D4 Manajemen Transportasi Udara

Menghasilkan Sarjana Terapan bidang Manajemen Transportasi Udara yang memiliki integritas kepribadian, berjiwa pemimpin, dan beretika profesional, mampu bersaing di dunia kerja di masa kini dan mendatang.

Visi Program Studi

Menjadi pusat keunggulan dibidang manajemen dan riset kedirgantaraan berorientasi teknologi penerbangan mutakhir dunia di tahun 2025

Misi Kami

Menjadi penyedia jasa pendidikan yang mencetak cendekia di bidang manajemen dan riset transportasi udara terkini sebagai sumber daya manusia berkarakter 5T (Taqwa, Teknokrat, Tanggap, Tanggon, dan Trengginas) bagi industri penerbangan secara khusus dan masyarakat secara umum demi meningkatkan kesejahteraan bangsa. Perwujudan cita-cita ini dilaksanakan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai berikut:
Mengadakan pendidikan tinggi di bidang Manajemen Transportasi Udara untuk menciptakan tenaga profesional berpotensi mendunia yang berpikiran kritis dan sensitif dengan kebutuhan dunia penerbangan tanah air dan intenasional.
Menciptakan secara berkelanjutan terobosan-terobosan baru dalam riset, publikasi cetak maupun elektronik dan aplikasi lainya dalam mendukung pendidikan, teknologi dan pemberdayaan dunia kerja industri jasa transportasi udara tanah air dan internasional.
Mendorong dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan industri jasa transportasi udara berikut seluruh aspek pendukungnya di tanah air dan internasional guna meningkatkan kesejahteraan khalayak umum.

Dosen

No NIDN Nama Pendidikan Jabfung Golongan
1 0513059101 Aditya Dewantari, S.Pd.,M.Pd S2 Pengajuan
2 0521037501 Djoko Widagdo, SE.,M.Si S2 Asisten Ahli
3 0510097901 Eka Prayudhista, SE.,MM S2 Proses
4 0529068602 Fauzia Fahmi Yuniarti Nasution, S.Pd.,M.A S2 Pengajuan
5 0501017101 Indriyana Mandraeny, S.Sos.,MM S2 Pengajuan
6 0502016901 Indro Lukito, ST.,M.Eng S2 Pengajuan
7 0516118401 Kifni Yudianto, SE.,MM S2 Pengajuan
8 0515048201 Kuncoro Sejati, ST.,M.A.B S2 Proses
9 0509068303 Lusi Nur Ardhiani, S.Psi.,M.Psi S2 Pengajuan
10 0519057601 Meartisari S2 Pengajuan
11 0517098702 Septiyani Putri Astutik, SE.,M.Sc S2 Asisten Ahli
12 0507096201 Suprapti, SH.,M.Hum S2 Asisten Ahli
13 0511076901 Vidyana Mandrawaty, SE.,MM S2 Asisten Ahli
14 0514038802 Wawan Riyanta, S.Pd, MT S2 Asisten Ahli
15 Irma Darmastuti Kusuma. W, SE.,MM S2 Proses

Konsentrasi Manajemen Perusahaan Penerbangan

Manajemen Perusahaan penerbangan mempunyai tugas untuk mengatur dan membuat rencana perusahaan penerbangan, mengatur Sistem Transportasi Udara sesuai dengan perkembangan teknologi penerbangan. Program Studi MTU STTKD bertujuan untuk membentuk tenaga-tenaga terampil tingkat menengah yang akan bekerja di perusahaan-perusahaan industri jasa penerbangan antara lain Perusahaan Pengelola Bandar Udara, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Jasa Ground Handling, Biro Jasa Perjalanan, Perusahaan Jasa Cargo Udara dan tidak menutup kemungkinan bekerja di pemerintahan.
Kurikulum yang disusun berdasarkan tugas-tugas di unit-unit Perusahaan Penerbangan dan Pengelolaan Bandar Udara dengan standar Nasional maupun Internasional. Dalam Program Studi MTU para Taruna dibekali iImu-ilmu Pengetahuan tentang Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Pengelola Bandar Udara, Penanganan Ground Handling baik di Pasasi maupun di Ramp Area dan Penanganan Pesawat Udara, caracara Penanganan Penumpang dan Barang yang diangkut melalui Pesawat Udara, Perencanaan dan Pemasaran Produk Perusahaan Penerbangan, Penanganan Cargo Udara. Keamanan dan Keselamatan di Bandar Udara, Keimigrasian, Kepabeanan, Karantina, dan ditambah Ilmu Dasar yang mendukung pekerjaan misalnya Bahasa Inggris, Komputer Akutansi, Statistik, dan Ekonomi.
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dalam akhir masa studi STTKD bekerja sama dengan Pengelola Bandar Udara. Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Jasa Ground Handling dimana para Taruna/i dapat mempraktekkan secara nyata apa-apa yang telah diberikan di Kampus ke tempat praktek dan nantinya dapat dipertanggungjawabkan dengan membuat laporan serta dapat juga dijadikan bahan untuk Tugas Akhir pada masa akhir studi di STTKD.

Konsentrasi Pramugari

Lulusan dari program studi ini siap mengisi pramugara/I di perusahaan penerbangan dalam dan luar negeri dengan keunggulan:
  • Kedewasaan akan lebih menonjol baik berpikir, bertindak dan berperilaku
  • penguasaan minimal 3 bahasa asing akan lebih baik
  • penguasaan pengetahuan penerbangan akan lebih luas dan mendalam
  • wawasan dan daya pikir akan lebih baik
  • ketrampilan dan profesionalisme di bidang kepramugarian akan lebih menonjol
  • disamping keahlian dalam bidang kepramugarian mereka dibekali keahlian dalam bidang lain speperti kesekretarisan, komunikasi, kearsipan dan manajemen.