sttkd-logo

Dosen STTKD Berikan Pelatihan Manajemen Keuangan

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat, yakni Program Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk mengembangkan Industri Kecil Rekayasa Elektronika di Sleman, Mei-September 2019.

 

Ketua Tim PKM STTKD dan Dosen D4 Manajemen Transportasi Udara (MTU) STTKD Hodi SIP MM menyampaikan, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibiayai Hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti ini, menggandeng 2 perusahaan yang bergerak di Bidang Rekayasa Elektronika.

“Yakni Aira PCB milik Ardi Puspa Kartika SSi, dan Blogotech milik Iqro Kurniawan SSi. Aira adalah produsen komponen elektronika Printed Circuit Board (PCB), sedangkan Blogotech memproduksi Alat Peraga (Trainer) Elektronika,” ujarnya di Kampus Disiplin STTKD, di Sewon, Bantul, Jumat (11/10).

 

Anggota Tim PKM STTKD dan Dosen S1 Teknik Kedirgantaraan Erwhin Irmawan SSi MCs menyampaikan bahwa kedua industri ini didorong agar mengembangkan usahanya. Walaupun masih berskala kecil, harapannya keduanya tetap bisa berjalan.

“Tim fokus pada perbaikan kekurangan dari sisi manajemen untuk meningkatan lagi efisiensi dan inovasi, dan manajemen pengadaan alat dan bahan produksi,” ungkapnya.

Menurut Erwhin, hasil PKM ini dapat menumbuhkan semangat baru dari Mitra di dalam menjalankan usahanya.

“Kepada Mitra diberikan Pelatihan Manajemen Keuangan, Pembukuan, Pembuatan SOP Kerja, perbaikan tampilan produk agar performa kemasannya menjadi lebih menarik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” terangnya.