Munas asosiasi lembaga diklat penerbangan indonesia

Munas ke-2 Asosiasi Lembaga Diklat Penerbangan Indonesia di STTKD

Lembaga diklat penerbangan Indonesia (ALDIKAPI) mengadakan Seminar dan Musyawarah Nasional ke-dua di ruang kuliah umum Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan pada Kamis 16 November 2023. Munas ini bertajuk Bersama menuju keamanan penerbangan yang lebih baik. Pada sesi pertama, pertemuan tersebut dibuka dengan pemaparan dari Bapak Nugroho Suryo Kusumo, dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Beliau menyampaikan poin-poin penting terkait lembaga diklat penerbangan Indonesia khususnya yang berkaitan dengan keamanan penerbangan. Beliau menekankan pentingnya input-proses-output dalam diklat penerbangan bagi personil keamanan penerbangan. Selain itu, beliau juga memaparkan mengenai permasalahan teknis yang sering dihadapi lembaga diklat penerbangan di Indonesia dan langkah-langkah untuk mengatasinya. 

Munas asosiasi lembaga diklat penerbangan indonesia

Pembicara pada sesi berikutnya adalah Bapak Sukoco, beliau menyampaikan seputar evaluasi lembaga diklat penerbangan Indonesia. Salah satu hal yang beliau garis bawahi adalah ALDIKAPI, selaku asosisasi bagi lembaga diklat penerbangan, perlu mampu memberikan ide-ide kedalam masing-masing lembaga diklat. Harapannya agar terjalin kerjasama antar lembaga diklat penerbangan sehingga dapat memberikan nilai lebih untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, dalam sesi tanya jawab, beliau membuka kesempatan bagi para lembaga diklat penerbangan untuk menyampaikan kendala apa saja yang dihadapi dilapangan.

Munas asosiasi lembaga diklat penerbangan indonesia

Pada sesi terakhir, acara ditutup dengan persetujuan anggota ALDIKAPI terhadap empat hal. Persetujuan tersebut meliputi rundown acara munas, laporan AD/ART, laporan pertanggungjawaban dan visi dan misi ketua umum.