Keseruan Praktikum Kargo Udara Ala Sekolah Penerbangan di Yogyakarta

Yogyakarta, 23 Mei 2023 – Taruna/i Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta, salah satu sekolah penerbangan di Yogyakarta, melaksanakan praktikum Kargo Udara. Praktikum yang dilakukan oleh Taruna/i semester dua program studi Groundhandling ini memberikan pengalaman langsung tentang pengelolaan dan packing kargo melalui udara. Kargo udara telah menjadi salah satu sektor yang semakin berkembang di era globalisasi ini, dan STTKD Yogyakarta melihat pentingnya mempersiapkan Taruna/i-nya untuk menghadapi tantangan di industri ini. Dalam rangka itu, program studi Groundhandling menjadikan  praktikum ini sebagai matakuliah wajib.

Matakuliah Kargo Udara di Sekolah Penerbangan

Mata kuliah Kargo Udara merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan dalam program studi Groundhandling. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang manajemen kargo udara, pengiriman, dan logistik terkait. Dalam mata kuliah ini, Taruna/i akan mempelajari berbagai aspek terkait dengan kargo udara, mulai dari proses pengemasan, pengangkutan, hingga prosedur penanganan dan pengiriman kargo melalui udara. Materi yang diajarkan mencakup pemilihan jenis kargo, pengemasan yang tepat, pengontrolan keamanan kargo, peraturan dan persyaratan penerbangan, serta manajemen logistik. Selama Perkuliahan, Taruna/i  terlibat dalam Pembelajaran teori dan Praktikum yang melibatkan perencanaan dan pengelolaan kargo udara.

Mata kuliah Kargo Udara memberikan dasar yang kuat bagi Taruna/i yang tertarik bekerja di industri logistik dan transportasi. Mereka akan mendapatkan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan dalam lingkungan kerja nyata, serta keterampilan manajemen yang diperlukan untuk mengelola kargo udara dengan efisien dan aman.

 Praktikum Kargo Udara Ala Sekolah Penerbangan

Dosen Berdiskusi dalam Praktikum Kargo Udara di kampus penerbangan

Praktek Packing Kargo Umum dan Life Animals

Pada kesempatan kali ini, Taruna/i sedang melaksanakan Praktik Packing Kargo Umum dan Live Animals. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan Taruna/i antara lain:

  1. Pemilihan dan Persiapan Kemasan: Taruna/i belajar tentang pemilihan kemasan yang sesuai untuk berbagai jenis kargo, termasuk kotak kardus, peti kayu, atau kemasan khusus lainnya. Mereka belajar cara mempersiapkan kemasan dengan benar, seperti memasang penyangga dan pengisi ruang hampa udara, serta memastikan kemasan aman dan kokoh.
  2. Identifikasi dan Labeling: Taruna/i belajar tentang identifikasi yang jelas pada kemasan kargo udara. Mereka belajar menggunakan label yang tepat untuk mengidentifikasi pengirim, penerima, tanda pengenal kargo, serta instruksi penanganan khusus. Pemahaman tentang kode dan simbol yang digunakan dalam penandaan kargo juga diajarkan.
Praktikum Kargo Udara

Taruna/i membuat packing Kargo udara

3. Penanganan Hewan Hidup: Taruna/i diberikan pemahaman tentang kebutuhan khusus dalam penanganan hewan hidup. Mereka belajar tentang pengaturan dan pengoperasian fasilitas yang aman dan nyaman untuk hewan selama transportasi udara.

Antusiasme Peserta

Taruna/i yang mengikuti praktikum ini merasa sangat antusias dan terlibat aktif dalam kegiatan. Mereka menyampaikan bahwa praktikum ini memberikan pengalaman dan membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan logistik yang diperlukan di dalam packing kargo udara. “Menantang, seru karena baru pertama kali. Agak susah kalau dapatnya (packing) laptop.” ujar salah seorang Taruni yang mengikuti Praktikum.

Bapak Awan, S.SIT, Pnb., M.M selaku Kepala Program Studi Groundhandling menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan dalam mata kuliah Kargo Udara. Beliau berharap melalui pengalaman praktis ini, Taruna/i dapat memahami secara lebih mendalam tentang proses penanganan kargo udara dan siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. “Semoga anak-anak ketika OJT (On Job Training) atau kerja, mereka sudah tidak asing lagi dengan packing kargo. Mereka juga diajarkan cara timbang bagasi dan kargo udara“.