STTKD Join Partner dengan Politeknik Sahid Jakarta Gelar IHTREC

Keynote Speaker IHTREC, Prof. Dr-Phil. Janianton Damanik, M.Si., (Universitas Gadjah Mada)

Pariwisata merupakan sektor penting yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Potensi sektor pariwisata di Indonesia sangat besar dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan bahwa peningkatan sektor pariwisata mulai dirasakan sejak Januari 2022 dengan adanya pertumbuhan perjalanan wisata global ke Indonesia sebesar 152% dibanding Januari 2021. Akselerasi pemulihan sektor pariwisata dilakukan melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Tahun 2022-2023 adalah tahun recovery pariwisata Indonesia dan tahun 2024 ditargetkan menjadi awal tahun pertumbuhan.

The 1st International Hospitality Travel and Event Conference (IHTREC)

Momentum kebangkitan pariwisata Indonesia mendorong STTKD Yogyakarta untuk berkolaborasi dengan Politeknik Sahid Jakarta menyelenggarakan “The 1st International Hospitality Travel and Event Conference (IHTREC)” dengan tema Reinventing Hospitality, Travel, and Event for a Future Direction. Konferensi internasional ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 1-2 Maret 2023 dan dilaksanakan secara virtual melalui Zoom meeting.

Acara ini mengundang para pembicara baik dari dalam maupun luar negeri, seperti Prof. Sam Kim, Ph. D. dari Hongkong Polytechnic University, Dr. Sergio Alvarez dari University of Central Florida, Temur Mirzaev dari Ministry of Tourism & Cultural Heritage Republic of Uzbekistan, Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt dari Universitas Udayana, Prof. Dr-Phil. Janianton Damanik, M.Si., dari Universitas Gadjah Mada, Stephen Hood, Research and Founding Director, STR Share Center, serta Prof. Michael Hitchcock, BA, Hons, DPhil., dari University of London.

Presenter dalam konferensi internasional berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Banyak materi menarik yang disajikan dalam konferensi ini, di antaranya terkait Tourism Village, Edu Tourism Development, the development of transportation system for tourism, Tourism Packages for MZ Generations, dan materi lain terkait pariwisata.

Dari STTKD sendiri, terdapat dua tim yang menjadi presenter, yaitu Dhiani Dyahjatmayanti, S.TP., M.B.A. dan Eny Sri Haryati, S.E., M.M. dengan materi presentasi yang berjudul “Factors Affecting Consumer Intention to Cancellation of Airline Tickets”, serta Nanik Riananditasari, S.S., M.A. dan Nur Makkie Perdana Kusuma, S.Kom. dengan judul “Instagram Determine Air Passenger Behavior in Choosing Tourist Destinations”. Selain itu, topik dalam konferensi ini juga sejalan dengan fokus konsentrasi di STTKD, yaitu Air Travel and Tourism.

Dunia aviasi sangat erat kaitannya dengan sektor pariwisata karena transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang keterjangkauan objek-objek wisata di Indonesia. Dengan memajukan sektor pariwisata, harapannya dapat menjadi peluang untuk mengembangkan potensi wisata lokal dan ekonomi kreatif Indonesia yang dampak lanjutannya adalah memperbesar peluang usaha dan lapangan kerja.