produsen pesawat di dunia

Ini 5 Produsen Pesawat Terbesar Dunia

Sebagai salah satu alat transportasi yang mahal, pesawat udara diproduksi dengan teknologi yang begitu canggih dan perancangan yang kompleks. Namun, pernahkah kalian merasa penasaran ingin mengetahui siapa produsen pesawat yang menguasai pasar di sektor ini?
Ya, industri penerbangan jika kita tentukan dari skala global pasti ketemu perusahaan yang menguasai atau setidaknya mempunyai nilai pendapatan yang lebih banyak dibandingkan produsen yang lain.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi mengenai beberapa perusahaan yang menduduki posisi tertinggi di bidang manufaktur penerbangan dalam lingkup internasional.

Mengenal 5 Produsen Pesawat Terbang Terbesar Dunia, Siapa Rajanya?

produsen pesawat

Sumber: databoks.katadata.co.id – Data Agustus 2023

1. Boeing –Amerika (US)

Boeing, nama pesawat yang semestinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Perusahaan yang didirikan di Seattle Washington pada tahun 1916. Boeing berhasil menjadi raja produsen pesawat di dunia,perusahaan ini memproduksi  pesawat komersial, pesawat rotor, roket, hingga satelit.

Menurut data di atas Boeing mampu meraup US$138,77 miliar sesuai dengan periode waktu yang tertera. Perusahaan ini secara konsisten mampu mempertahankan kualitas dan memberikan harga pesawat yang kompetitif, sehingga mampu bersaing dengan kompetitornya.

Sejumlah tipe pesawat dengan populer yang berhasil diproduksi oleh Boeing antara lain seperti Boeing 737-800, Boeing 737-700, 737-200 dan lain sebagainya.

Di Indonesia Boeing juga sering menjadi andalan pesawat komersial domestik dan internasional, sebut saja maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, dan sebagainya mengandalkan perusahaan ini untuk penyediaan pesawat udara.

2. Airbus – Eropa

Kedua, disusul Airbus produsen pesawat yang bermarkas di wilayah Eropa dibangun di Prancis teregister di Belanda. Menurut berbagai sumber Airbus didirikan pada tahun 2001, secara teknis memang lebih muda dibandingkan Airbus . Meskipun demikian perusahaan ini dikenal mampu memproduksi pesawat berukuran raksasa dengan kapasitas yang begitu besar.

Perusahan ini tetap mempunyai keunikan dan standar produksi sendiri yang tidak kalah canggih dan hebat dibandingkan Boeing. Beberapa pesawat luar biasa yang berhasil mereka ciptakan antara lain seperti Airbus A380, A320, A350, dan sebagainya. Jika kita lihat pada data di atas, Airbus berhasil mendapatkan pendapatan sekitar US$114,32 miliar.

3. Lockheed Martin – Amerika (US)

Industri produsen pesawat tidak sepenuhnya dikuasai oleh dua corporate di atas, melainkan ada juga perusahaan lainnya seperti Lockheed Martin. Perusahaan ini berlokasi di North Bethesda, Maryland, Washington. Lockheed Martin adalah produsen pesawat yang dibentuk pada tahun 1995.

Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis pesawat seperti F-16 Fighting Falcon Multirole Fighter, C-130 Hercules, P-3 Orion. Cenderung lebih terkenal di sektor industri pabrikasi pesawat militer dengan teknologi khusus. Menurut data di atas Lockheed Martin memperoleh pendapatan hingga US$114,06 miliar, menempati posisi ketiga.

4. Hindustan Aeronautics – India

Berikutnya ada Hindustan Aeronautics produsen pesawat asal India yang menempati posisi ke empat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1940, menjadi salah satu industri pesawat terbesar di Asia.

Perusahaan ini dapat meraih pendapatan US$16,22 miliar, kapasitas produksinya cukup mengesankan mampu memproduksi pesawat fighter, trainer, hingga komersial passenger.

Beberapa tipe pesawat yang dibuat oleh Hindustan Aeronautics antara lain seperti: HAL Tejas, HAL HF-24 Marut, HT-2, HJT-16 Kiran, dan sebagainya. Pencapaian yang cukup menarik, tidak banyak perusahaan penerbangan di Asia yang mampu bersaing di dunia industri manufaktur dan produksi pesawat.

5. Dassault Aeronautics

Terakhir dari daftar ini, ada Dassault Aeronautics yang berasal dari Prancis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1929 yang sepertinya tidak begitu banyak dikenal oleh masyarakat umum. Hal ini terbilang cukup wajar, produsen pesawat ini memfokuskan pada dua sektor utama yaitu militer dan corporate jet.

Beberapa model pesawat yang diproduksi oleh Dassault Aeronautics seperti Falcon Guardian, Mirage III NG, Mirage F1, dan sebagainya. Perusahaan ini memperoleh setidaknya US$15,64 miliar sesuai pada data yang tercantum di atas.

Melihat data di atas, sepertinya industri produksi pesawat masih didominasi oleh negara-negara Amerika dan Eropa. Alasan utamanya karena kemajuan teknologi dan kondisi dari negara tersebut.

Penutup

Negara Eropa dan Amerika dikenal sebagai negara adidaya dengan perkembangan ekonomi yang begitu pesat. Mereka mengalokasikan budget yang sangat besar untuk meningkatkan sektor penerbangan dengan nilai lebih tinggi dibandingkan negara berkembang.

Namun bukan berarti negara lainnya, termasuk Indonesia tercinta tidak ada pergerakan sama sekali. Ada beberapa pesawat dan helikopter produksi asli Indonesia misalnya seperti CN295, CN235, N219 Nurtanio, hingga yang  cukup populer dan ikonik N-250 Gatotkaca rancangan BJ Habibie.

Demikian penjelasan mengenai produsen pesawat di dunia, semoga kedepannya industri kedirgantaraan Indonesia menjadi semakin maju dan bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

Tentunya ini juga akan meningkatkan peluang untuk membuka lapangan pekerjaan di bidang penerbangan seperti mekanik pesawat, teknisi kelistrikan pesawat, ahli aeronautika, dan lain-lain.