Diaspora Jerman Ajak Taruna STTKD Go International

Jumat, 19 Juli 2019 STTKD menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “4th Industrial Revolution in Aeronautics Industry and Structure Maintenance”. Kerjasama Program Studi Teknik Dirgantara, Aeronautika dan Training Center AMTO (Aircraft Maintenance Training Organization) menghadirkan Insinyur Aeronautika Industri Pesawat Terbang Hamburg, Jerman, Bapak Prio Adhi Setiawan, S.T., M.Sc.

Kesempatan langka dengan hadirnya Diaspora yang telah 15 tahun tinggal di Jerman ini dimanfaat oleh jajaran pimpinan Ketua PLH Ibu Vidyana Mandrawaty, Sekretaris Eksekutif Bapak M. Wasfan Wahyu Widodo, para Wakil Ketua dan Ketua Program Studi  STTKD untuk berdiskusi di awal sesi sebelum kegiatan kuliah umum dilaksanakan. Beberapa peluang dan bidang untuk mendukung kemajuan pendidikan dan teknologi penerbangan nasional, khususnya di STTKD menjadi pembahasan utama. Disamping hal-hal lain yang bisa membuka peluang kerjasama dengan Diaspora Expert Return dan universitas-universitas di Jerman kedepannya.

Pada kesempatan kuliah umum sesi pertama Bapak Prio menyampaikan mengenai “An Introduction to Fourth Industrial Revolution in Aeronautics Industry, The Opportunities and The Challenge in The Future”. Banyak pandangan menarik dari perkembangan era IT dan digitalisasi yang kedepan akan diadopsi di dunia penerbangan untuk efisiensi dan efektivitas pekerjaan.

Pada sesi kedua Bapak Prio membawakan materi “Introduction to Structure Maintenance and Structure Fatigue Repair”. Para peserta diajak mendalami ilmu failure dalam dunia penerbangan, yang sebagian besarnya disebabkan oleh beban fatigue.

Dalam kuliah umum ini Bapak Prio memberikan motivasi kepada Taruna Taruni STTKD untuk memiliki mimpi setinggi mungkin, tidak hanya berkarir di perusahaan nasional tetapi Priyo juga mengharapkan Taruna Taruni STTKD berani go international dan membangun karir di perusahaan-perusahaan ternama seperti Boeing, Airbus dan sebagainya. Senada dengan pendapat Dosen Aeronautika STTKD Bapak Joni Kasmara, S.T., M.Eng.  yang menyatakan bahwa ilmu maintenance tidak hanya mengenai operasional tetapi juga memerlukan improvement dan inovasi baru sehingga Taruna Taruni STTKD harus terus meningkatkan wawasan di dunia teknik penerbangan dan juga meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam dunia kerja.

Para peserta Taruna Taruni Teknik Dirgantara, Aeronautika dan AMTO juga Dosen dan Instruktur sangat menikmati paparan kuliah umum dari Sang Diaspora, karena materi yang disampaikan up to date dan futuristik.

 

Ketua Program Studi Teknik Dirgantara Bapak Haris Ardianto, S.T., M.Eng.

Dalam kesempatan ini Bapak Haris Ardianto, S.T.,  KetuaM.Eng. selaku Ketua Program Studi Teknik Dirgantara sekaligus Ketua Panitia dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasi atas bekal pengetahuan yang diberikan oleh Bapak Prio  dan berharap  apa yang telah didapat para civitas akademika STTKD ini bermanfaat dan membawa visi dan kemajuan untuk STTKD di masa-masa yang akan datang. (HA)