Pelayanan Penumpang Oleh Awak Cabin di Dalam Pesawat

Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga memerlukan alat transportasi yang cepat dan efisien. Pesawat udara dipilih oleh masyarakat Indonesia karena dinilai aman, nyaman, dan memiliki waktutempuh yang efisien. Meskipun banyak diminati oleh masyarakat, pelayanan yang lengkap dan berkualitas kepada penumpang tetap menjadi prioritas utama bagi awak kabin/pramugari.Pelayanan di dalam kabin diberikan secara menyeluruh,seperti penyajian makanan dan minuman, serta tempat duduk yang nyaman. Selain itu, pelayanan di dalam kabin juga harus disertai dengan pemahaman etika yang baik, memahami sikap ramah, memahami sikap sopan santun, awak kabin melayani dengan tidak bersikap diskriminatif (membeda-bedakan), serta greeting yang menarik.

Awak kabin berusaha untuk memenuhi keinginan penumpang yang berbeda-beda. Untuk dapatmemberikanpelayanan yang prima terhadap penumpang, makaseluruh awak kabin harus mendapatkan materi dan pelatihan. Calon awak kabin akan mendapatkan beberapa materi, diantarany aadalah bagaimana cara bertahan hidup di laut dan di hutan (jungle and sea survival), dimana materi tersebut adalah sebagai pelatihan apabila suatu insiden terjadi, semisal pesawat harus mendarat darurat baik di darat ataupun di air, maka awak kabin mampu bertahan hidup dan secara bersamaan mampu memberikan pertolongan kepada penumpang. Berikutnya terdapat juga materi poice and grace yang mengajarkan mengenai bagaimana cara berpenampilan yang baik, termasuk bagaimana cara bersikap dan berprilaku sebagai seorang kabin kru.

Materi lain yang tentunya sangat penting adalah berupa cabin practice.  Materi cabin practice merupakan salah satu materi utama dibidang kepramugarian. Calon awak kabin diajarkan bagaimana melayani penumpang, baik dari segi senyum, keramahan, cara menyajikan makanan dan minuman. Selain itu, awak kabin juga diajarkan bagaimana menangani komplain dari penumpang. Selain pelayanan, calon awak kabin juga diajarkan bagaimana cara membuka dan menutup pintu pesawat, mengoprasikan pintu darurat serta keselamatan penumpang.