Kuliah Umum Sosialisasi PKM

Ba’da Jum’at (27/10/17) diselenggarakan sosialisasi PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) di Ruang Kuliah Umum Kampus STTKD Yogyakarta, yang ditujukan pada sejumlah Taruna dan Dosen. Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 500 Taruna-taruni dan sejumlah Dosen STTKD Yogyakarta yang tujuannya untuk mempersiapkan dan membuka ketertarikan taruna untuk ikut dalam program PKM ini.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin.

PKM merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide atau gagasan yang kelak dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara. Terkadang ide yang ada kurang dapat tersalurkan karena beberapa sebab seperti kurangnya informasi mengenai alur pendaftaran, cara atau proses pengelolaan ide yang nantinya akan diwujudkan sebagai suatu karya berupa tulisan. Taruna-taruni Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) menghadapi kondisi yang demikian. Berdasarkan latar belakang tersebut, STTKD berinisiatif untuk menyelenggarakan Sosialisasi PKM. Kegiatan ini diharapkan dapat memantik semangat taruna-taruni dan pembuka jalan pikiran serta sebagai sarana mengetahui bagaimana pengajuan proposal PKM serta tips dan trik agar proposal dapat didanai oleh Ditjen Belmawa Kemenristekdikti.

Bersama dengan Bapak Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., seorang Kepala Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa UGM yang memiliki banyak pengalaman membina mahasiswa dalam mengikuti Program PKM ini membagi informasi kepada taruna dan dosen STTKD Yogyakarta. Mulai dari apa itu sebenarnya program PKM, keuntungan dari mengikuti PKM, sampai tips serta trik untuk sukses mengikuti PKM.

Sebelum Bapak Ahmad Agus Setiawan atau yang akrab di panggil Pak Aas menyampaikan materinya, Pak Aas menyeksikan dan berfoto bersama dalam beberapa rangkaian acara yang digelar pada waktu itu. Pada acara seminar mengenai PKM ini diadakan pula pemberian penghargaan kepada 3 Taruna berprestasi pada Program PKM diperiode sebelumnya.

Bagikan:

Leave a Reply