universitas dirgantara

Rekomendasi Universitas Dirgantara Berkualitas Tahun Ini

Apakah kalian sedang mencari universitas dirgantara di Indonesia? Lulus dari SMA/SMK sederajat membuat kalian harus mulai menentukan arah untuk masa depan. Salah satu prospek yang cukup menjanjikan adalah lulusan dari universitas dirgantara bisa kerja di bandara baik bagian teknik maupun manajemennya.

Namun, sebelum itu kalian perlu menentukan terlebih dahulu kampus mana yang akan dipilih tahun ini. Sebaiknya pertimbangkan dengan cermat, keputusan kalian akan berpengaruh terhadap nasib untuk 10 tahun mendatang.

Pencarian kerja, memperbanyak relasi, dan mempertajam kualifikasi. Semua tahapan tersebut akan kalian lalui, jadi bersiaplah untuk memilih sekolah dirgantara berkualitas dan kredibilitasnya bagus agar tidak kecewa.

Universitas Taruna Dirgantara di Indonesia

Ada lebih dari 50 sekolah penerbangan di Indonesia dari Sabang ke Merauke, baik swasta maupun negeri nyaris tidak ada bedanya kecuali dari segi fasilitas dan akreditasi.

Salah satu kampus yang mungkin ingin kalian cek terlebih dahulu adalah STTKD. Sekolah penerbangan swasta yang lokasinya ada di Yogyakarta ini sudah berdiri sejak 1994.

Tidak hanya terbuka untuk pendaftar dari wilayah Jogja saja, namun STTKD ini terbuka untuk seluruh pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia. Universitas ini menerapkan standar pendidikan sebagai kampus disiplin.

Apa itu kampus disiplin sekolah taruna? Hal ini berarti perguruan tinggi penerbangan STTKD menerapkan standar dasar kemiliteran untuk melatih mental, fisik, dan moral para siswanya. Di STTKD kalian akan disebut sebagai taruna/taruni bukan mahasiswa/mahasiswi.

Seperti Apa Kualitas Kampus Dirgantara STTKD?

STTKD telah mendapatkan akreditasi B sebagai perguruan tinggi swasta di bidang penerbangan. Setidaknya terdapat 8 program studi berbeda dengan jenjang bervariasi mulai dari D1 hingga S1 di kampus ini.

Tenaga pengajar atau dosen mempunyai kompetensi yang bagus di bidangnya masing-masing, mampu menciptakan lingkungan belajar yang seru dan tidak membosankan bagi para taruna/taruni.

Fasilitas yang disediakan oleh kampus lengkap, semua yang kalian butuhkan untuk pembelajaran teori maupun praktik sesuai prodi sudah ada. Mulai dari ruang mesin untuk praktik jurusan teknik penerbangan, ruang praktik kepramugarian, teknologi pengecekan bagasi dengan X-ray, metal detector bandara, dan sebagainya.

Area kampus juga cukup luas, fasilitas wajib seperti perpustakaan, tempat ibadah, hingga kantin, semuanya tersedia lengkap di area kampus.

Belum lagi membahas mengenai kerja sama antara STTKD dengan perusahaan maskapai penerbangan, memungkinkan penyaluran kerja dan PKL yang lebih baik dan terarah.

Universitas Dirgantara Marsda TNI(Purn) Udin Kurniadi, S.E., M.M.

Sekolah penerbangan STTKD  didirikan oleh Gubernur Akademi Angkatan Udara Republik Indonesia Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, S.E., M.M di bawah naungan Yayasan Citra Dirgantara. Izin penyelenggaraan kampus STTKD adalah No : 089/D/O/1995 Tanggal 27 November 1995.

Visi dan Misi

Visi STTKD sangatlah jelas, yaitu menjadikan STTKD sebagai pusat keunggulan di bidang kedirgantaran. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan baik dari segi fasilitas, kurikulum, hingga kompetensi pengajar. Namun semua itu bisa terwujud dengan komitmen dan konsistensi dari semua pihak.

STTKD akan melatih kalian untuk menjadi pribadi yang taqwa, teknokrat, tanggap, tanggon, dan trengginas (5T). Misi yang dituangkan adalah:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang kedirgantaraan yang unggul dan bermutu guna menciptakan kualitas tenaga praktisi profesional di dunia penerbangan
  • Meningkatkan kualitas penelitian, publikasi, serta pengaplikasiannya di bidang kedirgantaraan yang dapat mendukung pendidikan, pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat di bidang kedirgantaraan untuk mengembangkan industri jasa transportasi udara yang ada di Indonesia

Rekam Sukses Jejak Alumni Universitas Dirgantara STTKD

Kampus yang berkualitas dinilai dari akreditasi, fasilitas, dan juga kompetensi tenaga dosennya. Namun, ada satu lagi hal penting yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu rekam jejak kesuksesan alumninya.

Ini menjadi hal terpenting untuk menanamkan rasa “Jika mereka bisa, maka saya juga harus bisa.”

Meskipun kita tidak tahu seperti apa takdir yang sudah dipersiapkan oleh tuhan di masa mendatang.  Namun berusaha dengan sungguh-sungguh jelas merupakan kewajiban.

Berikut ini kami punya beberapa potret alumni taruna penerbangan STTKD yang sudah lebih dulu meraih kesuksesan mereka di usia yang terbilang cukup muda.

 

alumni universitas dirgantara

alumni universitas dirgantara

Jadikan ini sebagai penyemangat kalian untuk belajar lebih giat dan mempersiapkan diri untuk ikut tes seleksi. Laki-laki atau perempuan, kalian tetap harus berjuang tidak ada yang namanya jalan instan.

STTKD siap menjadi saksi atas kegigihan kalian dalam menggapai profesi yang sudah kalian impian sejak lama. Punya pertanyaan lain mengenai universitas taruna kedirgantaraan? Yuk konsultasi dulu dengan admin, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu dengan lebih lengkap.