Berdiskusi dengan Pakar Nuklir

Senin pagi (17/07/2017) STTKD Yogyakarta berdiskusi untuk melangsungkan penelitian pesawat berbahan bakar nuklir. Penelitian ini digagas tim penelitian STTKD yang beranggotakan dosen dan staff dengan ketertarikan yang sama serta didukung langsung oleh Ketua STTKD, Bapak Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, S.E., M.M.

Pertemuan diadakan untuk membahas ide dan beberapa teknis pelaksanaan penelitian dengan Bapak Dr. Ir. Andang Widi Harto, M.T., seorang Ahli Nuklir/Pakar Energi, yang juga seorang dosen dari Jurusan Teknik Nuklir UGM. STTKD Yogyakarta ingin bertukar ide dan informasi lewat presentasi singkat mengenai ide pesawat yang akan dibuat dalam penelitian pesawat bertenaga nuklir tersebut.

Dr. Ir. Andang Widi Harto, M.T. saat berdiskusi
dengan tim peneliti STTKD Yogyakarta.

Dr. Ir. Andang Widi Harto, M.T. saat berkeliling di area Kampus STTKD

Design yang telah dikaji oleh tim penelitian STTKD Yogyakarta merupakan pesawat jenis Verticopter. Kemampuannya yang dapat Take-Off tanpa perlu landasan yang panjang jadi alasan tim peneliti untuk mengembangkan jenis ini. Selanjutnya ide pokok penelitian adalah ingin menjadikan nuklir sebagai terobosan baru bahan bakar alternatif dan juga irit untuk kemajuan transportasi udara.

Informasi yang pertukarkan sangat memberikan gambaran akan jalannya penelitian ini, tim penelitian STTKD pun mendapat pendampingan langsung dari Dosen di Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik-UGM tersebut.

Kampus STTKD ingin membuat lompatan dari penelitian yang akan dilakukan ini dengan harapan dapat membuat gebrakan baru untuk masyarakat lewat pesawat bertenaga nuklir, yang selanjutnya menjadikan tenaga nuklir sebagai jalan untuk menghemat energi yang selama ini sudah mulai menipis.

Bagikan:

Leave a Reply