Bingung Pilih Jurusan Kuliah? 5 Tips buat Gen Z ditahun 2023

Salah pilih jurusan kuliah, lebih berbahaya dari pada tidak kuliah.

Bagi kalian yang bingung pilih jurusan kuliah, Yuk cermati 5 tips buat Gen Z ditahun 2023.

Ketika lulus SMA/K, kita seringkali bertanya-tanya, “Jurusan apa sih yang cocok buatku?” Atau “sebaiknya saya mengambil jurusan kuliah apa?”. Tidak ada jawaban pasti jurusan kuliah apa yang paling tepat buat mu. Tapi ada langkah pasti untuk mengetahui jurusan kuliah apa yang paling tepat buat mu. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pahami minat dan bakat yang kamu miliki

Yap, betul untuk memilih jurusan kuliah yang paling tepat buat mu, kamu harus mengenali minat dan bakatmu. Minat dan bakat itu sangat penting karena itu adalah kelebihan yang diberikan Tuhan kepadamu untuk bertahan hidup. Kalau kamu tidak mengenali kelebihanmu, kamu akan seperti daun yang tidak tahu kalau ia adalah bagian dari pohon. Sehingga tidak bisa bermanfaat karena tidak mengerti peran apa yang seharusnya diambil dalam kehidupan ini.

Untuk mengenali minat dan bakatmu, kamu bisa melakukan tes kepribadian secara gratis, bertanya kepada orang terdekat, atau bertanya kepada diri sendiri.

2. Riset Jurusan yang mampu mewadahi minat dan bakatmu.

Setelah kamu mengenali minat dan bakatmu, carilah jurusan kuliah yang dapat membantumu mengembangkan minat dan bakatmu. Misalnya, minat dan bakatmu adalah menggambar, tentu kamu akan mengambil jurusan yang berbau menggambar. Tinggal mencari di google jurusan-jurusan yang ada. Kemudian bandingkan mana yang paling cocok untuk kamu masuki.

Baca juga: Sekolah Pramugari Jogja Idaman, Yakin Enggak Mau Daftar?

3. Konsultasikan dengan orang terdekat.

Betul, ketika memilih jurusan kuliah apa yang paling tepat buat mu, kamu perlu konsultasikan dengan orang terdekatmu. Bisa orang tua, teman, atau guru disekolah. Tentu saja agar kamu memperoleh pandangan yang berbeda dari pendapat pribadimu. Ketika kita dewasa, masukan dan pendapat orang-orang terdekat kita sangat penting. Terkadang kita merasa keputusan kita sudah yang paling benar, dan itulah kelemahan manusia. Gajah didepan mata tak tampak, semut diseberang lautan tampak. Arti peribahasa tersebut adalah sudah menjadi tabiat manusia untuk tidak mampu melihat kesalahan sendiri, dan mudah melihat kesalahan orang lain, yang mungkin sangat kecil.

Untuk itu, bicarakan pilihan jurusan kuliahmu dengan orang-orang terdekatmu. Pendidikan adalah investasi yang mahal. Jangan sampai investasimu bodong karena kesalahanmu sendiri.

4. Konsultasi dengan Orang yang sudah kuliah dijurusan itu.

Cara terbaik untuk mengetahui seperti apa jalan didepan sana, adalah dengan bertanya kepada orang yang pernah kesana. Titik. Tanyakan pada orang yang sudah menjalani perkuliahan disana, seperti apa rasanya kuliah disana, bagaimana kegiatan sehari-harinya, keterampilan apa yang dipelajari, dan lain-lain.

5. Pertimbangkan untuk rehat sejenak

Apabila semua langkah sudah kamu ambil namun kamu masih bingung. Pertimbangkan untuk istirahat sejenak dengan menunda untuk tidak kuliah terlebih dahulu. Kamu bisa istirahat selama satu tahun dan menggunakan kesempatan itu untuk bekerja, membantu orang tua, memulai bisnis, bergabung dengan komunitas, mengabdi di instansi pemerintah atau yayasan sosial, dan lain-lain.

Ini akan memberikan kamu gambaran akan peran apa yang bisa kamu ambil di kehidupan ini. Dengan ini, kamu bisa pilih jurusan kuliah yang paling tepat buat mu. Ingat, hidup itu bukan untuk balapan, hidup itu tidak untuk cepat-cepatan sampai di garis finish.
Hidup ini soal pemaknaan agar kamu bisa tumbuh menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Istirahat sejenak bukan berarti kekalahan. Istirahat sejenak bisa diibaratkan seperti anak panah. Ia rela ditarik mundur untuk sementara, demi bisa melesat lebih jauh.

Demikian, semoga bermanfaat.