Kunjungan ITL Trisakti ke STTKD Yogyakarta

Kunjungan ITL Trisakti ke STTKD Jajaki Kerjasama

Bantul (31/07) – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kolaborasi akademik di bidang transportasi dan logistik, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti) melakukan serangkaian kunjungan, salah satunya di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta. Dalam kunjungan kali ini, ITL Trisakti melakukan penjajakan Kerjasama. Penjajakan tersebut mencakup studi lanjut bagi mahasiswa dan dosen, publikasi ilmiah dan lisensi keamanan penerbangan.

Studi Lanjut S2 Taruna/i D4 STTKD di ITL Trisakti

Hal ini merupakan rencana untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi Taruna/i D4 Manajemen Transportasi Udara STTKD.  Dengan adanya kerjasama ini nantinya dapat mengembangkan potensi akademik mereka. Kedua institusi sepakat untuk menjajaki studi lanjut bagi taruna/i yang telah menyelesaikan program D4 MTU di STTKD untuk melanjutkan studi S2 di program yang relevan di ITL Trisakti. Langkah ini akan membuka peluang bagi taruna/i STTKD untuk mendapatkan gelar S2 dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan di bidang transportasi dan logistik.

Kunjungan ITL Trisakti ke STTKD Yogyakarta

Studi Lanjut S3 bagi Dosen STTKD di ITL Trisakti

Kolaborasi ini juga akan memberikan kesempatan bagi dosen-dosen dari STTKD untuk melanjutkan studi S3 di ITL Trisakti. Dengan mendapatkan gelar S3, para dosen akan meningkatkan kualifikasi akademik mereka dan dapat berkontribusi lebih efektif dalam penelitian dan pengembangan institusi. Hal ini tentunya tidak lepas dari pentingnya menempuh jenjang S3 bagi seorang Dosen. Studi lanjut di tingkat doktor memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang bidang studi dosen. Pengetahuan yang lebih mendalam ini dapat diimplementasikan dalam pengajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan bermakna bagi mahasiswa. Dosen S3 cenderung memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang perkembangan terbaru dalam bidangnya. Selain itu, kualitas penelitian yang dihasilkan pun akan lebih baik.

Kerjasama Publikasi

STTKD dan ITL Trisakti berencana untuk melakukan kerjasama dalam publikasi ilmiah. Hal ini akan mencakup pertukaran penelitian dan publikasi antara kedua institusi, dengan tujuan untuk memperluas wawasan akademik dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang transportasi dan logistik. Sebagaimana diketahui bersama, ITL Trisakti sudah memiliki banyak publikasi di jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional. Dengan adanya kerjasama ini, dapat memotivasi para dosen, menjadi contoh dari best practice yang bisa di terapkan untuk meningkatkan kualitas penelitian di STTKD.

Kunjungan ITL Trisakti ke STTKD Yogyakarta

Kunjungan ITL Trisakti ke STTKD Yogyakarta

Kerjasama Lisensi Aviation Security dan AMTO

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, dosen-dosen dari ITL Trisakti akan memiliki kesempatan untuk mengambil lisensi di bidang Aviation Security dan AMTO di STTKD. Lisensi-lisensi ini akan memberikan pengetahuan khusus dan keterampilan di bidang keamanan penerbangan dan pemeliharaan pesawat terbang. Saat ini STTKD memiliki Empat Program Lisensi diantaranya AMTO, Aviation Security, Initial Flight Attendant, dan Bahasa Inggris (British Council).

Untuk AMTO sendiri, STTKD Training Center  memiliki Approval untuk menjalankan AMTO (Aircraft Maintenance Training Organization) dari DKUPPU dengan Nomor Approval 147D-17. Sehingga para dosen ITL trisakti yang tertarik untuk mendapatkan lisensi dapat memperoleh Basic License A1 (Fixed Wing Airframe ) dan License A4 (Gas Turbine Engine).

Kedua institusi saat ini tengah menggodok rancangan kesepakatan kerjasama ini dan diharapkan segera mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak. Kerjasama ini akan menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan pendidikan tinggi di bidang transportasi dan logistik di Indonesia.