MoU Dengan TSU dan RUDN University Russia

Kamis, 1 Agustus 2019 rombongan APTISI Yogyakarta mengunjungi KBRI Moskow bertemu dengan dengan Wakil Rektor Tomsk State University TSU Prof. Dr. Artem Yu. Rykun untuk melakukan penandatanganan MoU, kerjasama antar universitas.

TSU dibuka pada 1888. Kelas pertama untuk 72 siswa pertama dimulai pada 1 September 1888 di Fakultas Kedokteran. Kelas diberikan oleh delapan profesor, dibantu oleh tujuh asisten dan teknisi laboratorium. Profesor Nikolai Gezekhus diangkat sebagai rektor pertama Universitas.S Saatini, ada 23 Fakultas dan Institut dengan 151 Departemen dan sekitar 23.000 siswa (di antaranya adalah sekitar 2.000 siswa internasional).

Kebanggaan Universitas adalah Perpustakaan Ilmiah (4 juta kopi, museum buku langka) dan Kebun Raya Siberia. Pada tahun 2018, asteroid 343322 Tomskuniver dinamai untuk menghormati Universitas Negeri Tomsk.

Pada hari yang sama APTISI Yogyakarta berkunjung ke RUDN University, disambut oleh tim pendamping dan mengunjungi beberapa fakultas serta melihat kegiatan-kegiatan di laboratorium. Kemudian melakukan pertemuan dengan Rektor Prof. Dr. Vladimir Filippov dan Jajaran untuk mendengarkan paparan profil dari tiap-tiap fakultas RUDN University, dan penandatanganan MoU kerjasama antar Beberapa Universitas Swasta di Indonesia dengan RUDN University.

Executive Secretary STTKD M. Wasfan Wahyu Widodo bersama Rektor RUDN University Vladimir Filippov

RUDN merupakan sebuah universitas multibangsa. Saat ini di RUDN belajar lebih dari 31.000 mahasiswa, sekitar 8.500 di antaranya adalah mahasiswa asing yang berasal dari 155 negara, termasuk Indonesia. Para mahasiswa Indonesia tidak hanya menimba ilmu pengetahuan, tetapi juga menjalin persahabatan dan mempromosikan Indonesia. (HA)