Sekolah Penerbangan Mahal? Pahami Dulu Alasannya!

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa sekolah penerbangan mahal, eksklusif, dan sangat bergengsi. Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya setiap universitas mempunyai target calon pendaftar baru dari kalangan yang berbeda.

Tidak adil kalau yang dijadikan patokan biaya pendidikan adalah universitas negeri saja. Jadi, sebagai lulusan baru kalian harus bisa memahami potensi masing-masing jurusan dan bidang keahlian.

Amati potensinya, apakah kalian berkuliah untuk memperdalam ilmu baru atau mencari peluang potensi karir yang lebih baik.

Tidak ada yang mau lulus kuliah bertahun-tahun tapi menjadi pengangguran, meskipun ada banyak faktor yang membuat Anda terjebak dalam situasi tersebut.

Namun, salah satunya adalah faktor salah jurusan tidak memperhatikan prospek yang dibutuhkan oleh industri.

Di sisi lain, sekolah penerbangan mampu memberikan prospek yang jelas. Lulusan pramugari bisa mendaftar kerja di maskapai-maskapai pesawat di Indonesia.

Tidak harus menjadi jadi pilot, masih banyak profesi lainnya dalam lingkup kedirgantaraan seperti : pramugari, staff ground handling, tenaga teknik aeronautika, dan lain-lain.

Kenapa Sekolah Penerbangan Mahal? Ini Alasannya!

Pendidikan tinggi pasti membutuhkan biaya, tingkatannya berbeda-beda menyesuaikan bidang jurusannya. Sebelum kalian beranggapan bahwa sekolah penerbangan itu mahal, simak dulu penjelasan berikut.

sarana dan prasarana sttkd

1. Sarana dan Prasarana Praktikum yang Disediakan

Fasilitas dan ketersediaan tempat menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan saat kalian menimba ilmu di kampus. Pastinya setiap jurusan membutuhkan sarana yang berbeda-beda.

Sebagai contoh prodi teknik rekayasa mesin pesawat membutuhkan bengkel produksi, Lab.CNC, Laboratorium Gambar Teknik, Laboratorium CAD, hingga pesawat boeing yang bisa digunakan sebagai sarana praktik menyesuaikan kebutuhan.

Dari sini saja sudah terlihat perbedaan antara kampus biasa dan khusus konsentrasi kedirgantaraan.

Dibutuhkan biaya yang lebih untuk menyiapkan sarana dan prasarana praktikum, apalagi untuk prodi yang berkaitan dengan mesin tentunya dibutuhkan fasilitas berteknologi tinggi.

Oh iya, selain kebutuhan praktikum. Kalian juga sudah pasti mendapatkan sarana penunjang lainnya seperti lab komputer, tempat ibadah, asrama, lapangan olahraga, dan lain-lain.

2. Tenaga Pembimbing Profesional

Tenaga pengajar di sekolah penerbangan semestinya telah menempuh pendidikan yang tinggi sesuai dengan bidang keahlian mereka.

Pastinya bukan asal lulus, mereka adalah lulusan terbaik yang terseleksi dengan baik memenuhi kompetensi sebagai tenaga pendidik.

Alasan ini cukup masuk akal, kalau kalian amati biaya pendidikan ternyata disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi yang dipelajari. Jangan berfokus pada nominal biaya yang dibayarkan, tetapi perhatikan ilmu apa saja yang akan kalian dapatkan.

Di sekolah penerbangan persentase teori dan praktik itu sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga kalian bisa langsung menerapkan ilmu yang sudah diajarkan pada ruang kampus.

Pembimbing akan mengarahkan Anda baik untuk kebutuhan pembekalan teorinya ataupun saat melakukan praktik. Cakupan mata kuliah disesuaikan dengan prodi yang kalian ambil.

Apabila dari awal minat memilih D1 Ground Handling maka materi yang akan dipelajari mencakup penyiapan keberangkatan penumpang, mengetahui regulasi pengecekan bagasi, dan sebagainya.

Jumlah SKS yang perlu diselesaikan juga cukup lengkap, untuk prodi ground handling ada sekitar 48 SKS yang bisa diselesaikan dalam 2 semester (1 tahun).

3. Prospek Kerja Dengan Gaji Tinggi

Tidak salah jika kalian menilai pendidikan untuk mempersiapkan prospek kerja yang menjanjikan. Karena nyatanya, meskipun biaya sekolah penerbangan mahal tetapi gaji yang nantinya akan kalian peroleh di masa mendatang juga jumlahnya sebanding.

sekolah penerbangan mahal fasilitasnya terbaik

Jurusan pramugari di perusahaan komersil besar dapat berpotensi memberikan gaji mencapai Rp 15-30 juta. Kemudian untuk ground handling perkiraannya Rp 6 – 18 juta.

Bahkan untuk yang lulusan teknik penerbangan bisa mencapai ratusan juta, tentunya pendapatan ini diimbangi dengan skill dan kemampuan yang mampu kalian lakukan.

Lantas kenapa kalian masih menganggap sekolah penerbangan biayanya mahal? Jika ternyata potensi penghasilan yang nantinya diperoleh nilainya cukup fantastis.

4. Awas Sekolah Penerbangan Murah Itu Berisiko

Harap diperhatikan bagi orang tua dan lulusan baru SMA/Sederajat. Saat memilih sekolah penerbangan jangan fokus pada mencari yang murah.

Hal yang dibahas disini adalah membicarakan soal kualitas pendidikan, bukan membeli produk. Untuk apa mencari yang murah tapi ujung-ujungnya sulit mencari kerja?

Akreditasi dan kualitas pendidikan menjadi faktor penentu apakah lulusan dari sekolah tersebut mampu memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

Persaingan kerja di bidang ini cukup ketat, khususnya untuk profesi bergengsi seperti Pramugari dan Teknik Penerbangan.

Sebisa mungkin jangan setengah-setengah saat menentukan sekolah yang akan dipilih, supaya tidak kecewa dan menyesal di kemudian hari.

Sekolah Penerbangan Mahal Karena Kualitasnya Bagus

Demikian penjelasan mengenai alasan kenapa sekolah penerbangan memerlukan biaya yang mahal. Semoga bisa menjadi pemahaman baru bahwa biaya pendidikan tidak bisa dibandingkan mana yang lebih murah atau mahal karena konsentrasi ilmunya berbeda.

Selain itu, biaya tersebut diterapkan bukan tanpa alasan, melainkan karena kualitas pendidikan, fasilitas, tenaga pendidik, dan prospek di masa depan yang sangat menjanjikan.

Berminat untuk mempelajari ilmu kedirgantaraan? Anda bisa mendaftar sekolah penerbangan di STTKD Jogja. Meraih sukses membutuhkan proses, masa depan kalian ditentukan mulai hari ini, pendaftaran masih dibuka silahkan hubungi admin melalui kontak Whatsapp yang tersedia, kami akan bantu Anda melakukan pendaftaran secara online.

Untuk info pendaftaran lebih lanjut silahkan buka halaman web kami di sini.