materi kampus ground handling

5 Materi yang Ada di Kampus Ground Handling, Cek Nomor 2!

Kampus ground handling atau tata kelola pesawat selama berada di darat menjadi salah satu jurusan yang cukup banyak diminati dari tahun ke tahun. Meskipun popularitasnya sendiri belum bisa menggeser pramugari, tetap saja bidang keilmuan ini mempunyai peran tersendiri untuk memastikan operasional pesawat di bandara berjalan dengan lancar.

Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan baru bagi kita, memangnya apa saja materi yang diajarkan di kampus ground handling? Tidak perlu khawatir, rasa penasaran kalian akan segera terjawab.

Kami akan jelaskan beberapa materi yang sangat penting sekaligus cukup menarik untuk dibahas. Daripada semakin penasaran silahkan cek dulu penjelasan lengkapnya di bawah.

5 Materi Unggulan Kampus Ground Handling yang Dipakai Saat Kerja

Materi yang akan kami jelaskan spesifik sesuai dengan jobdesk ground handling, untuk pendidikan D1 dengan masa belajar 1 tahun materi ini akan langsung muncul di semester pertama, sisanya ada di semester kedua.

kampus ground handling

Kuasai materi ini supaya kalian bisa bersaing menjadi staff ground handling untuk maskapai penerbangan terkenal di Indonesia.

1. Aviation Security and Dangerous Goods

Aviation security merupakan segala hal yang berkaitan dengan sistem keamanan dan keselamatan yang ada di bandara.

Meskipun ada profesi tersendiri yang berkaitan dengan hal ini yakni petugas AVSEC, namun staff ground handling juga harus menguasai hal ini terutama untuk bagian dangerous goods alias pengetahuan seputar bahan berbahaya.

Kenapa demikian? Sebagai staff yang bertanggung jawab di darat ground handling bisa ditugaskan pada bagian baggage checking untuk mengetahui apakah barang bawaan penumpang berisiko menimbulkan bahaya atau tidak.

Di materi ini kalian akan diajarkan bagaimana mengenali barang berbahaya misalnya zat korosif, beracun, mudah terbakar atau meledak. Setiap barang ini punya risiko sendiri-sendiri jika tidak ditangani dengan baik maka sangat berbahaya.

2. Ticketing dan Reservation

Ticketing dan reservation adalah proses pengecekan tiket dan reservasi untuk memastikan tempat duduk yang dipesan penumpang tersedia. Kedua proses ini bisa dilakukan secara manual atau otomatis menggunakan teknologi berbasis komputer.

Materi ini menjadi salah satu pelajaran inti prodi ground handling, karena secara spesifik sudah mengarah ke profesi.

Secara sederhana, jika kalian mampu menguasai skill di bidang ticketing dan reservation maka akan ada peluang yang besar untuk keterima kerja di bandara sebagai staff ticketing.

ticketing dan reservation

Namun tentunya hal itu tidaklah semudah mengembalikan telapak tangan. Ada beberapa bidang keilmuan dasar yang harus terlebih dahulu kalian kuasai seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, praktik aplikasi komputer, dan lain sebagainya.

Jangan sampai kamu gaptek, hampir semua petugas ticketing dan reservation di seluruh bandara mulai menerapkan sistem operasi digital berbasis komputer!

3. Peraturan Lalu Lintas Udara (Air Traffic Rules)

Apakah ada di antara kalian yang berminat menjadi tukang parkir pesawat? Jika ada maka mulailah belajar materi air traffic rules atau peraturan lalu lintas udara. Ini menjadi dasar sebelum memahami air traffic controller dan bagian lain yang lebih kompleks mengenai rambu-rambu lalu lintas udara.

Meskipun terkesan mudah, sebaiknya jangan pernah menyepelekan ilmu. Karena faktanya memahami aturan seperti ini tetap membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi, kesalahan sedikit saja dalam memahami peraturan lalu lintas udara akibatnya cukup fatal.

4. Baggage dan Cargo Handling

Selanjutnya ada ilmu untuk menghandle penumpang dan barang bawaan mereka. Sebagai bagian dari staff management penanganan bagasi pastikan untuk berhati-hati dengan setiap barang bawaan terutama beberapa jenis kargo ada yang mudah pecah atau fragile.

Barang bawaan penumpang juga mungkin saja mempunyai nilai jual tinggi. Pada materi ini akan dijelaskan apa saja dasar-dasar handling bagasi yang baik sesuai dengan standar aviasi internasional.

Tidak hanya sebatas teori saja, melainkan umumnya kampus ground handling akan memberikan kesempatan bagi para taruna untuk mempraktikan ilmu yang sudah diajarkan.

Kesulitan akan bertambah jika jumlah kargo yang perlu dicek ada banyak, karena terlewat sedikit saja ada barang berbahaya yang masuk ke kargo pesawat maka sangat berisiko.

5. Airport Information Officer

Airport Information secara sederhana bisa kita artikan sebagai pusat informasi bandar udara. Di sini kalian bisa mendapatkan informasi seputar jadwal penerbangan, perubahan jadwal, pembatalan penerbangan, informasi pengumuman, berita kehilangan barang maupun penemuan barang di area umum.

Sebagian besar materi airport information officer dapat kalian pelajari di kampus ground handling. Lebih kurang modal dasarnya tetap sama yaitu skill komunikasi serta pengetahuan seputar operasional bandara.

Sama seperti ticketing dan reservation, jika kalian dapat menguasai bidang keilmuan ini maka bisa mencoba untuk mendaftar di pekerjaan yang sama yakni staff airport information di bandara.

Itu dia sejumlah materi yang akan kalian pelajari jika memilih jurusan ground handling. Kebetulan sekali STTKD masih membuka peluang bagi kalian yang ingin mendaftar ke jurusan ground handling, lakukan pendaftaran atau tanya-tanya dulu dengan admin yang ramah melalui Whatsapp yang tersedia.