STTKD Gelar Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 telah dibuka!

PKM merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa untuk mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi. Lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill.

STTKD melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) memberi wadah bagi taruna STTKD untuk melatih kemampuan berpikir kreatif dan bertindak inovatif dengan mengadakan Sosialisasi PKM tahun 2023 bagi dosen dan taruna serta penyampaian Timeline PKM Tahun 2023.

Sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari pada hari Rabu-Kamis, 8-9 Februari 2023 melalui media daring dengan Zoom meeting.

Kegiatan Sosialisasi PKM Tahun 2023

Kegiatan Sosialisasi PKM Tahun 2023

Kegiatan Sosialisasi PKM Tahun 2023

Kegiatan Sosialisasi PKM Tahun 2023

Pada hari Rabu, 08 Februari 2023 dilaksanakan Sosialisasi PKM bagi dosen STTKD yang bertujuan agar dosen dapat menggerakkan taruna untuk berpartisipasi dalam penulisan proposal PKM.

Acara ini dibuka oleh Bapak Erwhin Irmawan, S.Si., M.Cs. selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik dan dilanjutkan pemaparan Sosialisasi oleh Ibu Dhiani Dyahjatmayanti, S.TP., M.B.A., CRMP. selaku Kepala P3M.

Kemudian pada hari Kamis, 09 Februari 2023 dilanjutkan agenda sosialisasi PKM bagi taruna STTKD. Acara ini dibuka oleh Bapak Marsma TNI (Purn) Suparno, S.T. selaku Wakil Ketua III Bidang Ketarunaan dan dilanjutkan pemaparan oleh Kepala P3M.

Kepala P3M STTKD, Ibu Dhiani, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa ada perbedaan antara PKM 2023 dengan PKM tahun lalu. Pada PKM 2023 ini, luaran wajibnya tidak hanya laporan akhir tetapi ditambah dengan publikasi populer atau promosi lewat social media.

Selain itu, pendanaan dari sumber BELMAWA naik menjadi 6-10 juta. Kuota proposal lolos seleksi per perguruan tinggi pun ada kenaikan 20% dibandingkan tahun lalu.

Bidang PKM di tahun 2023

Tahun 2023, bidang PKM terbagi menjadi 10 bidang, yaitu:

  1. PKM-Riset Eksakta (PKM-RE)
  2. PKM-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH)
  3. PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  4. PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM)
  5. PKM-Penerapan Iptek (PKM-PI)
  6. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
  7. PKM-Karya Inovatif (PKM-KI)
  8. PKM-Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK)
  9. PKM-Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT), dan
  10. PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Kegiatan PKM ini mendukung kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan dunia usaha. PKM menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memilih bidang ilmu yang mereka minati.

Dosen dan Taruna juga turut ikutserta

Keikutsertaan dosen dan taruna dalam PKM mendukung pencapaian 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, yaitu memenuhi 2, yaitu IKU 2 (mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus) dan IKU 3 (dosen berkegiatan di luar kampus).

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM akan mendapatkan rekognisi akademik berupa konversi SKS dan/atau pengakuan di SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) mengikuti Pedoman Umum PKM.

Time line PKM 2023

Time line PKM 2023

Tahun 2017 dan 2019, STTKD telah berhasil mendapatkan pendanaan PKM-Gagasan Tertulis dan PKM-Karsa Cipta bagi taruna program studi Diploma III Aeronautika dan program studi Sarjana Teknik Dirgantara. Harapannya tahun ini partisipasi taruna STTKD meningkat dan dapat lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

***

Oleh: P3M STTKD

Baca juga: Universitas Aeronautika Pilihan Tepat Untuk Belajar Tentang Pesawat!