Praktik S1 Teknik Dirgantara di Bandar Udara Adisucipto

Praktik Kerja Lapangan ala Kampus Dirgantara, Cek Keseruannya!

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bentuk pendidikan dengan bekerja secara langsung di DUDI (Dunia Usaha dan Industri).  Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, sistematik dan terarah dengan supervisi dari Unit PKL STTKD. PKL dilaksanakan untuk memberikan pengalaman nyata tentang bidang Kedirgantaraan bagi Taruna/taruni STTKD. PKL juga merupakan upaya Perguruan Tinggi dalam mengurangi kesenjangan antara output lulusan dengan kebutuhan tenaga kerja. Hal ini mengingat Taruna/i dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan. Penasaran seperti apa kegiatan PKL ala Kampus Dirgantara, yuk simak keseruanya.

Praktik Kerja Lapangan Ala Kampus Dirgantara

Pertama, kita bahas terlebih dahulu Unit yang melaksanakan Kegiatan PKL, yaitu Unit PKL STTKD. Tugas pokok dari unit ini adalah mendistribusikan Taruna/i ke perusahaan atau ke instansi sesuai dengan jurusan dari masing-masing Program Studi. Di STTKD sendiri sebagai Kampus Kedirgantaraan memiliki delapan Program studi seperti Groundhandling, Pramugari, Manajemen transportasi, Manajemen Transportasi Udara, Aeronautika, Teknik Dirgantara, Teknik Rekayasa Mesin, dan Teknik Elektro.

Praktik Kerja Lapangan STTKD

Praktik Kerja Lapangan STTKD

Perusahaan yang bermitra untuk penyaluran PKL disesuaikan dengan kebutuhan Taruna/i. Untuk Program Studi Manajemen, Groundhandling, dan Pramugari akan diarahkan untuk PKL di perusahaan  Pengelola Bandar Udara dan Maskapai, misalnya Gapura Angkasa, Angkasa Pura I dan II, Perusahaan maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, Lion Air. Sedangkan untuk Taruna Program Studi Teknik akan diarahkan ke Perusahaan yang bergerak dibidang tersebut. “Untuk Program Studi Transportasi kami arahkan juga ke beberapa perusahaan di bidang Ground Handling, dan ada juga contohnya di Angkasa Pura 1 Bandar Udara Adi Soemarmo, Solo. Mereka akan didistribusikan ke beberapa unit yang dibutuhkan”, demikian ujar dari kepala Unit PKL STTKD, Bapak Edwin Taufik.

 

Praktik Kerja Lapangan STTKD

Praktik Kerja Lapangan STTKD

 

Beliau melanjutkan “Adapun Progran Studi D1 Pramugara/i ini karena belum bisa praktek di cabin pesawat untuk terbang, kami arahkan PKL di bagian Ground Handling. Karena mereka juga bisa lebih mengenal mengenai tugas-tugas di Ground Support atau di Apron (tempat parkir pesawat). Walaupun memang tugasnya prodi D1 Pramugara/i ini di cabin pesawat, tetapi mereka juga harus mengerti pekerjaan lain yang ada di Ground”.

Monitoring Kampus Dirgantara

Berkaitan dengan tugas Pokok di atas, unit PKL juga bertanggungjawab dalam mempersiapkan berkas administrasi PKL, membagi kelompok PKL untuk peak season, dan monitoring kegiatan PKL. Tahapan pertama dalam penyaluran Taruna/i untuk PKL adalah mempersiapkan berkas administrasi sesuai persyaratan DUDI yang dituju. Ketika berkas sudah siap maka selanjutnya yaitu pembagian kelompok PKL untuk Peak season, adapun Peak season yang dimaksud yaitu seperti NATARU (Natal dan Tahun Baru) dan juga bagi Program Studi D1 Pramugara/i serta D1 ground Handling itu di bulan yang sama antara Juni-Agustus. Yang terakhir setelah pembagian kelompok yaitu Monitoring kegiatan PKL dilakukan dengan sidak atau mendatangi langsung lokasi PKL Taruna/i, sampai mereka kembali lagi di Kampus STTKD.

Tantangan, Harapan dan Dukungan Menuju Kampus Penerbangan Terbaik

Tantangan yang saat ini dihadapi Unit PKL adalah semakin terbatasnya Kuota untuk PKL di Dunia Usaha dan Industri. Maka dari itu, unit PKL berharap adanya strategi-strategi agar tetap bisa mendapatkan tempat untuk Taruna/i STTKD ditengah ketatnya kompetisi. Dalam hal ini, salah-satu strategi adalah dengan memperluas jaringan ke luar pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Hal ini tak lepas dari upaya untuk mendukung cita-cita STTKD menjadi kampus Penerbangan Terbaik. Selain memperluas jaringan, Unit PKL juga memberikan pembekalan kepada Taruna/i sebelum berangkat melaksanakan PKL.