Perkuat Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui Kerjasama

Yogyakarta, 17 April 2023 – Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) dan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND resmi menandatangani perjanjian kerjasama dalam rangka Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan sebagai langkah konkret untuk meningkatkan kolaborasi antar Program Studi dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

STTKD dan IST AKPRIND jalin kerjasama pelaksanaan tridharma perguruan tinggi

STTKD dan IST AKPRIND jalin kerjasama pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilaksanakan di IST AKPRIND Yogyakarta. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan kompetensi dan kualifikasi lulusan, serta peningkatan kualitas riset dan pengabdian masyarakat dalam bidang sains dan teknologi.

Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani oleh Erwan Eko Prasetyo, M.Eng., selaku Kepala Program Studi S1 Teknik Dirgantara STTKD, dan Dr. Hadi Santosa, M.Eng., Kepala Jurusan Teknik Mesin, IST AKPRIND.

Kepala Prodi S1 Teknik Dirgantara, Bapak Erwan Eko Prasetyo M.Eng, (Kanan) dengan Kepala Jurusan S1 Teknik Mesin IST Akprind Bapak Dr. Hadi Santosa, M.Eng (Kiri)

Kepala Prodi S1 Teknik Dirgantara, Bapak Erwan Eko Prasetyo M.Eng, (Kanan) dengan Kepala Jurusan S1 Teknik Mesin IST Akprind Bapak Dr. Hadi Santosa, M.Eng (Kiri)

 

Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi 

Tridharma Perguruan Tinggi merupakan konsep dasar yang menjadi landasan pelaksanaan tugas dan fungsi perguruan tinggi di Indonesia. Tridharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga elemen utama, yaitu:

  1. Pendidikan: Meliputi kegiatan pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang ilmu dan profesi yang ditekuni.
  2. Penelitian: Penelitian bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan baru, inovasi, dan aplikasi teknologi yang berguna untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan penelitian melibatkan dosen dan mahasiswa dalam pengembangan riset baik secara individu maupun kolaboratif.
  3. Pengabdian kepada Masyarakat: Meliputi kegiatan penerapan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni oleh perguruan tinggi untuk memecahkan masalah nyata di masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat melibatkan partisipasi aktif perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia, termasuk STTKD dan IST AKPRIND. Dalam pelaksanaan Tridharma, perguruan tinggi diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Baca Juga: Empat Jurusan Teknik Penerbangan Untuk Anak IPA!