Studi Banding Ke Perusahaan Pembuat Pesawat Tanpa Awak

Beberapa karyawan dan dosen Kampus STTKD berkunjung ke perusahaan-perusahaan penyedia sistem UAV atau Unmanned Aerial Vehicle, Hari Selasa (25/07/2017) di Bandung, Jawa Barat. Studi Banding dilakukan ke dua perusahaan di Bandung, yakni PT. Global Inovasi Indonesia dan PT. Sari Bahari.

Kedua perusahaan memang memiliki konsentrasi yang sama secara umum namun secara khusus, PT. Sari Bahari sendiri merupakan perusahaan swasta yang telah ditunjuk dan diberi ijin untuk memproduksi alutsista (peralatan utama sistem persenjataan) oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI. Salah satu produk dari PT. Sari Bahari adalah Rudal Petir, seperti yang nampak pada foto di bawah ini.

Tim Penelitian STTKD beserta rekan-rekan dosen berfoto dengan Rudal Petir buatan PT. Sari Bahari.

Sedangkan PT. Global Inovasi Indonesia merupakan perusahan penyedia sistem tanpa awak yang terbesar di Indonesia, guna meningkatkan produktivitas dalam operasional bisnis di berbagai industri melalui sistem yang meliputi perangkat keras dan perangkat lunak.

Produk PT. Global Inovasi Indonesia.

Saat Studi Banding untuk melihat salah satu proses produksi PT Global Inovasi.

Unmanned Aerial Vehicle atau pesawat tanpa awak sendiri adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau juga bisa mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, dapat membara muatan, dan bisa dipakai kembali. Teknologi yang sekarang sedang hangat dibicarakan ini memang menjadi hal yang menarik untuk dikembangkan. Pada kesempatan studi banding ini STTKD mendapat informasi yang didapat langsung bagaimana langkah produksi UAV tersebut, mulai dari design sampai ke pembutana serta pengembangannya juga.

Bagikan:

Leave a Reply