialah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan

Jabatan Fungsional Pustakawan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melaksanakan kegiatan kepustakawanan. (Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Pustakawan)

Di lingkungan STTKD ada Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Adab dan Budaya Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga tahun 2022 yang berlangsung selama dua bulan dimulai dari bulan Oktober  hingga Desember 2022 dinyatakan telah usai.

Hari Senin, 19 Desember 2022 telah dilakukan penarikan oleh Dosen pembimbing M. Bagus Febriyanto, M.Hum. di perpustakaan STTKD Yogyakarta dan diterima oleh Kepala Perpustakaan STTKD Didik Subagia, SIP., M.A.

Berfoto sejenak dengan salam khas Librarian

Mahasiswa peserta PPL yang berada di Perpustakaan STTKD Yogyakarta berjumlah 2 orang tersebut akan kembali ke kampus untuk mengikuti kegiatan akademis sebagaimana biasa. Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) merupakan satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk semua program studi di Fakultas Adab dan Budaya.

Selama kegiatan PPL tersebut dilaksanakan mereka ditempatkan sesuai dengan bidang/jurusan masing-masing yaitu di Perpustakaan STTKD. Diharapkan dengan adanya kegiatan PPL tersebut mahasiswa dapat menambah pengalaman dan wawasan dibidang pendidikan yang nantinya menjadi bekal ketika mahasiswa sudah menyelesaikan studinya dan menerapkannya di masyarakat dan dunia kerja. (ys)

Sumber : Perpustakaan STTKD