Taruna STTKD Yogyakarta Kembangkan Media Tanam Organik Berbasis Mikrokontroler

Pertanian konvensional menggunakan pestisida dan pupuk sintetik, sedangkan pertanian organik membatasinya dengan hanya menggunakan pestisida dan pupuk alami. Prinsip metode pertanian organik mencakup rotasi tanaman, pupuk organik, pengendalian hama, dan pengolahan tanah secara mekanis.Karena pola penanamannya tanpa bahan kimia maka, tanaman mempunyai berbagai manfaat jika dibandingkan dengan tanaman dengan pola penenaman konvensional menggunakan bahan kimia yaitu, kaya akan antioksidan, mencegah kanker dapat mengontrol berat badan, meningkatkan sistem imun tubuh dan masih banyak lagi manfaatnya.

Tiga taruna STTKD dari Program Studi Teknik Dirgantara berhasil mengembangkan media tanam organik berbasis mikrokontroler. Mereka adalah Ali Nurimansyah, Bryan Adi Nugraha, dan Catur Haris Srihadmaja. Mereka tergabung dalam Tim PKM Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan dan mendapatkan dana hibah dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemerinstekdikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019. Mereka berusaha merancang sebuah  media tanam yang dapat mengelola tanaman secara otomatis, cocok digunakan di rumah tangga.

Diagram Alir Sistem Kerja Media Tanam

Hampir selama tiga bulan, tim mengembangkan protipe ini. Prototipe media tanam telah dicetak serta dirakit dan di lakukan uji coba. Berdasarkan hasil uji coba, prototipe media tanam dapat berfungsi dengan baik sesuai yang diinginkan. Kedepannya akan dilakukan pengembangan selanjutnya.