SOSIALISASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) STTKD YOGYAKARTA

 

BANTUL, 14 DESEMBER 2022

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta mengadakan sosisalisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada hari Jumat (9/12) di Ruang Kuliah Umum (RKU) STTKD. Sosialisasi MBKM ini menjelaskan tentang program flagship MBKM diantaranya Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kampus Mengajar, Wirausaha Merdeka, dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Sosialisasi MBKM tersebut dihadiri oleh Taruna-Taruni dari seluruh Program Studi yang sedang menempuh kuliah di semester 3 untuk jenjang D3, serta semester 3 dan 5 untuk jenjang D4 dan S1.

 

Seminar ini dibuka oleh Bapak Erwhin Irmawan, M.Cs  selaku Wakil Ketua I bidang Akademik, Taruna yang sudah eligible untuk mengikuti program tersebut didorong untuk berpartisipasi dalam program flagship MBKM. Beliau berpesan bahwasanya Program-program ini dapat menambah kompetensi Taruna melalui magang di Industri, dunia pendidikan maupun keluar Negeri.

 

“Kompetensi ini nantinya diperlukan saat Para Taruna lulus dan masuk dunia kerja. Dengan kompetensi yang diperoleh melalui pengalaman dalam program MBKM, harapanya dapat meminimalisir gap antara kompetensi lulusan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. “ Ujarnya dalam sambutan.

Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan testimoni Taruna yang sudah mengikuti program MBKM, diantaranya Taruni Ni Putu Intan Rajinda (Awardee IISMA VO IU University of applied science Germany), Taruna Rafael Farouq (Awardee MSIB Batch 3 Data Analyst), Taruni Rr Hestyana Rizky (Awardee MSIB Batch 3 Artificial Intelegence). Kemudian mereka pun turut menyampaikan kesan-kesan dan pengalaman selama mengikuti program flagship MBKM.

 

Sebagai informasi, program flagship MBKM adalah program unggulan dari kementerian pendidikan dalam rangka mendukung Kampus Merdeka. Para peserta yang lolos program ini, mendapat biaya akomodasi dari pemerintah selama mengikutinya. Misalnya dalam magang dan studi independen, peserta akan mendapat uang saku bulanan selama magang dan magang berbobot setara dengan 20 SKS.

 

Bahkan, untuk program IISMA, peserta dapat magang dan belajar di luar Negeri selama 6 bulan dengan ditanggung seluruh biaya akomodasi selama disana.

 

Siaran Pers Ini Dikeluarkan Oleh Humas

Koor. Publikasi dan Dokumentasi

 

Nakula Yoga Mitra Zulkhaidar, S.Kom.

NPP. 1104201818