Jurusan Teknik Mesin Pesawat untuk yang Hobi Bongkar Mesin!

Apa itu teknik mesin pesawat? Aircraft Machining atau teknik mesin pesawat adalah sebuah bidang studi yang mempelajari seputar manufaktur engine dari pesawat terbang

Bayangkan saja, profesi bengke paling umum adalah bongkar motor dan mobil sedangkan jurusan teknik mesin pesawat ini akan membuatmu bisa membongkar pesawat!

Ya, pastinya membongkiar pesawat tidak bisa dilakukan sendiri, minimal dilakukan secara kerja tim. Ada yang bagian pengecekan, menyediakan alat-alat yang dibutuhkan oleh mekanik utama.

Terlepas dari hal di atas, bagian yang paling menarik dari jurusan teknik mesin pesawat adalah soal pengoperasian mesinnya yang benar-benar kompleks dan membutuhkan ketelitian tinggi.

Kira-kira apa saja mesin yang akan dioperasikan saat mengikuti mata kuliah ini?

Jenis Mesin yang Digunakan Saat Kuliah Jurusan Teknik Mesin Pesawat

Namanya juga teknik mesin sudah pasti kalian akan bertemu dengan berbagai jenis mesin berukuran kecil hingga besar.

Bagi sebagian orang hal semacam ini merupakan persoalan yang rumit, namun jika ini memang sesuai dengan minat kalian pasti akan menikmati setiap proses belajarnya.

Beberapa universitas teknik mesin pesawat mungkin menggunakan alat berbeda untuk proses praktik dan pembelajaran. Berikut ini beberapa diantara mesin yang perlu kalian pelajari sistem kerja dan penggunaannya.

1. CNC (Computer Numerical Control)

CNC adalah mesin yang banyak digunakan dalam industri manufaktur pabrik. Hal ini juga berlaku untuk proses produksi komponen pesawat udara.

Di awal-awal semester biasanya pengenalan fungsi dari mesinnya terlebih dahulu secara bertahap jika sudah dibekali dengan teori yang memadai maka kalian nantinya perlu mengoperasikan mesin ini.

Perlu diingat bahwa mesin ini menerapkan prinsip kerja program komputer, jadi sebelum mengoperasikannya kalian perlu membuat gambar atau desain dari sebuah komponen yang akan dibuat. Nantinya gambar tersebut akan diubah menjadi program supaya dapat diproses oleh mesin CNC.

2. Mesin Bubut (Lathe Machine)

Kedua ada mesin bubut yang bisa dibilang cukup banyak digunakan juga dalam industri manufaktur. Fungsi utama dari alat ini adalah memotong bahan-bahan seperti logam atau sejenisnya supaya sesuai dengan kebutuhan.

mesin bubut untuk teknik mesin pesawat

 

Dalam pengoperasiannya, mesin bubut menerapkan lima prinsip dasar sebagai berikut:

  • Roughing, adalah proses pemotongan bahan dasar dengan menggunakan pahat bubut. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan material yang berlebih pada benda kerja agar permukaannya menjadi kasar untuk selanjutnya dilakukan proses cutting
  • Cutting, merupakan pemotongan tingkat lanjut supaya produk yang dibuat mempunyai ukuran yang akurat sesuai dengan rancangan awal. Sebagai operator kamu perlu mengatur kecepatan dari mesin bubut sesuai dengan yang direkomendasikan
  • Grooving, merupakan tahap pembentukan sebuah alur atau lekukan pada benda kerja
  • Threading, adalah proses pemotongan bahan supaya permukaannya bisa mempunyai ulir yang diinginkan. Proses ini dilakukan dengan menyesuaikan mata pisau-nya
  • Chamfering/Tapering, adalah tahap finishing untuk memastikan bahan yang dibuat tidak tajam. Dengan demikian komponen yang dibuat bisa berfungsi dan dapat dipasang dengan aman.

Beberapa tahap di atas hanyalah ringkasannya saja, yang pasti praktik langsung jauh lebih seru dan teori pengoperasiannya bisa kamu pelajari dengan detail setelah masuk ke jurusan teknik mesin pesawat.

Sebenarnya masih banyak mesin-mesin lainnya yang belum disebutkan seperti mesin sekrap, mesin drill dan mill, mesin gerinda, las listrik, roll, bending, dan lain-lain.

Pada intinya diharapkan setelah kalian menguasai pengoperasian dari mesin tersebut bisa bekerja di industri manufaktur pabrik atau bahkan perusahaan penerbangan seperti PT DI (Dirgantara Indonesia) di bagian pemesinannya.

Baca juga: Biaya Sekolah Penerbangan dan Syarat Pendaftarannya

Universitas Teknik Mesin Pesawat Terbang Berkualitas untuk Kamu

Tertarik untuk mempelajari lebih jauh seputar pemesinan pesawat terbang? Kamu bisa salah satu jurusan di STTKD, ada tiga jurusan teknik mesin pesawat yang mempunyai konsentrasi berbeda.

 

  1. S1 Teknik Dirgantara, lebih fokus diarahkan menjadi seorang konseptor, pengembangan UAV, dan sebagainya
  2. S1 Rekayasa Mesin, mendalami pemesinan dalam kedirgantaraan dan juga manufaktur industri secara umum
  3. D3 Aeronautika, secara spesifik mempersiapkan kalian untuk menguasai bidang airframe, powerplant, electrical, dan avionic sistem pesawat terbang

Kamu bisa memilih jurusan apapun sesuai dengan minat dan juga keinginan. Sebenarnya jurusan apa saja pasti bisa sukses yang terpenting adalah kalian mempunyai keniatan dan keseriusan yang tinggi untuk mendalami materi-materi yang nantinya akan diajarkan.

Untuk memastikan kualitas belajarmu berlangsung dengan lancar, kami menyediakan fasilitas yang lengkap. Sudah ada pesawat cessna, helikopter, hingga pesawat tipe boeing 737-200 yang siap dibongkar untuk sebagai media praktik.

Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan tenaga pengajar yang kompeten mereka mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing, tidak perlu ragu untuk bertanya jika masih ada teknis materi atau persoalan yang belum jelas.

Sudah siap untuk melangkahkan kaki menunju masa depan yang lebih cerah? Lakukan pendaftaran di sekolah penerbangan terbaik hari ini atau tanya-tanya dulu dengan admin melalui informasi kontak yang sudah disediakan. Sampai bertemu di upacara penerimaan taruna-taruni baru STTKD 2023/2024!