Pengen Masuk Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia? Wajib Pahami Jurusanya!

Buat kamu yang pengen masuk sekolah penerbangan terbaik di Indonesia, wajib pahami jurusan yang ada. Secara umum ada lima kategori jurusan dalam sekolah penerbangan indonesia. Apa saja sih? Yuk simak penjelasanya.

1. Bidang Penerbang

Seperti namanya, penerbang, yaitu orang yang menerbangkan pesawat udara alias Pilot. Jika kalian berminat Masuk sekolah penerbangan jurusan ini, kalian bisa mengambil kuliah jurusan Pilot. Namun demikian, bidang Penerbang tidak terbatas pada pilot. Bidang penerbang juga meliputi ATC (Air Traffic Controller) atau bidang pengatur lalulintas udara. Apa sih pengatur lalu lintas udara? Yaitu mereka yang pekerjaanya mengatur pesawat yang lalu lalang di udara agar dapat memilih rute terbaik dan tidak berbenturan dengan rute pesawat lain. Meskipun langit itu luas, ingat ya, tidak ada ruang untuk kesalahan. Titik.

2. Bidang Teknologi Pesawat Terbang

Sekolah Penerbangan bidang ini meliputi beberapa juruasn yaitu mekanik Air Frame dan Power plant,  mekanik Avionics, Pembuatan pesawat udara, dan Flight Line Operations. Wah kok bahasa Inggris semua ya?  Tapi tenang, bakalan kita jelaskan satu persatu. Mekanik Air frame dan power plant itu orang yang memiliki lisensi untuk memperbaiki dan merawat pesawat udara secara umum. Maksudnya umum adalah mereka bisa perawatan pada sebagian besar komponen pesawat, seperti mesin, roda, rem, bahkan AC pesawat.

Sekolah penerbangan di Indonesia

Sekolah penerbangan di Indonesia

Mekanik Avionics hanya memperbaiki kelistrikan dalam pesawat terbang. Yang ini saya singkat saja ya, untuk lebih lengkapnya, cek jurusan teknik Elektronika Sekolah Penerbangan di Indonesia. Pembuatan pesawat udara adalah untuk pabrik atau pembuatan pesawat. Pas seperti namanya. Kamu bisa mengambil jurusan Teknik dirgantara sebagai salah satu pilihanya.

Flight line operation adalah orang – orang yang kamu lihat membantu pesawat udara sebelum keberangkatan. Ada yang tugasnya memarkir pesawat (marshaller), ada yang tugasnya mengisi Bahan bakar pesawat, menghitung beban muatan pesawat sebelum berangkat, memastikan runway bersih dari benda-benda berbahaya, dan lain-lain. Dalam hal ini, yuk intip jurusan D3 Manajemen Transportasi dan D1 Groundhandling.

3. Sekolah Penerbangan Bidang Engineering

Engineering secara harfiah berarti rekayasa. Bukan rekayasa seperti di hubungan asmara kalian ya gaes, tapi rekayasa dalam arti mengutak-atik gimana sih agar teknologi pesawat yang sudah ada, bisa dikembangkan agar lebih maju lagi. Mulai dari desainnya agar irit Bahan Bakar, sistem propulsinya, sistem aerodinamiknya (aerodinamik=gimana agar bisa terbang), dan bahan-bahan atau material untuk membuatnya. Gimana caranya bahan-bahanya ringan tapi tetap kuat, dan pastinya murah. Mmm gimana ya? Yuk langsung cus aja cek jurusanya di D3 Aeronautika dan S1 Teknik Rekayasa Mesin.

4. Bidang Bisnis dan Pelayanan.

Ini nih kesukaanya anak-anak IPS dan Bahasa. Bisnis identik dengan cuan ya gaes. Betul. Tanpa bidang ini, semua bidang diatas, siapa yang mau beli? Hehehehehe

Nah, disini kamu bisa menekuni bidang Pariwisata dan perjalanan udara. Selain itu kamu juga bisa menjadi bagian menejemen bandar udara. Bandara yang segede itu harus dimenej kan. Bagaimana agar beroperasi dengan lancar dan menghasilkan keuntungan. Kamu juga bisa belajar bidang marketing dan manajemen maskapai. Yap, betul, kamu bisa belajar bagaimana sih bisnis maskapai itu bisa untung? Gimana caranya ya? Yuk cuss intip jurusan Manajemen Transportasi Udara dan Jurusan Pramugari.

5. Bidang Pelatihan dan Pendidikan

Kalau ini lain lagi. Semua orang diatas kan perlu pendidikan ya gaes ya. Gak asal datang bawa badan tahu-tahu jadi mekanik. Gak gitu kan. Untuk bisa menjadi mekanik atau manajer kalian perlu pendidikan. Ada lo bagian yang khusus melatih orang agar bisa jadi pelatih. Mengajarkan orang agar bisa mengajar. Namanya Training Center. Kalian bisa mengambil sertifikasi dan lisensi tertentu agar nantinya bisa menjadi pengajar atau instruktur dibidang penerbangan. Meskipun demikian, untuk meniti karir menjadi instruktur jalanya panjang. Tapi gak ada salahnya kalian cek training center ini. Siapa tahu dapat pencerahan.

Demikian ya adik-adik untuk gambaran bidang apa saja yang dapat diambil dalam industri penerbangan. Wajib banget kalian tahu kalau ingin sekolah penerbangan di Indonesia.

Kalau artikel ini bermanfaat, boleh dong share kepada orang-orang yang ingin masuk kuliah bidang penerbangan.