Pengabdian Kepada Masyarakat

STTKD Yogyakarta mengadakan kegiatan untuk melalukan pengabdian kepada masyarakat sekitar Kampus STTKD melalui usaha kreatif bertemakan “Pemberdayaan masyarakat Pedukuhan Saman menuju masyarakat mandiri melalui kampung dirgantara”. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dusun, Tokoh masyarakat, Ketua RT dan RW Pedukuhan Saman, Rabu 12 Juli 2017.

Dibuka dengan do’a dan sambutan dari Ka. SPMI STTKD Yogyakarta, Ibu Sri Sutarwati, SH.,M.Hum., isi dari acara tersebut adalah sosialisasi wawasan kedirgantaraan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki keterampilan. Untuk hal ini memfokuskan pada kerajinan tangan berupa pernak-pernik atau souvenir bertemakan dirgantara yang harapannya dapat mewujudkan kampung dirgantara, dan wisata dirgantara. Selain pemberdayaan ke arah wirausaha bertema dirgatara tersebut, juga ada sosialisasi pengolahan sampah di Pedukuhan Saman.

Sosialisasi Kampung Dirgantara kepada masyarakat Pedukuhan Saman (12/7)

Contoh kerajinan tangan yang akan diproduksi

Sosialisasi dilakukan dengan presentasi singkat yang dipaparkan oleh Ibu Dhiani Dyahjatmayanti, STP,.M.BA yang menjelaskan program kerajinan tangan bertema dirgantara, menjelaskan bagaimana tahap-tahap pelaksanaan program tersebut mulai dari membagi kelompok-kelompok, memberikan pelatihan, serta pendampingan agar proses produksi dapat berjalan baik. Pelatihan yang direncanakan mulai pada akhir Juli ini meliputi pembuatan pernak-pernik, dan proses printing yang nantinya akan memproduksi gantungan kunci, Tas, miniatur pesawat, kaos, kalender, mug, dan lain sebagainya.

Sementara Ibu Yune Andryani Pinem, SS.MA melanjtkan presentasi dengan menjelaskan program pengolahan sampah di Dukuh Saman yang merupakan himbauwan kepada masyarakat Dukuh Saman agar pro aktif memperhatikan dan mengolah sampah yang diproduksi masyarakat sekitar menjadi barang-barang yang bernilai lagi dengan menerapkan gerakan reuse, reduce, recycle. Demi mewujudkan program tersebut, STTKD Yogyakarta siap mendukung dengan memberikan beberapa unit tong sampah di beberapa titik di Pedukuhan Saman yang nantinya akan didampingi Kampus STTKD untuk pengelolaan sampah bersama warga Dukuh Saman.

Sebelumnya Kampus STTKD memang kerap berinteraksi dengan warga masyarakat Pedukuhan Saman dengan membagikan sembako dalam rangka Dies Natalis tiap tahunnya.

Bagikan:

Leave a Reply