Taruna D3 Manajemen Transportasi STTKD kunjungi bandara YIA

Taruna Prodi Manajemen Transportasi Kunjungi Bandara YIA

D3 Manajemen Transportasi merupakan salah satu program studi di STTKD. Program studi ini memiliki beberapa konsentrasi, diantaranya adalah konsentrasi Airport Operation, Airline Operation, Logistic Operation, dan Pramugara-Pramugari. Taruna manajemen Transportasi harus memiliki keterampilan dalam industri jasa penerbangan, antara lain pengelola bandar udara, perusaan penerbangan, perusahaan jasa ground handling, biro jasa perjalanan, perusahaan cargo, serta menjadi seorang pramugari/pramugara.

Taruna D3 Manajemen Transportasi STTKD kunjungi bandara YIA

Sebagai bagian dari kurikulum D3 Manajemen Transportasi yang berorientasi pada pengalaman secara langsung, maka baru-baru ini prodi D3 Manajemen Transportasi mengadakan kunjungan langsung ke Yogyakarta International Airport (YIA). Kunjungan ini menjadi momen yang sangat penting bagi Taruna/i dalam mendalami ilmu kebadarudaraan ataupun tentang industri transportasi udara.

Pada saat kunjungan di YIA, Taruna/i penuh semangat dalam mendalami ilmu kebandarudaraan, dari berbagai aspek yang terlibat dalam manajemen bandar udara modern. Taruna/i diperkenalkan pada sejumlah elemen penting yang menggerakkan operasi sehari-hari bandara internasional tersebut. Taruna/i diajak berkeliling bandara sehingga mendapatkan pemahaman mendalam mengenai Screening Check Point (SCP) 1 dan 2 yang dicek oleh AVSEC. Dimana Taruna/i dapat menyaksikan tugas AVSEC dalam pengecekan barang bawaan penumpang. Taruna/i juga mendapatkan pengalaman secara langsung cara kerja AVSEC serta penggunaan alat-alat pendukung yang digunakan, seperti mesin X-Ray, WTMD (Walk-Through Metal Detector) serta HHMD (Hand-Held Metal Detector), Explosive Detector, dan lain sebagainya. Selain itu Taruna/i juga diperkenalkan bagian check in counter, dimana Taruna/i dapat melihat secara langsung tugas dari check-in counter serta melihat alat-alat penunjang pada check in. Taruna/i juga melihat secara langsung tempat pengambilan bagasi serta tugas dari lost and found jika bagasi penumpang mengalami kerusakan atau hilang.

Taruna D3 Manajemen Transportasi STTKD kunjungi bandara YIA

Kunjungan ini tidak hanya sekedar kunjungan lapangan, tetapi juga sebuah momen pembelajaran yang tak ternilai. Pengalaman langsung memberikan nilai wawasan yang sangat mendukung dari pembelajaran di kelas maupun modul yang diberikan oleh dosen. Dengan melihat secara langsung dan merasakan sendiri operasi di lapangan, Taruna/i mendapatkan gambaran secara langsung dan lengkap mengenai ilmu kebandarudaraan maupun ilmu transportasi udara. Melalui pengalaman seperti ini, Taruna/i dapat mengaitkan teori dan praktik yang sesungguhnya, serta memberikan bekal dan landasan yang kokoh saat mereka memasuki dunia profesional nantinya.