Kuliah Gambar Teknik aplikasi CAD Prodi Teknik Dirgantara

Kuliah Gambar Teknik dengan Dosen Berpengalaman Internasional Mendorong Saya untuk Mengembangkan Diri. Adalah Bapak Reo Yudhono, S.T., M.Sc., dengan pengalaman studi Sarjana Teknik Program Studi Teknik Dirgantara ITB dan Master Teknik dalam bidang Biomimetics and Intelligent Microsystem Konkuk University Korea Selatan. Beliau juga memiliki pengalaman kerja sebagai Junior Mechanical Engineer (2008-2009) di Indo Fuji Energi Indonesia, Engineering Development Engineer (2009-2010) di GMF Aeroasia Indonesia, Senior Mechanical Design Researcher (2012-2014) BYROBOT Co.,Ltd. Korea Selatan, Technical Drafting Officer (2014-2015) Qatar Airways dan R&D Team Leader (2015-sekarang) Aero Terra Indonesia.

Beliaulah yang mengajarkan mata kuliah Gambar Teknik (teori dan praktik), memperkenalkan salah satu aplikasi CAD (Computer Aided Design) software SOLIDWORKS dan teknis pengunaanya. CAD adalah program komputer untuk mendesain, menggantikan gambar desain di kertas. Desain dapat berupa gambar teknik atau objek 3D di komputer. Menurut saya keunggulan SOLIDWORKS dari software CAD lain adalah mampu menyediakan sketsa 2D yang dapat diupgrade menjadi bentuk 3D. Selain itu pemakaiannya pun mudah karena memang dirancang khusus untuk mendesain benda sederhana maupun yang rumit sekali pun. Banyak fitur SOLIDWORKS yang memungkinkan kita dapat mensimulasikan desain yang kita buat. Contohnya mensimulasikan kekuatan desain dengan SOLIDWORKS Simulation, Mensimulasikan gerak dengan SOLIDWORKS Motion, mensimulasikan aliran dengan SOLIDWORKS Flow Simulation, membuat foto realistik desain dengan SOLIDWORKS Visualize, dan masih banyak yang lainnya. Sehingga memungkinkan untuk melakukan uji produk sebelum mulai dibuat dan membantu mencegah kesalahan lebih awal pada proses desain

Manfaat belajar mendesain bagi anak teknik dirgantara, mesin atau industri bisa jadi nilai lebih untuk melamar pekerjaan nanti. Selain itu bisa membuka jasa desain 3D sendiri untuk menambah uang jajan, seperti yang sudah saya lakukan dengan memposting semua hasil di akun Instagram “@engineering3d_cad“ baik sebagai iklan maupun project yang telah dilakukan yang mana bisa juga sebagai portofolio kita nantinya.

Namun dari semuanya itu, software hanyalah sebuah tools untuk mempermudah user dalam membantu pekerjaanya. selain itu merupakan GIGO (Garbage In Garbage Out) sehingga dibutuhkan engineering judgement tiap pengerjaannya. bagus atau tidaknya software ini bergantung dari kebutuhan penggunanya.

 

Penulis : Evangels Brilliant Dasmasela (Taruna Prodi S1 Teknik Dirgantara Angkatan 2017)
Editor : Prodi S1 Teknik Dirgantara