KUNJUNGAN KERJA DOSEN STTKD YOGYAKARTA KE PERUSAHAAN PENERBANGAN, UAV DAN DOSEN ITB

RABU dan KAMIS, 8-9 Maret 2017 Dosen STTKD Yogyakarta melakukan kunjungan ke PT. MS-Tech Mulia Sejahtera Technology, PT. NTP Nusantara Turbin dan Propulsi, PT. Aero Terra Indonesia, PT. RAI Regio Aviasi Industri, Dosen ITB Pakar UAV dan Peneliti Lightweight Structure Lab FTMD ITB di tempat berbeda di Bandung, Jawa Barat. Dosen STTKD diwakili oleh Waka I Bidang Akademik Bapak Erwhin Irmawan, S.Si., M.Cs., Kaprodi D3 Aeronautika Bapak Farid Ma’ruf, S.T., M.Eng. dan Kaprodi S1 Teknik Dirgantara Bapak Haris Ardianto, S.T., M.Eng., Kepala Marketing STTKD Bapak Jayantara Dirgayusa, S.E., M.M.

Kunjungan dimaksudkan untuk mengikat MoU Kerjasama Penyelenggaraan OJT dan PKL bagi Taruna/i bidang teknik dalam menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman riil di bidang maintenance pesawat terbang, bertepatan juga dengan agenda serah terima Taruna pada Kegiatan PKL Periode Maret-April 2017 seperti yang dilakukan dengan manajemen PT. MS Tech.

Gambar 1. Pak Farid dan beberapa Taruna Peserta PKL

Gambar 2. Pak Farid dan Pak Agus Dai Khatib (Manajer PPC) serah terima MoU

Pada kesempatan yang sama pula melakukan kunjungan ke PT. NTP untuk mengonfirmasi rencana kegiatan PKL

Gambar 3. Pak Farid dan Pak Erwhin di kantor NTP

Gambar 4. Pak Haris dan Pak Farid di depan display Program CPI

Continuous Process Improvement PT. NTP

Ditemani pula oleh Kepala Marketing STTKD melakukan kunjungan ke perusahaan nasional dalam negeri bidang UAV Unmanned Aerial Vehicle di Aeroterrascan PT. Aero Terra Indonesia, ditemui langsung oleh Direkturnya dan salah seorang praktisi sekaligus Dosen STTKD yang terlibat dalam RnD, Bapak Reo Yudhono, M.Sc., sambutan hangat dengan paparan profil perusahaan yang lengkap, rencana sharing kerjasama jangka panjang juga kesempatan untuk berkeliling kantor melihat aset dan kegiatan di perusahaan tersebut.

Gambar 5 dan 6. Sharing dan diskusi Profil Perusahaan Aeroterrascan

Kunjungan berikutnya ke PT. RAI, dalam rangka silaturahmi mengenalkan Profil STTKD ke Dewan Direksi serta profil lulusan, ditemui langsung oleh Bapak Tjahjo Kartiko (Direktur Teknik), Bapak Doni (Manajer Proyek) dan Bapak Arief Kresno Wibowo (Manajer HRGA). Banyak pula mendapatkan masukan tentang kompentensi kebutuhan SDM masa depan, proyek dan RnD terkait material pesawat terbang.

Gambar 7 dan 8. Suasana diskusi dan kenang-kenangan foto bersama

Kunjungan terakhir menemui Bapak Dr. Ir. Djoko Sardjadi (Dosen FTMD ITB juga Pakar UAV) dan Bapak Hery Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D. (Peneliti Lightweight Structure LAB FTMD ITB). Banyak informasi dan masukan dari kunjungan ini, antara lain untuk menciptakan lingkungan sekitar agar mencintai kedirgantaraan, jiwa wirausaha dan rencana kerjasama untuk membekali Taruna/i yang terlibat aktif dalam kegiatan Aeromodelling berupa kuliah singkat dengan praktik di bengkel pribadi Pak Djoko. Ditempat berbeda, Pak Hery mengajak tim kunjungan untuk berkeliling Lab. Struktur Ringan FTMD ITB melihat aktivitas dan kesibukan mahasiswa.

Gambar 9 dan 10. Foto bersama Pak Djoko dan Pak Hery

-Haris Ardianto-

Bagikan: