jurusan mechanical engineering

Mengenal Jurusan Mechanical Engineering Industri Modern

Apakah kalian pernah mendengar istilah jurusan mechanical engineering? Istilah ini sebenarnya mempunyai arti yang sama dengan teknik mesin/pemesinan. Untuk definisinya sendiri mechanical engineering adalah jurusan perguruan tinggi yang di dalamnya mempelajari mengenai sistem mesin, mulai dari desain, manufaktur operasional, hingga maintenance.

Seperti yang kita ketahui mesin telah menjadi hal terpenting di berbagai sektor, tidak hanya pabrik tetapi juga dari model transportasi canggih juga mempunyai mekanisme pemesinan tersendiri yang rumit dan kompleks.

Sebut saja pesawat, sampai detik ini hanya ada beberapa negara saja yang mempunyai manufaktur produksi mesin pesawat seperti Boeing (Amerika Serikat), Airbus (Eropa), Sukhoi (Rusia), Cessna (Amerika Serikat).

Di Indonesia juga sudah ada perusahaan manufaktur produksi seperti PT DI, namun belum bisa menguasai pasar global seperti pabrik internasional lainnya.

Ini membuktikan bahwa bidang keilmuan mechanical engineering di bidang rancangan transportasi besar masih dipegang oleh negara-negara maju. Hal tersebut juga sejalan dengan kapasitas dan keahlian dari para tenaga profesional di negara tersebut.

Indonesia membutuhkan lebih banyak ahli mechanical engineering di bidang kedirgantaraan untuk bersama-sama melakukan inovasi dan pengembangan yang lebih baik di bidang industri ini.

Jurusan Engineering Mekanik Itu Seperti Apa?

Jawabannya, bergantung pada konsentrasi jurusan yang dipilih. Setiap universitas mempunyai fokus materi yang berbeda. Ada yang lebih mengutamakan operasional mesin manufaktur.

Jadi, lulus dari situ di harapkan kalian bisa menjalankan produksi dengan mesin atau melakukan maintenance terhadap unit yang bermasalah. Rutinitas keseharian kalian adalah mempelajari teori serta mempraktikannya sesuai dengan bidang engineering.

mechanical engineering

Pengaruh sains dan teknologi sangat besar dalam jurusan mechanical engineering. Hal ini akan terus berubah seiring berjalannya waktu, sebisa mungkin kalian perlu mengikuti perkembangannya agar tidak tertinggal.

Pelajaran mendasar seperti matematika, fisika, dan kimia akan lebih sering ditemui pada jurusan ini. Namun, format pembelajarannya berbeda sudah lebih mengarah ke hal-hal yang berkaitan dengan teknik.

Kelebihan Jurusan Mechanical Engineering

Terlepas dari kesulitan materi jurusannya, mechanical engineering ini punya beberapa keunggulan tersendiri dari segi prospek kedepannya maupun ilmu yang diperoleh oleh siapapun yang mempelajarinya.

1. Banyak Dibutuhkan Oleh Industri

Perkembangan industri baik itu manufaktur maupun bidang lainnya terus meningkat pesat di Indonesia. Para perusahaan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja muda profesional dari jurusan mechanical engineering untuk keperluan maintenance sistem mesin, hingga urusan teknikal lainnya.

Namun, persaingan juga tentunya semakin ketat sebaiknya kamu juga perlu mempersiapkan diri melalui pendalaman skill sesuai dengan keahlian.

2. Prospek Kerja yang Bagus

Seorang lulusan mechanical engineering bisa mendaftar di perusahaan industri manufaktur, perusahaan aerospace seperti PT Dirgantara Indonesia, manufaktur otomotif kendaraan bermotor,  dan masih banyak lagi.

Teknik mesin menjadi jurusan yang sangat menjanjikan, kemungkinan menganggur setelah lulus lebih sedikit karena keahlian mereka banyak dibutuhkan.

Sebagai catatan, hal ini tetaplah kembali lagi ke masing-masing individu. Prospek kerja yang bagus tidak bisa diartikan sebagai kesuksesan instan. Pastikan passion kamu sesuai sebelum memilih jurusan ini.

3. Dapat Mengembangkan Keahlian Baru yang Beragam

Apa arti dari keahlian baru? Jurusan mechanical engineering akan membuatmu banyak belajar baru dan menjadikannya sebagai keahlian yang bermanfaat di lingkungan kerja.

Sebagai contoh, keahlian menggambar teknik dengan CAD (Computer Aided Design). Skill semacam ini sangat berguna untuk membuat konsep di berbagai bidang pemesinan seperti perancangan pesawat, perancangan komponen mesin industri, dan lain sebagainya.

Keahlian lainnya yang bisa kamu peroleh dengan memilih prodi mechanical engineering yaitu menganalisis serta memecahkan masalah dalam mekanisme pemesinan.

Masuk Mechanical Engineer di STTKD, Bisa Belajar Seputar Mesin Pesawat!

Nah, setelah memahami apa itu mechanical engineering kamu bisa mulai memilih kampus mana yang sekiranya layak untuk dipertimbangkan. Kalau boleh saran, di STTKD juga ada lho jurusan mechanical engineering/teknik mesin.

Konsentrasi bidang industrinya adalah kedirgantaraan alias teknik mesin pesawat menyangkut engineering pesawat tanpa awak, pesawat komersial, helikopter, dan pesawat pribadi.

Bagi kalian yang berminat menjadi mekanik pesawat atau engineer penerbangan, maka ini adalah jurusan yang sangat sesuai. Semua bidang keilmuan yang berkaitan dengan mechanical engineering penerbangan akan dipelajari di sini.

Mulai dari bagian inti mesin pesawat, analisis kerusakan, hingga perbaikannya. Perkuliahannya juga seru dan menyenangkan, ada banyak fasilitas yang bisa kalian gunakan mulai dari pesawat komersial Boeing 737-200, pesawat Cessna, hingga helikopter semuanya tersedia dan siap untuk dipelajari bagian mesin-mesinnya.

Dengan didampingi oleh dosen yang berpengalaman di bidangnya, tidak ada alasan lagi untuk takut mempelajari mechanical engineering. Kalian akan diarahkan dari awal sampai menjadi taruna/taruni yang kompeten di bidang ini.

Pendaftaran jurusan mechanical engineering masih dibuka oleh sekolah penerbangan, yuk hubungi admin melalui nomor yang tersedia di website STTKD, persiapkan diri untuk meraih gelar sarjana teknik mesin!