APA ITU EDUROAM?

EDUROAM

BANTUL, 30 JULI 2021

Halo sobat dirgantara, apa kalian pernah mendengar apa itu eduroam? Benar, pasti sobat pernah melihat kata ini pada saat menyalakan WiFi dilingkungan Kampus STTKD, namun apakah eduroam itu? Baik kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu eduroam

Eduroam( education roaming) adalah layanan roaming internasional untuk pengguna di bidang penelitian, pendidikan tinggi, dan pendidikan lanjutan. Ini memberikan peneliti, guru, dan akses jaringan siswa ketika mengunjungi institusi selain milik mereka sendiri.

Otentikasi pengguna dilakukan oleh institusi asal mereka, menggunakan kredensial yang sama seperti ketika mereka mengakses jaringan secara lokal, sementara otorisasi untuk mengakses Internet dan kemungkinan sumber daya lainnya ditangani oleh institusi yang dikunjungi. Pengguna tidak perlu membayar untuk menggunakan eduroam.

Dengan menggunakan jaringan WiFi eduroam di laptop, ponsel, atau perangkat lain, Anda tidak perlu meminta akun khusus atau meminjam ID orang lain – cukup aktifkan perangkat dengan menggunakan user dan password Anda sama seperti ketika Anda mengakses layanan internet di kampus sobat. Teknologi ini aman menjaga privasi sobat, tidak perlu memasukan user dan passwrod sobat selain sobat miliki selama ini di kampus sobat.

Tutorial penggunaaan eduroam bisa diakses di https://sttkd.ac.id/repositori/administrator/

Dikeluarkan oleh

Arji Istiawan Wibowo/ IT Support