Kunjungan STTKD ke Hanggar Lion Air Group di Surabaya

Senin, 15 April 2019 Ketua Program Studi D3 Aeronautika Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta, Bapak Heru Susanto, S.Pd.T., M.Eng. telah melakukan kunjungan industri ke Hanggar Batam Aero Teknik (BAT) milik PT. Lion Air Grup yang berlokasi di Surabaya. Kunjungan ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan kerjasama bagi taruna/i yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Program Studi D3 Aeronautika merupakan program studi yang pertama dibentuk di STTKD Yogyakarta. Prodi ini sudah mencetak banyak sekali teknisi-teknisi handal di bidang kedirgantaraan, bahkan tidak sedikit alumni dari Program Studi D3 Aeronautika yang diterima bekerja di perusahaan penerbangan bergengsi di Indonesia.

Lion Air Grup merupakan salah satu perusahaan penerbangan yang terkenal di Indonesia. Mereka tidak hanya bergerak di bidang jasa pelayanan angkutan udara, tetapi juga maintenance pesawat terbang yang bernama Batam Aero Teknik (BAT) yang berpusat di kota Batam. Selain Batam, BAT juga memiliki hanggar di kota lain, salah satunya Surabaya. Memiliki hanggar yang cukup banyak membuat BAT membutuhkan banyak teknisi yang berkompeten di dunia penerbangan. Melihat peluang ini, STTKD Yogyakarta diwakili oleh Prodi D3 Aeronautika mengusulkan kerjasama agar dapat mengirimkan taruna/i dalam program PKL ke BAT.

Pada pertemuan yang berlokasi di Hanggar Remote Base Maintenance kemarin, Bapak Heru Susanto selaku Ketua Prodi D3 Aeronautika STTKD Yogyakarta ditemui langsung oleh Manager Hanggar, Bapak Iswahyudi. Pertemuan tersebut membahas perihal perbaikan kerjasama yang pernah terjalin antara BAT dengan STTKD Yogyakarta. Bapak Iswahyudi menegaskan bahwa BAT bersedia menerima taruna/I PKL dari STTKD Yogyakarta lagi dengan harapan dapat menjaga sikap dan kedisiplinan. Kunjungan yang berlangsung singkat tersebut pun memberikan hasil yang sesuai dengan harapan dan tujuan kampus STTKD Yogyakarta.