Tukang Parkir Pesawat

Ingin Menjadi Tukang Parkir Pesawat? Perhatikan Hal Ini

Media sosial sempat ramai karena satu profesi unik yang ada di bandar udara. Sesuai dengan tebakan kalian, marshaller atau tukang parkir pesawat tampaknya menjadi salah satu profesi yang banyak menyita perhatian masyarakat umum.

Pekerjaannya terlihat mudah, gajinya juga fantastis. Tidak sedikit yang berangan-angan ingin memilih profesi ini sebagai salah satu pekerjaan idaman.

Lantas apakah benar pekerjaan mereka tergolong mudah dan gajinya besar? Mari kita sama-sama cek sebenarnya seperti apa profesi ini, tugas dan tanggung jawab, dan hal lainnya yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan berkarir di profesi ini.

Apa Itu Marshaller Tukang Parkir Pesawat?

Marshaller adalah pekerjaan mengarahkan pilot untuk mengeluarkan pesawat dari apron maupun memarkirkan pesawat setelah landing.

Profesi ini merupakan bagian dari profesi ground handling atau manajemen pesawat ketika berada di darat.

Selama menjalankan tugasnya marshaller memberikan sinyal menggunakan marshalling bat. Kemampuan komunikasi dari bahasa tubuh dan visual sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang tukang parkir pesawat yang andal.

Singkat cerita, profesi ini sama sekali tidak mudah. Dibutuhkan latihan bertahun-tahun supaya dapat menjalankan pekerjaan ini dengan baik. Kesalahan arahan dari marshaller bisa berakibat pada salah posisi parkir hingga kerusakan bagian luar pesawat karena kecelakaan.

tukang parkir pesawat marshaller

Tugas dan Tanggung Jawab Marshaller

Marshaller mempunyai tugas dan tanggung jawab yang tidak begitu banyak, namun membutuhkan konsentrasi tinggi dan ketelitian. Beberapa tugas mereka antara lain sebagai berikut:

  • Memastikan pesawat bisa dikeluarkan dengan baik dari apron sebelum lepas landas
  • Mengecek kondisi sekitar memastikan tidak ada hambatan saat memarkirkan pesawat
  • Berkomunikasi dengan pilot dan pihak bandara
  • Memberikan aba-aba atau sinyal dengan jelas dan bisa dipahami oleh pilot, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman
  • Berkonsentrasi dan tidak mudah terdistraksi selama menjalankan tugasnya

Ya, ini benar-benar membuktikan bahwa profesi tukang parkir pesawat sama sekali tidak gampang. Coba saja sobat bayangkan, dalam 1 hari ada berapa pesawat yang lepas landas dan landing?

Seorang marshaller dituntut untuk tidak mudah panik, mempunyai konsentrasi tinggi, dan teliti. Kesalahan kecil saja bisa berdampak besar, sehingga mereka harus berhati-hati untuk memastikan tidak terjadi kecelakaan di lingkungan bandara.

Sebagai catatan, pilot sangat membutuhkan seorang marshaller bahkan mereka yang sudah profesional sekalipun akan kesulitan untuk melihat kondisi sekitar bandara.

Apa Saja Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat?

Setelah mengetahui risiko dan tanggung jawab yang ditanggung apakah kalian tetap ingin menjadi marshaller? Jika iya, maka persiapkan kondisi mental dan fisik

Karena faktanya tidak semua orang bisa menjadi marshaller, silahkan simak persyaratan berikut:

  • Usia minimal 18 tahun saat mendaftar pendidikan penerbangan
  • Minimal lulusan SMA sederajat
  • Untuk pria minimal tinggi badan 165 cm
  • Untuk perempuan minimal tinggi badan 160 cm
  • Tidak buta warna
  • Jika mata minus boleh menjadi marshaller asalkan masih dalam batas wajar

Catatan: Persyaratan menjadi tukang parkir pesawat bisa berbeda-beda tergantung dari pihak maskapai rekrutmen bandar udara

Oh iya, sobat juga perlu tahu bahwa pendidikan marshaller ini tidak bisa dipelajari secara otodidak, harus mengikuti training atau menempuh pendidikan di sekolah penerbangan terlebih dahulu sesuai jenjang pendidikan yang relevan.

Cara Menjadi Marshaller

Untuk menjadi seorang marshaller atau tukang parkir pesawat setidaknya kalian perlu menempuh pendidikan selama 1 tahun. Adapun tahapan-tahapan yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Pertama, fokus pada konsentrasi pendidikan yakinkan bahwa profesi yang kalian pilih memang sesuai dengan minat dan keterampilan (jangan karena terpaksa)
  • Lalu, pilih sekolah penerbangan yang menyediakan jurusan ground handling atau marshaller
  • Kemudian, lakukan registrasi dengan melengkapi persyaratan dan menyiapkan biaya pendidikan
  • Setelah itu, pelajari semua materi yang berkaitan dengan marshaller termasuk penggunaan bahasa tubuh, penggunaan marshalling bat, dan lain-lain
  • Selebihnya tinggal ikuti program lisensi untuk mendaftar di maskapai bandar udara yang ada di Indonesia

Tentunya tahapan ini kami buat lebih sederhana, pada kenyataannya kalian juga harus siap dengan tantangan termasuk pemahaman materi baru dan pembekalan materi lainnya terkait bidang ini.

Gaji Tukang Parkir Pesawat Segini Estimasinya

Gaji tukang parkir pesawat di Indonesia diperkirakan berada di angka Rp 4 juta sampai dengan Rp 7 juta per bulannya. Jika dihitung pertahun maka lebih kurang sekitar Rp 48 juta hingga Rp 84 juta.

Bagaimana tertarik untuk menjadi tukang parkir pesawat? Pastikan kalian memilih sekolah yang tepat untuk mempelajari hal ini. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan menyediakan jurusan Ground Handling.

Ada prospek untuk menjadi staff penerbangan hingga marshaller. Pastikan untuk tetap update berita dan info terbaru seputar penerbangan di laman STTKD. Selain itu, jika ingin melakukan pendaftaran bisa langsung menghubungi admin melalui kontak yang tersedia.